Inspiring points

Reflective story from journey of life , Alam terkembang jadi guru

teori gelombang otak & power of thinking

Ketika kita berpikir, merenung ,berdoa atau apa pun juga aktivitas batiniah, dalam otak kita sedang berlangsung suatu proses psikodinamika , yg menghasilkan gelombang elektromagnetik , nah gelombang tersebut bisa terpancar keluar, bisa menimbulkan resonansi pada orang lain. Begitu pula halnya ketika kita beribadah ,seperti sholat, bila kita sholat dg khusyu, konsentrasi yg tinggi, maka akan tinggi pula gelombang elektromagnetiknya, yg berkorelasi dg kualitas sholat kita , penerimaan penilaian ibadah kita oleh malaikat.

Dalam salah satu Hadits ada disebutkan bahwa tingkatan sholat masing2 orang itu berbeda2 kualitasnya , tergantung ke khusyuan sholat nya , ada yg nilainya membubung tinggi sampai ke langit ke tujuh, namun ada juga yg karena kualitas nya rendah, yg disimpan saja, bagaikan kain yg dilipat ( ibadah nya tetap diterima, tapi nilai nya rendah).  Sebenarnya sholat, adalah juga melatih kemampuan otak kita, khususnya bagaimana membangkitkan kemampuan2 khusus otak spt alam bawah sadar atau intuisi.

Ada beberapa macam gelombang otak yg didasarkan pada tingkatan konsentrasi /focus pikiran kita sendiri atau kondisi fisik kita ;

Gamma  31 – 100     berpikir dg keras sekali dan suasana tegang (stress )

Beta   14 – 30 hertz     – aktif berpikir ( spt menghitung/analisa )

Alpha   8 –  13,9 Hz      – alam bawah sadar, imajinasi dan relaksasi

Tetha   4 –   7,9 Hz      – intuisi

Delta 0,1 –   3,9 Hz      – saat tidur

Yang paling kuat resonansinya, adalah gelombang otak Alpha dan tetha, namun paling susah juga utk bisa kita bangkitkan , dibanding gelombang beta yg kita gunakan saat berpikir sehari hari , sebagaimana hal nya susah utk berkonsentrasi.  Lontaran gelombang otak Alpha dan Tetha dari pikiran kita lah yg akan menyebar ke luar, sehingga menggerakkan orang lain melakukan hal yg kita harapkan.

Bagaikan resonansi gelombang gitar yg bila sama getaran nya , akan menimbulkan resonansi bunyi pada alat musik lain nya. Begitu pula orang yang saling jatuh cinta , pandangan mata atau bahkan text sms sekalipun ,bisa menimbulkan resonansi rasa kasmaran pada yg lain nya. Hal yg sama berlaku juga antara ibu dan anak , bila seorang anak menangis, ibu nya yg walau berada di tempat yg jauh, akan merasakan resonansi rasa gelisah dari tangisan anak nya tersebut.

Hal yang sama berlaku pula bila kita berdoa dg khusyu , konsentrasi, maka doa kita akan sampai pula ke alam transedental, terdengar oleh malaikat ! Bagi seorang muslim, nilai ibadah seperti sholat, berbagai macam pula tingkatan penilaian nya, ada yg bernilai tinggi adapula yg bernilai rendah. Sholat yg asal asalan, rendah pula nilainya.

Sholat yg khusyu saat yg khusus seperti sholat Tahajud saat dini hari , akan bernilai tinggi, karena kuat pancaran gelombangnya ( gelombang alpha dan tetha saat sholat yg begitu khusyu ). Aktivitas batin yang bernilai tinggi secara transedental , memberi dampak yg positif pula bagi mereka yg melakukan nya, yg tercermin pada perilaku se hari hari nya. ( dampak ibadah pada perubahan positif perilaku seseorang atau meditasi pada sebagian yg lain )

Contoh lain , misalnya kita pergi ke tempat keramaian seperti terminal atau mall, bila dalam otak kita telah tertanam ketakutan akan kecopetan,jambret, penodong dll, maka gelombang ketakutan tersebut akan menyebar ke luar, sampai pula ke para pencopet /penodong , yg akan membuat mereka tergerak utk melakukan kejahatan pada kita.

Tapi bila sebaliknya , kita berpikiran tenang dan positif, orang2 di tempat rawan tsb sebagai orang2 baik dan tak akan melakukan kejahatan pada kita, ditambah dengan zikir & do’a,maka akan tersebar gelombang otak positif , yang akan sampai pula kepada para pelaku kejahatan tersebut dan memberikan sinyal positif yg akan menutupi niat2 jahat yg timbul pada otak mereka , sehingga kita bisa aman2 saja bila lewat ke daerah2 rawan tsb.

Pancaran resonansi gelombang otak ataupun juga perasaan dari seseorang bisa terlihat pada sorot mata atau wajah seseorang. Karena itu kita sering mengalami bila bertemu dengan seseorang yang baru, kok rasanya akrab dan ramah, atau malah sebaliknya, baru bertemu, lihat wajah nya kok nggak nyaman saja rasa nya. Itu menandakan pancaran resonansi gelombang otak yg kita terima, berbeda beda tergantung dari orang nya.  Pancaran resonansi dari seorang manusia bisa bersifat positif atau negatif. Pancaran resonansi positif akan memberikan kenyamanan pada kita yg menerima nya yang akan menentukan juga persepsi kita terhadap orang tersebut.

Hal yang sama bisa terjadi pada orang lain saat bertemu dengan kita, bila kita selalu positive thinking, jiwa tenang dan hati yg tulus, orang lain pun akan merasakan kenyamanan saat bertemu kita, begitu pula kalau sebaliknya, kalau pikiran kita penuh negative thinking, hati yg gelisah, marah dan sebagainya, akan mengeluarkan sinyal gelombang yg negatif pula, sehingga membuat orang lain tak nyaman karena nya.

Sorot mata adalah salah satu bentuk tampilan dari sinyal gelombang otak kita. Pada hewan yang bermain dengan instink hal tersebut akan lebih terasa, hewan bisa memahami yang lain nya berdasar sorot matanya. Contoh sederhana kalau kita bertemu dengan anjing, lihatlah sorot matanya, kalau kita takut, anjing tersebut akan merasakan ketakutan kita, dan ia akan menyalak tambah keras atau mengejar kita. Tapi bila kita yakin, percaya diri dan berani, anjing akan bisa “membaca” juga, dan bila sorot mata kita lebih kuat, anjing tersebut akan jadi jinak atau lari. Demikianlah salah satu cara pawang binatang buas menjinakkan hewan peliharaan nya dengan beradu sorot mata, yg sebenarnya ialah menyampaikan pesan dari resonansi gelombang otak nya.

Kisah orang yg jatuh cinta pada pandangan pertama, adalah salah satu bentuk resonansi getaran jiwa yang terpancar dari sorot mata. Ingatlah saat kita muda, betapa saat kita bertemu pandang secara tidak sengaja dengan seseorang (pria-wanita), kok tiba2 hati ini bergetar dan sangat terkesan dengan pandangan pertama tersebut. Resonansi gelombang rasa cinta yang terpancar dari sorot mata, akan kita terima dengan perasaan khusus, yang kemudian akan turun ke perasaan kita. Bila terjadi dua arah itu menandakan ada kesesuaian frekuensi jiwa antara kedua orang tersebut.

Pancaran resonansi gelombang otak tersebut oleh orang Sunda disebut juga dengan istilah *Sima* orang-orang sholeh atau pancaran kharisma. Barangkali sebenarnya bukan karena pancaran gelombang otaknya saja, karena barangkali gelombang otak itu juga resonansi. Resonansi gelombang *cahaya* transedental dari Allah swt pada seorang manusia.

Syaikh Abdul Qodir Jaelani – qoddasaLlaahu sirrohu – menyebutkan seorang mukmin itu ibarat cermin. Cermin yang memantulkan Nur dari Allah. Kalau belajar ilmu bahan, peristiwa pemantulan sebenarnya bukan peristiwa pembelokan gelombang, akan tetapi energi gelombang datang diserap atom-atom yang dekat ke permukaan sehingga tambah bervibrasi kemudian dipakai untuk memancarkan gelombang balik, jadi resonansi juga.

Jadi barangkali seorang mukmin yang mendapat siraman Nur dari Allah,karena permukaan *cermin*nya bersih, Cahaya Ilmu itu bisa masuk secara maksimal kemudian menggetarkan qolbunya sehingga hidup dan memancarkan kembali kepada khalayak.  Nah bila pancaran gelombang itu kuat, bisa jadi orang-orang disekitarnya meskipun cerminnya rada buram – cahaya yang masuk ke qolbu mereka tetap rada lumayan sehingga qolbu yang kaku keras oleh penyakit bisa mulai berdenyut mau hidup lagi, seperti terasa menerima *sesuatu*.

Sensasi ini bisa kita rasakan bila bertemu dengan orang-orang yang sholeh yang hatinya benar-benar murni sehingga pancarannya kuat, bukan sekadar orang yang pengetahuan agamanya banyak tapi hatinya keras. Pernah ada kisah pada suatu majelis pengajian. Pas sedang asyik pembahasan tiba-tiba ada orang yang masuk mesjid lalu sholat. Sang ustadz mendadak berhenti. Padahal orang yang baru sholat itu tidak dikenal dan penampilannya biasa-biasa saja. Tapi sang ustadz terpana sekali ketika orang itu sholat. Kemudian setelah orang itu keluar, sang ustadz penasaran siapa orang itu. Ternyata ada yang menjelaskan bahwa orang itu sang ketua DKM yang rendah hati namun suka banyak menolong orang lain. Wah ternyata resonansi gelombangnya sampai bisa memukau sang Ustadz yang barangkali tidak kalah juga resonansi gelombangnya.

Berikut tambahan tulisan tentang power of thinking yg dikutip dari blog nya Badroni Yuzirman   The Power of Thinking. Just Thinking, Not Doing The Power of Thinking.

Saya sudah sering mendengar istilah ini. Cuma belum ‘ngeh’ benar sampai suatuketika saya mengikuti pelatihan Mind Management tahun2002 lalu. Di pelatihan itu saya diajari bahwa kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan hanya dengan memikirkannnya saya. O ya?  Adalah Pak RB Sentanu yang membawa ilmu ini dan mengembangkannya di
Indonesia. Pelatihan itu sendiri banyak mempraktekkan teknik meditasi visual didukung oleh audio. Tapi yang menarik sekaligus kontroversial menurut saya adalah, dia mengatakan bahwa kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan hanya dengan memikirkannya saja, tanpa usaha. Doing-less. What an idea!

Sebagai seorang yang selalu tertarik dengan ide-idebaru, apalagi yang berguna untuk pertumbuhan bisnisdan pribadi, saya pun mencoba mempraktekkannya. Dan alhamdulillah berhasil! Ternyata, tanpa saya sadari,saya telah mempraktekkan ilmu ini di masa lalu tanpa disengaja.

Berikut ini adalah beberapa cerita hasil dari mempraktekkan ilmu ini secara sengaja maupun tidak sengaja:

Waktu masih berdagang di Tanah Abang, saya dan istri ingin sekali dapat supplier dari salah satu produkdijual saat itu. Produk tersebut selama ini didapat dari tangan ketiga dengan harga mahal. Saya selalu memikirkan bagaimana caranya supaya dapat produk inidari tangan pertama. Produk ini sendiri didistribusikan secara tertutup kepada jaringan tertentu yang sulit ditembus. Saya tidak tahu di manasumbernya.  Suatu hari, datanglah seorang perempuan etnis Cina berusia setengah baya dengan bahasa Cina mendatangi toko saya. Dibantu oleh seorang penterjemah, dia menawarkan produk yang selama ini saya cari. Kaget dan setengah tidak percaya, saya minta dia mengulangi penawarannya. Ternyata benar. Dia membuat produk itu di Cina dan membawanya langsung ke Indonesia.Harganya? Setengah dari harga yang saya dapatkan selama ini. Singkat cerita saya ambil produknya.

Penasaran, saya bertanya bagaimana dia bisa sampai ditoko kami dan hanya menawarkan ke toko saya saja. Dia menjawab, begitu turun dari kendaraan umum langsung berjalan ke arah toko saya tanpa menoleh ke tokolainnya. Saya hampir tidak percaya, tapi ini adalah kenyataan. Saya hanya memikirkannya saja. Tiba-tiba,subhanallah, yang saya pikirkan selama ini datang begitu saja di hadapan saya.

Sampai sekarang saya masih tidak percaya dengan kejadian ini. Masih banyak lagi sebenarnya cerita mengenai The Power of Thinking ini yang saya alami, seperti bagaimana saya memikirkan mendapatkan penghasilan setahun dalam sebulan, bagaimana bekerja dari rumah saja dengan hasil yang tidak kalah dengan di toko, bagaimana bekerja sedikit alias malas tapi hasil banyak. Semua itu terwujud dari keberanian saya memikirkan sesuatu yang saya inginkan. Itu saja. Dan saya tidak peduli bagaimana caranya. Itu kuasa Tuhan. Saya yakin Dia akan tunjukkan jalannya kepada saya. Saya percaya saja.

Supaya tidak salah kaprah dan menimbulkan kontroversi,tulisan saya tidak bermaksud untuk mempromosikan suatu ide yang mendewakan pikiran. Bukan sama sekali.Menurut saya pikiran itu adalah doa. Tuhan sangat terlibat dalam proses ini. Seratus persen!

Buku rujukan: Piece of Mind oleh Sandy macGregor, Gramedia.

67 comments on “teori gelombang otak & power of thinking

  1. MUKHLIS
    23/07/2007

    gelombang/getaran dari benda merupakan sinyal bebas dialam ini .sinyal yang dikendalikan oleh alam merupakan fenomena alam dan sinyal yang dikendalikan oleh makhluk adalah fenomena bathin.Fenomena alam merupakan sinyal bagi makhluk hidup untuk melindungi diri dari bahaya yang akan menimpa makhluk itu sendiri
    sayangnya tingkat sensitif manusia lebih rendah dari makhluk lainnya. fenomena bathin sebagai yang di tulis “teori gelombang otak” adalah sebagian kecil dari fenomena bathin itu sendiri.
    Mengenai Ibadah tidak dapat di kategorikan sebagai fenomena bathin karena hubungan manusia dengan penciptanya bukan melalui otak tapi melalui roh dan dibantu oleh perangkat manusia itu sendiri (jasad) roh dan otak saling terikat satu sama lainnya roh selalu aktif dan konsisten dalam hidup ini .Sayang sekali manusia hanya merasakan jasadnya saja yang ada. Semoga kita merasakan adahnya roh kita dan penciptanya setiap saat Amiin ya rabul alamin

  2. hendra
    24/07/2007

    terima kasih masukan nya pak Mukhlis,

    akal, rasa, batin sampai fenomena ruh, adalah kapasitas yg diberikan Allah, pada manusia, namun tak semuanya digunakan optimal,

    janganlah masalah batin, potensi akal saja belum optimal tergarap, apalagi ttg rasa/batin tak ada sekolahnya

    semoga kita semua, bisa menambah ketajaman mata batin kita
    untuk perjalanan hidup yg lebih bermakna

    salam
    HM

  3. are
    05/08/2007

    sy jg prnah membaca buku halsemacam itu, sy temukan dg tidak sengaja di perputakaan yg judulnya” daya ajaib metafisik”. di buku diajarkan bagaimana meraih sukses dan kekayaan serta persatuan penuh pada alam semesta. tahap2 mencapainya yaitu
    1 masuk dalam keadaan alpa, seperti yg mas telah jelaskan
    2.penggambaran yg jelas mengenai hal yg kita inginkan
    3. keyakinan bahwa keajaiban akan datang pd kita
    sy tertarik sekali dengan hal seperti ini, bahwa Tuhan telah menciptakan kesempurnaan yg luar biasa pd manusia
    .hal tsb pernah sy lakukan, pernah berhasil namun jg pernah mengalami kegagalan, paakah kegagalan taukah penundaaan dari keajaiban tsb, sy tdk tau, namun hingga kini keajaiban itu belum datang. keberhasilan yg saya capai hingga kini, hanya frekunsi dalam sekala kecil, misal menyuruh teman agar menelpon saya. namunfrekuensi besar seperti menjelmakan mobil belum berhasil atau sy anggap ini frekwnsi dalam sekali besar. yg saya mau tanyakan adalah dari tahap 1,2, dan 3 diatas mungkin ada yg salah atau ada tips dan masukan dari mas, agar proses metafisika(buku itu menyebutnya seperti itu) efektif dan berhasil, tanpa mengalami penundaan yg begitu lama. maaf sebelumnya sy seorang non muslim. terimakasih, jawabanya sy akan tunggu.

  4. hdmessa
    06/08/2007

    halo Are , ( maaf saya tak tahu nama lengkapnya )
    terima kasih sudah menyilau rumah maya ini,

    yah, memang banyak yg tak menyadari bahwa manusia telah diberi anugrah yg sangat besar, namun tak ter optimal kan.

    mengenai ke-3 tahapan tersebut, saya kira apa yg dilakukan Are sudah langkah yg praktis, yg perlu dilengkapi dg langkah ke-4, usaha nyata utk mewujudkan nya.

    namun kenapa ada yg berhasil dan ada yg tertunda perwujudan nya, saya kira disana lah kita harus menyadari bahwa manusia pun, ada kekurangan nya, tak selalu semuanya bisa berlaku sesuai keinginan kita, disana lah ada semacam rahasia kehidupan.

    usaha lain, ialah bagaimana kita meningkatkan kapasitas diri kita utk bisa mewujudkan apa yg kita inginkan tsb.

    demikian sekedar tambahannya, semoga bermanfaat

    salam
    HM

    • whisnu
      01/10/2012

      Mohon ijin menambahkan bila ke 3 langkah telah dilaksanakan, ada baiknya ditambah dengan keberanian untuk menetapkan “waktu” terkesan mendikte ato memaksakan, namun ini penting untuk dilaksanakan untk menunjang langkah ke 4 yaitu langkah nyata.
      Misal mas pingin mobil itu ada pada hari H tanggal T, ini misal saja, visualisasikan secara konsisten mobil tersebut telah ada termasuk persiapan covernya dulu mungkin, ato mulai kumpulkan brosur ato leafletnya….

      Salam hangat

      • hdmessa
        01/10/2012

        terima kasih banyak ,
        sharing tambahan nya mas Whisnu

        salam

  5. Ziddha
    07/08/2007

    Banyak perguruan tenaga dalam mengambil teori gelombang alpha dan beta untuk menjelaskan fenomena terpentalnya musuh. Apakah hal ini dapat diterima dengan teori yang telah anda jelaskan di atas?

  6. hdmessa
    08/08/2007

    Yah, bisa juga, Ziddha

    Gelombang tersebut bisa di analogikan dg gelombang elektromagnetik yg dipancarkan dari orang tsb.

    Sebagaimana magnet, bila kita dekatkan 2 magnet yg sama jenis nya, maka mereka akan saling bertolakan, begitu pula kira2 dg tenaga dalam.

    Pada kasus tertentu orang bisa terpental, karena ia melawan atau terbawa emosi, bilamana lawan nya diam saja atau tak merasa ada ancaman, bisa jadi ia tak terpentalkan, karena gelombang elektromagnetiknya bersifat normal.

    Demikian kira2 penjelasan sederhana nya.

    Salam

  7. BAMBANG SUHARTO
    19/11/2007

    Assalamu’alaykum Wr Wb,

    Saya sangat tertarik dgn pembahasan tentang teori gelombang otak, mohon sharing ke alamat email bila ada artikel2 baru.
    Terima kasih banyak

    Wassalam,
    BB SHT

  8. Hendra
    19/11/2007

    wa alaikum salam,

    terima kasih kunjungan nya pak Bambang,

    baik nanti bisa saya sharing juga ke alamat email bapak bila ada artikel ttg hal tsb.

    biasanya artikel tulisan nya beragam, tak hanya ttg teori gelombang otak tsb.

    salam
    hm

  9. ipk4cumlaude
    01/01/2008

    wow bagus dan berguna sekali.
    jazakallah atas infonya.

  10. hdmessa
    02/01/2008

    thanks, sama2 farid

    salam
    hm

  11. dhieQa
    17/03/2008

    hmm,,kayanya menarik sekali tentang gelombang otak ini.apakah anda tahu tentang cara memasukan kata-kata ke dalam suatu musik atau sejenis suara lainnya. agar kita bisa men-set ulang memori alam bawah sadar??

  12. hdmessa
    17/03/2008

    terima kasih kunjungan nya,

    saya kira memang ada cara spt itu, sebagaimana yg dilakukan oleh psikolog yg sedang menghipnotis pasien nya dan disuruh bercerita ttg masa lalu nya.

    atau memberikan suasana yg khas dg musik dll, utk membangkitkan alam bawah sadar.

    atau seperti dukun yg memberikan mantera2 tertentu.

    musik2 instrumen tertentu spt kitaro/ kenny G sering digunakan juga untuk relaksasi.

    atau malah, musik2 keras spt trash metal / underground, ternyata bisa memberikan sugesti tertentu pada pendengar nya.

    Jadi secara logika hal tsb bisa saja, tapi saya kurang mendalami hal tsb

    salam
    HM

  13. Sulwan Kosasih
    28/04/2008

    Hallo Mas HM,
    Luar Biasa – Uraian tentang Otak yang merupakan satu dari bilangan tak terhingga karunia Allah SWT dihubungkan dengan ibadah sebagai manifestasi syukur kepada Nya. ditulis dalam gaya bahasa sederhana tapi ilmiah. Sungguh enak dibaca dan perlu (pinjam motto sebuah majalah mingguan), Jika Mas tidak keberatan untuk berbagi lagi, bisa dikirim langsung tulisan-tulisan lainnya ke email saya.
    Jazakumullohukhoironkatsiro.
    Semoga Allah menambah lagi ilmunya kepada Anda

  14. hdmessa
    28/04/2008

    halo juga mas Sulwan,
    terima kasih kunjungan dan komentar nya.

    tulisan2 saya selanjutnya akan selalu dimuat di blog ini, silakan ditelusuri

    salam

  15. mas Andi
    02/06/2008

    ….saya kok pesimis yaa. Jadi inget kuliah agama ala Salman ITB.

    Kalau sekedar gelombang, kenapa orang bisa bosan mendengar deburan ombak. Atau kenapa alpha, betha, tetra, iota, GNOTA, tidak pernah menggoyang masalah kemiskinan.

    Kenapa gelombang menjadi sangat materialistis (alih-alih transenden). Dulu di ITB saya suka lihat orang-orang latihan (bela diri) pernafasan di bantu dengan kumparan kawat yang diputar pada sebuah poros seperti roket.

    Saya cuma bertanya, kalau sekedar pencarian “resonansi” kenapa dua dawai tidak pernah bertemu?

    pak andi

  16. hdmessa
    04/06/2008

    thanks pak Andi,

    benar pendapat pak Andi, ada hal yg belum difahami mengenai sisi transedental, sementara orang masih menyederhanakan nya dalam hal yg empiric / material.

    apa yg disampaikan ini , bersifat penyederhaan dari suatu hal yg sangat kompleks, dan betul sekali, pada kaidah empiric / eksak ada sesuatu yg terlewat, yaitu hal2 yg bermuatan transedental.

    mengenai “resonansi” jiwa, contoh 2 dawai yang bertemu, ialah saat seseorang merasa sangat dekat dengan yg lain nya, semisal sahabat, pacar, atau suami istri.

    Pemahaman manusia tentang kerja otak selalu berkembang, mudah2an suatu saat kelak, nuansa transedental bisa juga dijelaskan, sehingga membuat pemahaman kita lebih lengkap lagi.

    Salam
    HM

  17. Khairina
    18/07/2008

    artike yang bagus saya boleh ngopi kan? Kalau blh tanya buku yang bagus mengenai otak apa ya? saya pengen baca… maksh sebelumnya.

  18. hdmessa
    22/07/2008

    silakan saja Khairina,
    banyak buku mengenai hal tsb, saya tak tahu pasti mana yg paling bagus, masing2 ada kelebihan nya

    terima kasih kunjungan nya

    salam

  19. Hyaweh Hoshikawa
    08/08/2008

    *No OFFENSE*

    mw tanya nih, kira-kira berapa cepat rambat gelombang otak tersebut, dan apakah gelombang otak tersebut memerlukan medium sebagai perambatanya.

  20. adharya
    15/11/2008

    Terimakasih artikelnya mas, sekarang para pakar neuroscience memang sedang memperkenalkan bahwa otak tidak hanya sebagai alat berpikir, tapi dia adalah juga alat untuk melakukan kegiatan spiritual atau dinamakan neurospiritual. Alat-alat diciptakan untuk menuntun kepada kondisi alpha, theta dan delta.

    Salam,

  21. hdmessa
    17/11/2008

    terima kasih
    atas komentar dan sharing nya rekan Adhyara

    ya, memang ilmu tentang otak, terus berkembang , karena masih sebuah misteri besar yg belum terungkap semuanya

    salam

  22. hen2
    03/01/2009

    nah info ini sangat berguna bagi temen2 yang masih binggung mengenai bagaimana kerja gelombang otak pada paranormal….mudah2 ini bisa menjadi ‘pencerahan’ bagi temen2 yang masih binggung mengenai pertanyaan “kok bisa ya paranormal mengaktifkan / memperkuat resonansi gelombang otak?”

    thx alot bro :D

  23. hdmessa
    05/01/2009

    sama2,
    brother Hen

  24. ciles
    01/11/2009

    kamu keren

  25. hdmessa
    03/11/2009

    terima kasih

  26. Sultan Ramdhani
    22/11/2009

    Thanks artikelnya…saya sedang banyak belajar tentang Gelombang otak dan mencoba men-sharingkannya kepada orang banyak melalui pelatihan-pelatihan.
    Thanks a lot mas

  27. hdmessa
    22/11/2009

    sama2 pak Sultan,

    semoga bermanfaat

    salam

  28. Haryadi
    21/12/2009

    wah, another ‘inspiring’ article, kang
    apa ada pengalaman akang ttg kekuatan pikiran ini? apa akang dulu pernah berpikir pengen ke dubai ya? he, bercanda

    anyway, thanks for the article,
    keep on writing,

    salam

  29. hdmessa
    22/12/2009

    terima kasih Haryadi,
    sebagian dari baca buku, sebagian juga ada pengalaman pribadi dan ngobrol2.

    rasanya betul juga Haryadi, memang dulu sempat terlintas pikiran utk pengen pergi ke negeri timur tengah spt dubai, abu dhabi ini..

    salam

  30. dony
    14/01/2010

    mohon di upload gambar EEG mas

  31. hdmessa
    14/01/2010

    terima kasih Dony saran nya,

    sudah saya coba, tapi nampaknya tak bisa di upload di post ini, mungkin perlu cara khusus, nanti deh coba di utak atik lagi

    utk gambar detail EEG utk tiap tipe gelombang bisa dilihat juga di wikipedia

    salam

  32. mas Prie
    14/03/2010

    Subhanallah… menarik banget lho mas pembahasannya. kapan nieh mau nambah lagi penjelasan tentang “gelombang Hati”, jadi bukan hanya Otaknya kan yang perlu dibahas.

    nampaknya, itulah sebaghagian rahasia mengapa Al Qur’an seringkali merujuk pada akal di beberapa bagian ayat/surat.

    mohon langkah-langkahnya yang lebih praktis untuk membangkitkan jiwa kewirausahaan seseorang.

  33. hdmessa
    15/03/2010

    terima kasih mas Prie,

    bahasan mengenai hati, memerlukan penjelasan yg lebih dalam dibanding ulasan mengenai rasio, karena berhubungan pula dg ruh, sebuah rahasia Illahi, insya Allah nanti suatu saat sy buat ulasan nya juga, termasuk mengenai usaha utk membangkitkan jiwa kewirausahaan

    salam

  34. sapta
    03/04/2010

    Saya pernah baca buku tentang hypnoselling, teorinya persis dengan yang bapak ulas dan saya sering mempraktekanya, alhamdulillah banyak yang berhasil. Karena takut terjebak dalam pemujaan kekuatan pikiran maka saya selalu awali dengan membaca doa2 dan memohon kepada Allah, jadi saya selalu yakin sepenuhnya bahwa kalau berhasil karna campur tangan Allah, tapi kalo gagal berarti Allah belum berkenan.

    • hdmessa
      20/04/2010

      betul Sapta,
      memang agak harus berhati hati dalam hal tsb,
      kita harus memahaminya dg baik dan tajam, kalau salah sedikit, bisa melenceng jauh jadi nya..

      ya, manusia hanya berusaha, Allah lah yg memberi keputusan terbaik..

      terima kasih

  35. wawan
    20/04/2010

    saya juga pernah melakukan ilmu daya ajaib metafisik atau alam bawah sadar,pernah saya ketika itu saya kerja dengan mengayuh sepeda ontel saya praktekkan ilmu yang saya baca dibuku tiap hari sebelum tidur saya selalu membayangkan naik sepeda motor selama satu bulan itu saya lakukan alhasil saya diberi inventaris sepeda motor,karena tidak punya sim kembali saya coba membayangkan saya sudah punya sim tanpa berpikir dari mana jalanya ternyata bos menyuruh saya untuk bikin sim dan dikasih duitnya sekalian,itulah kisah tentang keajaiban alam bawah sadar yang sampai hari ini masih saya praktekkan dalam hidup saya,cara kerjanya kita hanya membayangkan apa yang kita inginkan sebelum tidur secara terus menerus itu kuncinya.

    • hdmessa
      20/04/2010

      terima kasih sharing nya, pak Wawan,

      menarik sekali

      salam

  36. rina mz
    20/04/2010

    pembahasan yang sangat menarik, Hendra…

    mencerahkan — menjawab sejumlah pertanyaan yang sering menggunung selama ini, sebelum ada jawaban yang pas…

    inspiring n motivating — semoga cukup kuat juga untuk menggugah kita kembali kepada kekuatan2 rohani di tengah derasnya arus kekuatan materi dewasa ini…

    thx Hen…

  37. hdmessa
    20/04/2010

    sama,2
    terima kasih Rina ,

    salam

  38. Ziddha
    17/05/2010

    Tertarik dengan bagian terakhir tentang The Power of Thinking. Sampai saat ini saya belum bisa melakukannya?. Dalam kondisi bagaimana hal tersebut baik dilakukan?.

  39. hdmessa
    05/06/2010

    Hal tersebut pada kondisi kejiwaan yg matang dan stabil, penuh keyakinan dan percaya diri.

    itu semua timbul, setelah kita melakukan usaha tindakan yg nyata pula

    salam

  40. zhen
    26/06/2010

    trimaksih ats artikely mas..
    saya ingn brtanya bgai mana cr agar daya ingat otak kita lbh tajam..
    apakah da musik2 yg cocok untk membantu hal tsbut mengingat daya ingat otak sy agak lemah krn sering mengalami stres yg brkpnjangan..
    makasih..
    wasslm

  41. adi
    17/08/2010

    artikelnya mirip dengan buku The Secret, dan ternyata betul lho, hal ini terjadi pada saya, sebelumnya ke kantor saya selalu naik motor, saya kemudian mencoba berpikir setiap kali mengendarai motor saya, saya seolah-olah sedang menyetir mobil, dan tidak sampai setahun kemudian rejeki itu datang dari mertua saya yang kemudian membelikan saya mobil, sekarang saya sudah mengendarai mobil beneran, yang dulunya hanya saya bayangkan saja, intinya jika ingin sesuatu kita harus terus berpikir positif tentang keinginan kita itu, dan alam semesta akan membantu pikiran positif kita menjadi kenyataan, tentunya dengan izin Allah,

  42. hdmessa
    20/08/2010

    terima kasih sharing nya, Adi

  43. erin
    16/11/2010

    assalammualaikum,,

    artikelnya bagus,, 1 hari yang lalu saya menonton film yg berjudul “the secret”
    isi film ini sesuai apa yang anda alami, dalam film itu kita di anjurkan untuk memikirkan apa yang kita inginkan,, benar2 persis seperti yang anda katakan saya sampai merinding membaca artikel ini, karna menemukan fakta yang lainnya,..

    ^_^ thank’s

  44. hdmessa
    22/11/2010

    wa alaikum salam, Erin,
    terima kasih sharing nya

    salam

  45. atresia billier
    20/12/2010

    Artikel yg sgt bagus! Membangkitkan semangat utk meraih yg lebih baik dalam hidup ini.Namun hendaknya keikhlasan selalu menjadi landasan kita dalam menjalani kehidupan. Kalaupun apa yg kita impikan tidak diperkenankan Tuhan meski kita telah memvisualisasikannya tiap hari,kita harus ikhlas menerima keputusan Nya.Bukankah kebahagiaan tidak tergantung pada apa yg kita miliki,namun pada bagaimana keikhlasan dan rasa syukur kita pada apa yg telah diberikan Nya pada kita

    • hdmessa
      21/12/2010

      terima kasih komentar nya Atresia,
      betul skali,

      salam

  46. Cheru Rasyad
    12/02/2011

    Trims, info yang sangat bermanfat

  47. hdmessa
    13/02/2011

    sama2, Cheru

  48. yudi
    04/06/2011

    saya sebenernya antara percaya ga percaya tapi akhirnya beneran percaya dengan adanya pengaruh gelombang otak dengan pencapaian kita dalam kehidupan sehari-hari. Logika saya begini, dalam agama saya ada air suci yang jika dipercikkan terasa segar dan menenangkan sekali, padahal itu hanyalah air biasa. Setelah saya pikir2, air biasa yang didoakan oleh pemuka agama dengan doa2 yang baik akan menjadi air yang sangat baik, jangan2 gelombang otak yang baiklah yang membuat air tersebut menjadi “baik”. Btw terima kasih tulisannya :-D

  49. hdmessa
    04/06/2011

    sama2,
    terima kasih Yudi,
    kunjungan dan sharing komentar nya,
    betul skali hal ttg air tsb,

    salam

  50. Wiero Djampang
    06/10/2011

    hadir kang Hendra,makasih pencerahannya.
    Semoga Allah selalu memelihara dan melindungi tubuh dan jiwa kita .Amin.

  51. Akamaru
    14/02/2012

    Ass P’Hen, saya pernah membaca artikelnya mengenai cara mencintai pekerjaan, tetapi saya coba cari belum ketemu juga, itu sangat bermakna buat saya, dan saya dapat merasakannya, memang segala sesuatu aktivitas manusia itu harus dilandasi dengan Niat yang baik dan rasa Cinta terhadap apa yg akan dilakukan, kadang kita bertemu dengan suatu lingkungan hidup yg kita kurang sukai tetapi disatu sisi banyak manfaat yang kita dapat, saya saat ini malah sedang mencoba untuk menikmati masa sakit menjelang hari-tua saya, krn saya percaya bahwa itu pasti seijin Allah dan jika saya Ikhlas dan mensyukuri, bila saatnya tiba saya Insya-Allah saya akan diberikan kebahagian yg utuh karena saya sudah lulus dari Ujian, Amin terima-kasih atas artikel2 P”Hen yang banyak memotivasi dan memunculkan Idea, Salam

  52. hdmessa
    15/02/2012

    wa alaikum salam,
    terima kasih komentar nya, pak Akamaru,

    sama2 syukur bermanfaat tulisan2 ini,

    semoga bapak diberi kesabaran dan keikhlasan menghadapi berbagai ujian dalam kehidupan ini,
    semoga kita semua mendapat perlindungan dari Allah swt, amien

    salam

  53. linda agustina
    05/10/2012

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ. Saya juga mengalami The Power of Thinking tanpa saya sadari. Waktu saya masih kuliah saya ingin setelah kuliah saya mendapat kerja cepat tanpa ada istilah ngaggur, ‎​الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ dengan izin اللَّهُ itu terlaksana. Dan banyak contoh lainnya apa-apa yang saya pikirkan itu terlaksana. Dan saya selalu berpikir positive thinking aja memandang suatu masalah.

    • hdmessa
      05/10/2012

      wa alaikum salam,
      terima kasih Linda,koment dan sharing nya,
      alhamdulillah atas keberkahan nya

      salam
      Hendra

  54. Adi_F
    07/12/2012

    Assalam, mas Hen, Sekedar share aja…. mungkin diantara sebagian banyak orang yang melakukan atau berupaya mengaktifkan gelombang otak di sertai ke inginan banyak yang belum terwujud, sebagai manusia kita haruslah selalu berfikir positif, kemungkinan bila keinginan kita belum terwujud itu karena Allah SWT sangat menyayangi kita dengan sifatnya yang maha mengetahui segala sesuatu, sebagai renungan saja bila keinginan kita terwujud mungkin akan menimbulkan efek negatif di lain hari yang akan menjerumuskan bahkan menjauhkan diri kita dari Allah SWT maka bersyukurlah dan selalu berfikir positif bila keinginan kita belum terwujud karena Allah SWT maha mengetahui hal mana yang baik untuk umatnya. Semoga kita semua selalu dalam lindunganNya…Amin.

    Salam.

    • hdmessa
      08/12/2012

      wa alaikum salam,
      terima kasih komentar nya mas Adi,
      betul sekali, Allah maha tahu, apa yg terbaik utk kita

      salam

  55. yeni astuti
    11/03/2014

    assalamualaikum mas hendra,,salam kenal aja…saya sangat tertarik dengan apa yg mas kasih info tentang gelombang alpha,,tpi saya mohon di beri tahu teknikny untuk mementalkan musuh dengan gelombang alpha y mas..mohon maaf mas bsa di kirim k alamat email saya,,yeni.astuti36@yahoo.com

    • hdmessa
      11/03/2014

      wa alaikum salam Yeni,
      salam kenal juga, terima kasih komentar nya

      saya hanya memahami hal tsb dari sisi ilmiah, saya tidak punya pengetahuan mengenai aplikasi praktis, spt mementalkan orang lain dg
      tenaga gelombang alpha tsb, harap maklum

      salam

  56. yeni astuti
    11/03/2014

    terima kasihh mas hendra…maaf saya bertanya lagi soalnya alhamdlilahh dri membaca info dri mas..hati kalut menjadi tenang…aminn…

    mohon maaf mas…untuk memperkuat pancaran gelombang hati dan menambah pancaran gelombang hati jg caranya gmn y mas??/,,terima kasihh sblmnya

    • hdmessa
      13/03/2014

      sama2 bu Yeni,
      syukur memberi manfaat,

      Sebagai muslim, menurut sy caranya sederhana saja, dg ibadah yg khusyu dan selalu berzikir, insya Allah hati akan tenang

      salam

  57. ayu
    19/08/2014

    Saya juga salah satu orang yg mengalami ini” Yaitu Kekuatan Pikiran(Doa)” jika kite berpikir otomatis kita akan bicara”

    Misalnya Ya Tuhan saya ingin ini, itu sudah merupakan Doa..

    • hdmessa
      22/08/2014

      terima kasih
      komentar nya bu Ayu
      salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 07/07/2007 by in horizon - insight.
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 40 other followers

%d bloggers like this: