Inspiring points

Reflective story from journey of life , Alam terkembang jadi guru

kisah daun melayang

 

Jalan kehidupan, bagaikan daun yang jatuh melayang terlepas dari tangkainya

merasakan kelembutan angin dan ketajaman ranting,

dalam pelukan tanah, memberi kesuburan, menuju kedamaian abadi…

Biarkan sang dahan berbisik, abaikan tuan ilalang berdesis

Tenangkan jiwa, lapangkan hati, pasrahkan diri pada Illahi rabbi

Menempuh jalan kehidupan yang berliku,

dari detik ke detik yang hanya sekali dilewati ,“one way ticket to heaven or hell”

tangkai padi bertanya kepada angin:”bagaimana aku tahu, ke mana engkau hendak menggoyangku?”

“aku adalah yang tak terduga,” jawab angin.

dan ia tidak pongah.”aku bertiup ke mana aku mau.

ikutlah aku!”  keinginan memberontak bergumpal dalam perutnya.

Betapa sering rasanya, ia ingin berubah jadi manusia :

yang tetap bisa berjalan ke kanan,ketika angin bertiup ke kiri.

“tapi, sayang, aku tidak akan mematahkanmu,”

dan kau pun tak tahu, betapa di akhirat kelak banyak manusia yg menyesal dan berandai2 dirinya hanya sekedar tanah”

bisik angin seperti menggeledah isi hatinya, menelusupi kelopak daunnya.

“yaa laitani kuntu turoba” ( QS ; An Naba: 40 )

(Duh, alangkah beruntungnya seandainya dulu aku diciptakan Allah menjadi hanya seberkas debu saja. sehingga beratnya penderitaan ini tidak bakalan menimpaku)

( nn  )

2 comments on “kisah daun melayang

  1. wenk
    26/12/2007

    jalan kehidupan kaya jam juga ya kang …diputar cuma sekali dan ga ada yang tahu kapan kan berhenti.. Kaya angin juga, ga ada yang bisa menduga membawa daun jatuh kemana …

  2. Dewi N.K.
    24/02/2009

    Di ujung musim gugur ini
    aku adalah sehelai daun kering terlepas
    dari pokok nan meranggas
    Siapa ‘kan tahu ke mana aku melayang?
    Siapa peduli ke mana angin ‘kan membawaku?
    Dan engkau adalah
    salju putih yang siap menebar diri
    di sekujur tubuh bumiku
    Membekukan ruang kalbu… … .

Leave a Reply

Information

This entry was posted on 08/08/2007 by in poetry.
