Inspiring points

Reflective story from journey of life , Alam terkembang jadi guru

Memori bawah sadar mendengarkan Al Qur’an

11923195_700885260015809_8981228277594549589_n

Setiap mendengar ayat2 suci Al Quran yg membahana di langit dari speaker mesjid menjelang sholat jumat,entah kenapa ada terasa ketentraman batin, bagai pengalaman indah di masa lalu yg selalu ingin diulang.

Dari ilmu psikologi saya mengerti bahwa tiap manusia memiliki memori alam bawah sadar dari pengalaman hidup di masa lalunya, pengalaman indah ingin selalu ingin dirasakan kembali, dan memori bawah sadar yg paling membekas ialah apa yg dialami manusia sejak lahir sampai usia 5 thn. Saat lahir sampai usia 5 thn sy tinggal di Bukittinggi dan rumah orangtua dekat dengan mesjid, dan tiap menjelang jumatan selalu terdengar suara Al Quran mengalun merdu.Saat pindah ke Bandung pun, rumah saya selalu dekat dg mesjid, bahkan sampai pindah ke Abu Dhabi sini, rumah dekat mesjid juga, suara adzan dan alunan Qur\an dari mesjid begitu akrab di telinga.

Saya kira pengalaman masa kecil tsb, mendengar suara Al Quran, tanpa disadari telah tertanam kuat dalam memori bawah sadar, alhamdulillah.
Menurut ilmu psikologi apa yg di dengar, dilihat & dirasakan oleh anak2 dibawah usia 5 thn akan tertanam kuat dalam memori bawah sadarnya, teringat sampai di masa tuanya, baik pengalaman baik atau yg jelek.

Marilah kita jaga anak2 kita terutama yg berada di bawah usia 5 thn dari mendengar, melihat, merasakan hal yg tidak baik.
Tanpa disadari ibu2 yg biasa mengendong anak kecilnya, sambil nonton sinetron, nontong acara2 konyol di tv, dengar musik2 yg tak baik, ngegosip dg tetangga, marah2 atau hal2 tak baik lain nya, sebenarnya telah memberi memori bawah sadar yg kurang baik bagi anaknya yg akan membekas sepanjang hidupnya. Lebih parah lagi anak yg dibesarkan oleh pembantu saat kedua orangtua nya bekerja, bisa dibayangkan sendiri pengalaman masa kecil apa yg didapat oleh anak2 tsb saat bersama pembantu di rumah ??

Marilah kita didik anak2 kita dg baik, jauhkanlah dari hal2 yg tidak baik & merusak masa depan nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 04/09/2015 by in Blogroll.
%d bloggers like this: