Inspiring points

Reflective story from journey of life , Alam terkembang jadi guru

laut terhampar jadi guru [blue ocean strategy]

Alam terkembang jadi guru, sebuah pepatah minang ternyata sampai juga ke negeri jauh, saat dua orang ahli strategi dari INSEAD-Paris , salah satu sekolah management terbaik di dunia, sedang berjalan jalan di pinggir pantai , menenangkan pikiran dari studi ttg strategi bisnis, tiba2 mereka teringat dg ungkapan orang Inggris utk persaingan bisnis yg ketat , ” it’s a bloody competition” , persaingan bisnis yg kejam, digambarkan sebagai pertempuran yg berdarah darah , melihat laut lepas, mereka jadi termenung sejenak , eureka, yah itu adalah bagaikan air yg penuh darah, “laut merah” , tempat “ikan” berkompetisi secara keras , yah dunia bisnis bagaikan laut merah, bagi lauk dan makhluk lain di tempat tersebut yg karena persaingan yg tinggi , bagaikan “laut merah” karena darah persaingan, mengingatkan juga pada laut merah di pesisir arab.

Mereka kembali termenung sejenak ,, sebagai seorang yg berasal dari korea, ia teringat falsafah Confusius, “Ying yang” , segalanya berpasangan , baik dan buruk, istilah islam nya, semua makhluk di dunia ini diciptakan berpasangan, ada siang ada malam dst.

Apakah hanya seperti itu, hidup ini ? tidak semua laut adalah laut merah, namun ada juga lautan yg lain , lautan biru yg tenang dan damai, sebagai antagonis nya , mereka dapat ide ttg “laut biru” ( blue ocean ) , sebuah tempat yg damai dan tenang, analoginya dalam dunia bisnis pun, harus nya ada tempat yg tenang dan damai , tempat yg tak selalu membuat orang harus memang atau kalah , win win solution adalah tak mustahil , sesuai dg keahlian mereka dalam strategi bisnis, akhirnya mereka rumuskan lah sebuah paradigma baru dalam strategi bisnis , “Blue Ocean strategy” .

Mereka berdua, Dr Chan Kim & Renee Morgebaud , ahli strategi di sekolah bisnis INSEAD , membuat penelitian khusus ttg strategi2 bisnis perusahaan2 yg sukses di dunia , tak tanggung2 mereka mengadakan penelitian selama 15 tahun dan meneliti sekitar 150 perusahaan di seluruh dunia , hasil penelitian tsb dan paradigma strategi bisnis baru yg mereka temukan , dibuat buku dg judul ” The Blue Ocean Strategy” , penjelasan singkatnya , how to create uncostested marketing place, make the competition irrelevant.

Buku tsb kemudian menjadi best seller , dan mereka berdua banyak mendapat permintaan dari berbagai perusahaan besar dunia, utk menjadi konsultan mereka , spt Samsung yg sama2 spt Chan berasal dari Korea, serta berbagai perusahaan besar dunia lain nya. Mereka juga membuat komunitas aliansi strategi bisnis dg nama Value Innovation, yg member nya tersebar di seluruh dunia. Bahkan banyak konsultan manajemen strategis yg kemudian juga mengembangkan jasa tsb.

Sebenarnya ide mereka berawal dari hal yg sederhana dan mungkin hal yg mirip telah pernah pula disampaikan oleh ahli lain nya, namun mereka berhasil merumuskan nya dalam format yg sistematis dan applicable.

Inti sederhana nya ide blue ocean tsb ialah, bahwa dalam persaingan bisnis kita harus kreatif dan selalu membuat inovasi baru , bertarung dalam lapangan bisnis yg sudah banyak pemain nya , menjadi follower,( me too strategy istilahnya ) hanya akan menguras tenaga kita dalam persaingan bisnis yg ketat dan kecil kemungkinan sukses nya , analoginya kita mencebur dalam “red ocean”.

Langkah cerdik dan strategis ialah kita melangkah ke “blue ocean” , membuat strategi bisnis yg kreatif dan inovatif , melakukan hal2 baru yg bahkan belum pernah dilakukan orang lain,namun tetap dg penuh perhitungan bahwa market akan menerimanya dg baik , memilih win win strategi daripada win lose strategy , create the real value for the customer , istilah standard nya ” how to create uncostested market place, make the competition ir relevant” ; mengembangkan sebuah pasar baru yg tak tersaingi , membuat persaingan jadi sesuatu yg tak perlu. Mungkin kedengaran muskil dan utopia belaka, tapi hal tsb adalah hal riel yg benar2 telah terbukti pada beberapa perusahaan yg sukses.

Beberapa contoh “blue ocean strategy “, dari perusahaan2 yg sukses antara lain ;

Microsoft dg software windows nya

Sony dg walkman nya

Aqua , pelopor air minum dalam kemasan

lion air , airline dg ongkos yg murah

BCA , dg ATM dan layanan praktisnya

mark plus dg ide2 baru dalam marketing

MQ , manajemen bisnis spiritual

ESQ , pengembangan motivasi dari sisi emosi dan spiritual

Sekolah alam , pendidikan di alam terbuka

RIM dengan black berry nya

Google dg system open source smartphone android nya

dan banyak contoh2 strategi bisnis lain nya , walau tak dipungkiri ada juga , strategi bisnis yg salah langkah dalam meng create new market, karena kesalahan dalam membuat prediksi keinginan pasar ( false market value )

Konsep “blue ocean” , tsb tak hanya dalam dunia bisnis , namun bisa juga diterapkan pada hal hal lain, misal dalam karier kerja ( kompetisi di dalam perusahaan ) , bahkan juga dalam kegiatan sosial politis. Intinya tetap sama kita harus selalu kreatif dan cerdik mengembangkan inovasi2 dan pasar2 baru, tempat2 baru yg lebih lapang dan nyaman bagi semua orang, daripada bertarung di tempat yg sempit.

di dunia kerja ( karier ) , persaingan karier yg kurang sehat atau melalui jalur standar yg ngantri , membuat karier kita jadi lambat dan kurang berkembang , kalau kita kreatif , kita bisa mencari jalur2 baru utk pengembangan karier kita , bisa antara lain dg mengembangkan program2 baru di dunia kerja yg memberi nilai tambah positif utk kemajuan perusahaan , yg akan membuat nilai diri kita jadi meningkat.

bagi pebisnis minang , berjualan di kakilima atau menjual masakan padang standard , hanya membuat mereka begitu2 sajah , kalau mereka cerdik, mereka bisa mencari pola dagang yg lebih canggih daripada sekedar jualan kaki lima , atau menjual menu masakan padang baru, semisal “masakan padang non kolesterol” , tetap nikmat, namun sehat .

Beberapa lembaga yg concern ttg bisnis yg bersih jauh dari suap dan korupsi, antara lain , sekolah PPM, Transparansi Internasional dan lembaga lain , untuk mulai menggulirkan sebuah pola bisnis baru, bisnis tanpa suap, tanpa korupsi di belantara bisnis Indonesia yg kita sudah maklum bersama kondisinya , mereka bersama menggulirkan ide ” Klinik Bisnis tanpa suap” , antara lain dalam bentuk pelatihan dan format konsultasi bisnis . Sebuah ide mulia untuk mengembangkan bisnis2 baru yg sehat dan menguntungkan ( bisnis bersih yg jauh dari suap, korupsi, dll ) , walau terdengar mustahil dan jadi sekedar utopia , tapi bisa menjadi sebuah langkah awal yg bagus . dan banyak contoh2 lain nya

penulis yg banyak menulis atau membuat buku, dg paradigma baru dan segar, akan selalu disukai oleh pembacanya, bisa dikata ia telah memasuki laut biru juga.

Sesuai hukum alam suatu saat, akan banyak pula pebisnis lain yg akan mengikuti pola bisnis tsb ( me too strategy ) menjadi follower dari ide2 bisnis baru tsb , suatu saat pun blue ocean , akan penuh juga dg persaingan , laut biru akan memerah , being red ocean, nah disanalah perlu kejelian bisnis, mulai meng create inovasi baru, mencari “other blue ocean” , istilah ISO 9001 nya , ‘Countinual Improvement” ( peningkatan yg berkelanjutan ).

demikian kira2 gambaran singkat , dari ide strategi pada buku ” Blue Ocean strategy” tsb , tampaknya sederhana dan ideal, tapi memang diperlukan kompetensi/ keahlian manajerial yg handal juga utk bisa meng implementasi kan , semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 08/05/2007 by in horizon - insight.
%d bloggers like this: