Inspiring points

Reflective story from journey of life , Alam terkembang jadi guru

Kisah dari Nepal

everest-gokyo-lake-trek

Bekerja dengan orang berbagai bangsa, saya menemui ada 2 bangsa pekerja keras, rajin dan taat pada atasan, yaitu orang Patan, Pakistan utara dan orang Nepal, kebetulan kedua bangsa tsb berasal dr negri di dataran tinggi.
Minggu lalu saya ada pekerjaaan yg dibantu oleh seorang pekerja dari Nepal, namanya Bahadur, nama yg populer utk org Nepal, artinya pemberani.

Biasanya org Nepal disini kerja sbg security atau pekerja casual lainya spt cleaning service atau office boy. Senang sekali kerja dg mereka, rajin, taat perintah dan kerjaan beres, tak banyak cerewet, orang nya pun ramah. Penampilan fisiknya campuran antara bangladesh dg china, jadi bayangkan saja kulit putih, mata sipit, tapi perawakan nya bermuka tirus, kurus, tak begitu tinggi.Fisiknya pun kuat, walau tubuhnya kecil ( spt org kita, bahkan relatif lebih pendek).

Mereka hobby sepakbola juga, Dalam pertandingan sepakbola antar negara disini, orang2 kaget melihat tim Nepal yg walau bertubuh kecil, tapi lincah, bisa lari kencang dan kuat nafas, mereka berhasil mengalahkan tim sepakbola dari negara2 yg badan nya relatif besar2, spt tim Afrika Ghana, Rumania dll. dan bahkan kemudian menjadi juara 2 setelah tim Mesir. .

Ngobrol2 dg si Bahadur, ia cerita, bahwa dulu Inggris saat menjajah India, ingin juga meluaskan kekuasaan nya sampai ke Nepal, tapi mereka tak berhasil mengalahkan kerajaan Nepal saat itu, karena mereka memang dikenal sbagi orang2 pemberani dan kuat fisiknyha, sehingga penjajah Inggris dulu yg menjajah India, tak bisa menaklukkan Nepal, malah akhirnya merekrut tentara Nepal sebagai legiun asing mereka.

( Note : Negeri Nepal sama juga spt negeri org Patan, adalah 2 negeri yg tak bisa ditaklukkan oleh para penjajah asing sejak dulu. Alexander the great pun kalah saat berperang dg leluhur org Patan dulu,( inilah negeri terakhir pengembaraan Alexander the great dulu).

Karena loyalitas dan fisik yg kuat spt itulah org Nepal pun dijadikan tentara legiun asing negara Inggris sejak dulu, dikenal dg nama tentara Gurkha yg terkenal dg pisau pendeknya yg dinamai Kukri.

Selain Gurkha, Nepal terkenal juga dg org Sherpa nya, yaitu org2 yg tinggal di pegunungan himalaya, merekalah org2 kuat yg jadi porter & asisten, bagi orang2 yg mendaki ke puncak Everest. Gunung tertinggi di dunia. Sebenarnya org Sherpa Nepal lah, yg pertama kali menaklukkan puncak dunia tsb, namun dunia hanya mengenal org Eropa yg pertama kali ke sana ( Edmund Hillary yg mendaki ditemani org Sherpa, Tenzing Norgay).

Ngobrol2 dg si bahadur sy tanya nama apalagi yg terkenal utk org Nepal ?, ia bilang ‘Mahendra’, wah, kenapa sy tanya ?
ia bilang Mahendra adalah nama raja hebat yg terkenal disana jaman dulu
hmm, baru tahu juga nih sejarah nama sy 

Demikianlah sekilas cerita ttg saudara kita yg tinggal di negara atap dunia.
Alam terkembang jadi guru, dari berbagai bangsa, berbagai karakter kita bisa pula mengambil pelajaran.

Waktu trekking dengan pemandu orang Cetris. Namanya Bharat. Sebelum berangkat, teman nyeletuk sebaiknya ada prajurit Gurkha yg mengawal. Bharat agak tersinggung, ‘kenapa butuh pengawal?’ katanya. Di tradisi Nepal org Cetris adalah kasta ksatria. Dia bilang, “I am Cetris, you don’t need more guards” grin emoticon

mengenai Tenzing Norgay dan Edmund Hillary, ada hal menarik, yaitu tentang pertanyaan siapa diantara mereka yg duluan sampai ke puncak Everest. Semua tahu, tanpa Tenzing Norgay, Hillary tidak akan sampai ke puncak. Dan Tenzing sebagai pemandu yg baik, tidak akan mendahului Hillary menginjakkan kaki di puncak Everest. Mereka berdua sepakat, bahwa tidak ada yg pertama yg menginjak puncak Everest, tapi mereka menginjaknya bersama, berdua.

Selain terkenal tangguh, banyak orang Nepal di US bekerja di medical fields, as Medical doctor,medical technologist etc, beberapa institusi terkenal di US me-recruit langsung medical doctor (MD) dari Nepal, system pendidikan dokter di Nepal sufficient untuk bisa ambil medical license di US, sayangnya lulusan dokter dr Indonesia belum bisa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 04/09/2015 by in Blogroll.
%d bloggers like this: