Inspiring points

Reflective story from journey of life , Alam terkembang jadi guru

the tallest building & civilization mark

Sejak jaman firaun membangun pyramid sampai bung Karno membangun Monas, bangunan tinggi telah menjadi sebuah fenomena bagi sebuah bangsa untuk menunjukkan pencapaian peradaban nya.

Januari 2010, di Dubai , UAE, telah diresmikan gedung tertinggi di dunia, Burj Dubai atau nama resminya Burj Khalifa ( burj ; menara , khalifa ;  nama presiden UAE ), tingginya 800 meter lebih, jauh lebih tinggi daripada gedung tertinggi sebelumnya Taipeh 101, di Taiwan.

Peresmian gedung ini, adalah juga semacam symbol kebangkitan bagi Dubai khususnya dan negara UAE umumnya, yang belakangan ini, dibombardir berita2 negatif dari media barat. Baru 2 bulan lalu rame berita mengenai berita hutang Dubai yg mencapai 60 miliyard USD, media2 barat pada bilang, bahwa Dubai diambang kebangkrutan. Kalau kita lihat di Abu Dhabi, ibukota UAE, nampaknya aktivitas ekonomi mereka jalan spt biasa walau memang ada sedikit dampaknya juga, di Dubai memang dampak akan lebih tampak, khususnya pada bisnis properti dimana banyak project terhenti, atau bangunan jadi yg tak berpenghuni, sebuah realita bisnis mengenai hukum suply & demand, dimana suply berlimpah sedang demand menurun . Mengenai kasus hutang tsb untuk menyelesaikan nya mereka tak perlu mengemis2 jauh utk bayar hutang nya, hanya dalam hitungan minggu, sudah tersedia dana talangan puluhan miliyard USD dari abu dhabi, emirate kaya di sebelahnya yg masih satu negara.

Bagi UAE dg pendapatan per kapita, sekitar 52,000 USD dan lembaga investasi negaranya ( sovereign wealth fund abu dhabi ) adalah salah satu SWF terkaya di dunia, dg asset investasi sekitar 1 trillion USD , masalah finansial 60 billion USD, like just peanut bagi mereka. Tampak hanya dalam hitungan bulan, kondisi finansial mereka mulai pulih kembali. Jadi buat bangungan tertinggi di dunia dg biaya hampir 1,5 miliyard USD, bukan suatu hal yg mustahil bagi mereka.

Dilihat dari sisi bisnis, dipikir2 juga apa untungnya buat project mercu suar yg seperti menghambur2kan uang tsb ?.. , tapi otak dagang mereka memang terbukti jago, developer nya bilang, 90% property nya telah terjual dan secara umum dapat untung 150 million USD ( saya pribadi tak habis pikir, ada juga org yg beli property spt itu di tengah kondisi krisis finansial yg belum pulih ini ). Emaar, perusahaan yg membangun gedung ini, adalah salah satu kontraktor yg selamat menghadapi masa sulit krisis financial. di tahun 2009.

Menarik juga utk melihat dari sisi teknologi mengenai pembangunan gedung tsb; Dari sisi teknik sipil/ struktur, ada 2 masalah besar, bagaimana bangunan tsb kuat menghadapi hantaman angin yg tinggi dimana di negeri gurun pasir, badai gurun sangat berbahaya bagi bangunan tinggi tsb. Perancang katanya telah melakukan uji fisika teknik dan struktur dg detail dan telah melakukan uji di wind tunnel. Syukur juga negeri mereka tidak berada di area gempa bumi.

Dari sisi struktur ( geoteknik) timbul masalah mengenai struktur tanah gurun pasir yg cenderung gembur, tidak padat, mereka mengatasinya dg membuat pondasi yg sangat canggih yg katanya membuat bangunan tsb spt berdiri di atas batuan yg kokoh, entah gemana caranya.

Dari sisi teknik sipil pembetonan, ada timbul masalah, bagaimana caranya mengirim adukan beton sampai ke atas ( lebih dari 800 meter ) gemana cara pompanya ?, apa nggak akan mengeras di tengah jalan semennya ?, apalagi di musim panas suhu bisa sampai 50 derajat celcius. Mereka mensiasatinya dg membuat adukan beton dan memompanya ke atas di malam hari dan dicampur air pendingin, sehingga saat sampai ke atas, tetap bisa optimal.

Dari sisi kimia fisis, kondisi bangunan yg berlokasi tak jauh dari laut, menimbulkan potensi besar terjadinya korosi pada material konstruksi metal di bangunan tersebut karena uap air laut. Untuk menghadapinya perancang bangunan telah merancang material khusus yg kuat menghadapi korosi dan dipasang system kimia fisis tersendiri untuk mencegah oksidasi dan proses kimia tsb.

Dari sisi elektro mekanik, ada tantangan lain, mengenai bagaimana membuat system lift yg praktis dan handal utk semua pengguna di gedung tsb, ( misal bagaimana caranya naik ke lantai paling atas dengan kecepatan tinggi ? ), ternyata ada hitungan dan perancangan tersendiri pula..

dari sisi building maintenance, bukan kerja mudah membersihkan dinding luar gedung tinggi tsb.

dari sisi manajemen project, handling project senilai USD 1,5 billion ( miliard), selama 6 tahun, melibatkan total 12,000 pekerja, bukan kerja sembarangan pula..

Dari sisi desain interior, mereka tak sembarangan pula, material dan rancangan nya khusus oleh desainer kelas dunia dari Italia, Giorgio Armani, namun tetap dg mengambil akar dari karakter budaya setempat (arab).. Dari sisi teknik, desain dan seni,

Banyak pelajaran berharga dari bangunan ini, dan banyak cerita2 lain dg berbagai kontroversinya, setidaknya mereka telah membuktikannya dan menjadi kebanggaan mereka, semacam membangun harga diri bangsa atau bahasa ilmiahnya semacam nasionalisme nya mereka.

Mudah2 an kita bisa mengambil pelajaran dari hal tsb dibalik berbagai pro kontranya, bagi saya pribadi ada refleksi lain yg saya dapatkan, ingat cerita bangunan2 tinggi di negeri arab, saya jadi teringat pelajaran mengaji waktu di madrasah dulu, dimana ada dikatakan dalam hadits nabi, bahwa salah satu tanda dekatnya akhir zaman ialah “tanah gurun pasir arab jadi menghijau dan banyak airnya dan orang2 Arab berlomba2 membuat bangunan tinggi” …, kedua tanda tersebut saya lihat dan alami sendiri di Abu Dhabi dan Dubai ini…, semoga kita semua selalu dalam lindungan dan rahmat Illahi Rabbi

4 comments on “the tallest building & civilization mark

  1. Pop
    25/01/2010

    amin ya Rabb

  2. KL_07
    07/05/2010

    aamiin ya Rabb

    tp ga salah kan kl punya cita2 ign ksna?

  3. hdmessa
    07/05/2010

    sama2, amien,

    silakan saja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 04/01/2010 by in horizon - insight.
%d bloggers like this: