Inspiring points

Reflective story from journey of life , Alam terkembang jadi guru

Siraman pencerahan

jayanti-22.jpg

Air berkata kepada benda yang kotor, “Kemarilah.” Maka benda kotor akan berkata, “Aku sungguh malu , diriku kotor.” Air berkata, “Bagaimana kekotoranmu akan dapat dibersihkan tanpa aku?” Bagaimana rasa malu mu, akan mendapatkan siraman pencerahan ? 

Di balik daun, bersembunyi pula, benda busuk, wahai air yg bersih, bisakah engkau bersihkan pula aku ? maaf benda busuk, engkau tak bisa dibersihkan dg siraman air sebanyak apapun ,engkau hanya bisa bersih dg dikubur dalam tanah, kelak akan tumbuh tunas baru yang akan kusirami,barulah engkau bisa bersih… 

Sajak itu bermakna dalam, tapi hanya sedikit yang memahaminya . Ataukah, karena diri ini sudah terkubur dalam kebusukan pula ? ( Jalaludin Rumi )

2 comments on “Siraman pencerahan

  1. gilang (ugi)
    20/04/2007

    assalamualaikum…

    salam kenal kang hendra, nama saya ugi, urang bandung tinggal di jakarta. tulisan akang bagus2, puisinya juga asyik. Cuma saya tidak akan membahas soal puisi kang. Tapi saya tertarik cerita perjalanan akang bersepeda. kebetulan saya juga hobi sepeda gunung, walaupun amatiran. beberapa kali ngagoes di sekitar malabar ke papandayan turun ke cisurupan garut. pernah juga ke ranca buaya lewat malabar, sumadra, pakenjeng, cijayana. pokokna mah pangalengan asyik pisan, tiada duanya (kapan2 kita ngagoes bareng yu…). Nah saya tertarik dengan jalur rancabali-cidaun yang akang ceritakan. mohon informasi jalur sekaligus info-info lain yang bisa jadi panduan buat saya ke cidaun. kalau ada waktu bulan juni-juli saya mau main ke sana. diantos kabarnya. hatur nuhun, hatur nuhun….

  2. hendra
    23/04/2007

    halo juga Ugi,
    terima kasih, sudah menengok rumah maya ku
    senang juga ketemu dg sesama pesepeda nih,

    mangga wae, kalau mau goes bareng, tapi nanti mungkin yah, sudah musim kemarau

    berikut gambaran jalur rancabali cidaun ;

    dari rancabali ambil jalur ke situ patenggang, sebelum pintu patenggang ambil persimpangan ke kiri, terus melalui kebun teh rancabali.

    Kalau start dari situ patenggang sampai lembah sungai cipandak ( desa bale gede atau kota kecamatan Naringgul, kab Cianjur ) perkiraan sekitar 25 -30 Km

    Medan dari situ patenggang sampai perbatasan kebun the / batas kabupaten bandung , adalah jalan aspal bagus , turun naik, tapi tak begitu tajam.

    Bisa juga start nya dari daerah kolam renang air panas cimanggu / gerbang ke kawah putih / sebelum kebun te h rancabali , yg berada di ketinggian, selepas habis tanjakan dari kota ciwidey, jadi tenaga masih fresh, dan pemandangan nya indah sekali, jadi lumayan refresh lah.

    Karena di daerah kebun te h rancabali sehabis situ patengang sampai ke daerah gunung sumbul ( sebelum hutan rasamala ) , jalan nya cukup menanjak juga, dan lumayan jauh.

    Memasuki perbatasan kab. Cianjur, mulai masuk hutan rasamala / hutan alam, jalan aspal berbatu ( standard jalan kehutanan ) kondisi turunan tajam ( down hill ) ,
    Sepanjang hutan jalan berlika liku dan turunan tajam, sampai desa bale gede , jembatan sungai cipandak . Setelah jembatan daerah perkampungan, jalan aspal berbatu, mendaki sampai ke kota kecamatan Naringgul , tanjakan nya lumayan juga, tapi cukup panjang ( campuran jalan datar dan tanjakan )
    Karena kontur alam nya setelah kita menuruni lembah sampai desa bale gede, kita akan mendaki lembah lagi sampai ke Naringgul.

    Batas hutan adalah sampai ke desa bale gede, selanjutnya sampai sungai cipandak adalah daerah pesawahan / ladang. Di daerah balegede sampai ke naringgul, akan terlihat banyak air terjun kecil di sepanjang perjalanan yg bermuara ke sungai cipandak.

    Kalau hujan, jalur down hill di hutan alam sebelum desa bale gede / sungai cipandak, menurut saya cukup beresiko juga bila ditempuh saat hujan ( licin )

    dari naringgul sampai cidaun, jalur menurun, dan jalan berbatu , lumayan berat oge, sepeda nya harus bagus lah suspensi nya

    sekian cerita singkatnya

    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 01/06/2007 by in poetry.
%d bloggers like this: