Inspiring points

Reflective story from journey of life , Alam terkembang jadi guru

ulang tahun penuh makna

ooh, sungguh nelangsa, aku lupa hari ini , adalah hari ulang tahun anak ku yang ke tujuh

tak sempat bikin kue, beli hadiah, tak sempat anakku, meniup lilin tujuh warna,

maafkan ayah mu, nak, baru jam tujuh sore ini, teringat kembali tujuh tahun yang lalu ibu melahirkan mu

ayah jadi lupa, karena pusing tujuh keliling, mencari uang untuk sekedar membeli lilin, apalagi membelikan ibumu, tepung untuk membuat kue tujuh rasa

walau demikian  masih ada tujuh ribu mimpi, dalam pikiran mu,  maafkan ayah mu nak, ayah belum sempat penuhi mimpimu, kecuali do’a agar engkau sehat lahir batin,

teruskan mimpimu untuk menjadi lebih baik dalam perjalanan hidup ini, mengiringi perjalanan kita bersama sampai ke surga kelak

Tapi nampaknya ada hikmahnya juga , kita lupakan sejenak hari ulang tahun ketujuh ini,

karena tadi kulihat ada tujuh orang anak kecil se usia mu yg menyodorkan tangan di perempatan jalan,

dan ada lagi tujuh juta lainnya lagi , anak kecil miskin di dunia ini yg tak bisa merayakan ulang tahun nya,

kulihat juga tujuh orang lelaki dewasa seusia ayah mu, yg tak beruntung hidupnya; pengangguran, pengamen, orang cacat, fakir miskin, mengemis di perempatan  jalan yang kulalui tadi

dan ada lagi tujuh juta lainnya, lelaki dewasa seusia ayahmu , di pelosok negeri ini, yang tak sempat berpikir tentang anak nya, karena ia sendiri mengalami kesusahan hidup yg sangat berat.

Syukurlah anakku, ayahmu, walau hidup susah masih lebih beruntung dari mereka2 itu.

Marilah kita rayakan hari ulang tahun ini , dengan mengingat kenestapaan anak anak miskin tersebut, anak2 kecil seusia mu, namun nasib nya sungguh menggenaskan.

jangankan berpikir ulang tahun, rumah tempat bernaung kala hujan saja, tak mereka miliki, banyak pula diantara mereka yg tak pernah merasakan kasih sayang ayah bunda, jadi yatim piatu  sejak usia tujuh minggu.

Kemampuan untuk bersabar, kepedulian pada sesama manusia dan mensyukuri nikmat kehidupan ini, adalah hadiah ulang tahun yg jauh lebih bermakna bagimu, anak ku…

17 comments on “ulang tahun penuh makna

  1. Pokoknya top markotop tulisannya, jangan lupa ikut SJN-8 yeach sambil melihat ribuat orang dijalan dengan aneka peluang untuk mencerahkan diri

  2. hdmessa
    18/02/2008

    terima kasih mas Amri, komentarnya,

    pengen juga ikutan SJN ( Sepeda jelajah nusantara ) , sekalian pulang kampuang ke ranah minang

    mudah2 an nggak ada halangan

    salam
    HM

  3. ardi
    19/02/2008

    puisi yg sangat menyentuh,

    tentang seorang ayah yg baik
    dan penuh pengertian pada sesama.

    mudah2 an pula,
    kita semua dijauhkan dari type ayah,
    yg bisa lupa hari ulang tahun anak nya,

    tapi masih tetap ingat ,
    no HP selingkuhan nya..he..he..

    sorry just kidding

    ardi

  4. hdmessa
    19/02/2008

    he..he..he…

    thanks ardi comment nya

    yah, begitulah manusia,
    begitu rapuh ,
    bila telah tergoda setan.

    semoga kita semua ,
    selalu terlindungi dari kesilapan seperti itu

    salam
    HM

  5. Palgunadi
    20/02/2008

    cucuku yang berulang tahun. selamat. kalau cucuku 7 th, kakekmu ini 70. dan bahagia dan ceria selalu.

    Hadiah kakek utkmu adalah berbagi rahasia utk selalu ceria dan bahagia. jangan ditunggu. bercerialah, berbahagialah, bergembiralah, menangislah….apa saja, dimana saja, kapan saja.cerahkanlah hatimu selalu.

    semoga cucuku paham.

    Salam
    Palgunadi T. Setiawan

  6. hdmessa
    20/02/2008

    terima kasih doa nya pak Palgunadi.

    Nasihat yg bijak dari seorang kakek yg telah melalui liku liku jalan panjang kehidupan.

    Menarik juga di usia ke 70 ini, pak Pal bisa buat buku cerita lika liku perjalanan panjang nya, sejak di ITB, Pindad, Astra International, sampai saat ini banyak aktif di kegiatan sosial, kisah yg banyak pelajaran berharga nya.

    salam
    HM

  7. toni
    24/02/2008

    Selamat ulang tahun buat keponakan saya ya kang Hendra. Sampaikan salam saya..
    Tidak terlalu tragis kok jika di banding saya. Papa saya malah ga pernah mengucapkan selamat ulang tahun atau cuma sekedar mengingatkan saya, kalau saya sedang berulang tahun. tapi saya tetap sayang sama beliau, karena saya tahu lebih dari apa pun beliau teramat sayang pada anak-anaknya.
    Bandingkan dengan mama saya? wah dia selalu ingat dan menyiapkan sarapan khusus ulang tahun yang menjadi tradisi di keluarga saya, sarapan yang sangat sederhana. Mie rebus sebagai lambang panjang umur dan telur rebus sebagai lambang rejeki yang bulat dan tak terputus. Betul2 ibu yang hebat kan?
    Setidaknya kang Hendra masih “diingatkan” walau agak terlambat hehehe. Tapi lain kali ga boleh lupa lagi hehehe lagi.
    Lebih dari itu yang penting adalah doa orang tua buat anak-anaknya. Itu kado yang sifatnya kekal. Sekalipun kita nanti menghadap yang Kuasa, doa yang orang tua panjatkan itu akan menjadi warisan rohani yang tak ternilai. Syukur jika kita masih bisa melihat dan merasakan apa yang kita doakan itu dijaba dan dikabulkan Tuhan, sehingga kita pun menjadi semakin takjub dan tunduk pada Tuhan. Amin
    Kang Hendra.. tetap ayah yang terbaik yang Tuhan sudah berikan buat anak-anak dan keluarga kang Hendra. Jadi Tidak perlu berkecil hati… You are the best..

    Salam
    Toni

  8. hdmessa
    25/02/2008

    terima kasih, Toni,

    wah jadi terharu dengar cerita nya, thanks atas sharing nya.
    bersyukur Toni, punya orangtua yg sangat baik,

    bagus sekali deh, kalau Toni buat blog juga, sharing cerita2 nya yg saya kira penuh inspirasi juga

    salam
    HM

  9. rudy
    02/06/2008

    saya sangat terharu dg rangkain kata yg penuh makna ini, saya selalu lupa akan ulang tahun ke-3 anak saya, istri saya, ayah dan ibu saya……selalu begitu tiap tahun…saya baru ingat kalau diingatkan istri, malam harinya saya datangn kamarnya dan menciumin mrk disaat mrk tertidur pulas…saya pun menagis….selamat ulang tahun ke-7 buat anak mu..

    thanks
    rudy

  10. hdmessa
    04/06/2008

    terima kasih mas Rudy,

    syukur masih di ingatkan ,

    keluarga adalah amanah / tanggungjawab bagi kita
    kita harus selalu mensyukuri amanah tsb

    salam
    HM

  11. ulkamri_koto
    10/08/2008

    thanks dah memberi inspirasi, hai ini ultah-ku…

  12. hdmessa
    10/08/2008

    terima kasih juga,

    selamat ulang tahun sahabat,
    semoga menjadi ulang tahun yg penuh makna pula

    salam

  13. Dewi N.K.
    20/11/2008

    Ulang tahun saya biasanya jadi ajang refleksi diri,
    seminggu sebelumnya sudah rajin ngumpet di kamar. Kilas balik apa aja sih yang sudah dilakukan selama ini, mimpi apa yang belum teraih?
    Malu sendiri jika ternyata semua tak begitu berarti bagi keluarga dan orang lain. Memohon tuk doa-doa yang belum terkabul. Terkadang ada airmata…haru, bahagia, sedih…ah yang penting bagaimana mengambil hikmah dari setiap peristiwa.
    Dini hari saat hari itu tiba, ada cium pipi kiri kanan dari ibu bapak (hehehe udah segede gini kadang suka malu…). Kalau ibu lagi mood, suka masak nasi kuning. Tapi sayang, sering gak moodnya, hehe…Yang penting doa dari orang tua dan keluarga!
    Ulang tahun untuk anak…mmmh udah ada rencana sih, bukan perayaan tapi lebih pada bagaimana agar anak-anak mampu lebih memaknai hidup. Tapi soal anak sedang dalam proyek sih, lagi berkutat seleksi “investor”nya, hihihi…
    Salam, n sukses selalu mas Hendra… … .

  14. dioz mahardhika
    14/12/2008

    hai pak salam kenal,
    bukan sengaja untuk kembali mengingatkan kepada rasa salah dalam hati, tetapi apa yang anda tuliskan adalah hal yang luar biasa, saya sangat terharu dengan apa yang anda tuliskan… bahkan ketika anda menuliskan tentang nasib2 orang disekitar anda… membaca ini.. saya teringat akan nasib keluarga saya… bapak-ibu yang bercerai… rujuk kembali… dan sampai detik ini saya tidak pernah mengingat wajah bapak saya (sudah alm. sejak saya kelas 2 SD) saya hanya mengingat ketika saya digendong diatas pundak bapak untuk mengejar layang-layang, saya hanya ingat ketika saya menangis waktu bapak mau pergi ke solo untuk cari uang.. saya rasa anak anda adalah anak yang sangat beruntung…. bisa membayang kan dan meminta kepada anda roti 7 rasa.. sampai detik ini, saya belum pernah merayakan ulang tahun dengan bapak, ibu dan kakak perempuan saya… yah… berharap suatu saat nanti bisa kembali bertemu dengan mereka…

    menjadi seorang ayah dalam sebuah keluarga bukan hal yang mudah.. menjadi teladan bagi istri dan tuntutan kepemimpinan adalah suatu tantangan yang besar.. sukses pak untuk terus menjadi seorang anak yang baik kepada istri dan anak….
    meski terlambat saya ingin mengucapkan selamat ulang tahun kepada anak anda…

    salam
    dioz mahardhika
    diozcempluk.blogspot.com

  15. hdmessa
    14/12/2008

    salam kenal juga Dioz,
    terima kasih banyak,

    terharu juga saya membaca komentar dan sharing nya mas Dioz,

    marilah kita selalu mendoakan orang tua kita, biarlah masalalu berlalu terbawa angin, dan marilah menatap ke depan, setidaknya kita berusaha menjadi orang tua yg baik bagi anak2 kita, dan bisa membantu anak2 yg tak beruntung lainnya

    semoga harapan mas Dioz utk berkumpul dg keluarga bisa terwujud pula

    salam

  16. hairani
    14/02/2009

    mas..
    trimaksih,luar biasa sampai terharu hatiku…
    Mas kebetulan hari ini,adalah hari ulangtahunku…Sungguh mas ikut memberikan kebahagian di hatiku…Skali lg trimakasih…

    bye…

  17. hdmessa
    15/02/2009

    sama2 Rani,

    selamat ulang tahun, semoga dg bertambah umur, bertambah pula kebaikan nya..

    syukurlah bisa memberi manfaat tulisan tsb

    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 20/02/2008 by in poetry.
%d bloggers like this: