Inspiring points

Reflective story from journey of life , Alam terkembang jadi guru

Perbedaan tampilan fisik orang berbagai bangsa (Asia barat)

Multicultural Harmony by Sara 10, Zehra 12, Ayla 11

Setelah tinggal lama di Abu Dhabi ini dg penduduknya yang berasal dari berbagai bangsa akhirnya saya bisa mengenal juga perbedaan fisik orang2 dari jazirah Arab ini, berdasarkan perbedaan geografis asalnya. Org2 yg berasal dari jazirah arab bagian selatan spt yaman, oman relatif berkulit gelap ( sama spt org kita), sedangkan org2 dari bagian utara spt Syria, lebanon, palestine, dll, relatif lebih putih kulitnya. 
Org Arab yg banyak kita kenal selama ini, yang migrasi ke Indonesia, adalah org2 Arab dari bagian selatan ( Yaman, hadramaut dll), yg tampilan fisiknya ( warna kulit & tinggi) hampir sama dg kita.

Teringat kisah nabi Ibrahim yg dianggap sbg tokoh leluhur org2 disini, beliau memiliki 2 istri, Sarah & Hajar, Sarah berkulit putih sedangkan Hajar berkulit gelap. Sarah tinggal di jazirah bagian utara, sedangkan Hajar tinggal di bagian selatan.

 

Selain orang2 dari Jazirah Arab, orang2 dari anak benua India pun memiliki tampilan fisik yg beragam tergantung darimana asalnya. Ada hal yg menarik, bahwa secara umum ada perbedaan fisik yg sama berdasarkan geografis. Org India yg berasal dari selatan ( tamil, kerala dll) cenderung berkulit gelap & pendek, sedangkan dari utara semisal, punjab, kashmir dll relatif putih & tinggi.  Bintang2 film Bollywood rata2 adalah org2 dari daerah bagian utara ini.
( ingat, raja sinetron di negeri kita adalah keluarga punjabi, yg berasal dari bagian utara India)

Dalam cerita pewayangan yg berasal dari India, kita kenal para tokohnya berhidung mancung, berkulit putih & tinggi. Sedangkan tokoh antagonisnya spt Rahwana, berkulit gelap dg wajah yg menakutkan. Ngobrol2 dg teman org India, ia bercerita kisah2 tsb berasal dari India bagian utara (Aria) yg saat itu bermusuhan dg kerajaan di bagian selatan, sehingga tokoh antagonisnya adalah gambaran org di bagian selatan. Org2 India bagian selatan spt Tamil, kerala, ternyata punya versi cerita yg lain lagi dg Rahwana sbg pahlawan nya ..:-))

Negeri kita sejak lama telah menjadi tempat migrasi orang berbagai bangsa, termasuk dari anak benua India. Kalau kita perhatikan bentuk fisik ada sebagian etnis yg memiliki tipikal fisik spt org dari anak benua tsb khususnya di pulau sumatera, (coba ingat2 mungkin ada teman kita yg punya tipikal fisik spt mereka :-)). cerita wayang yg begitu populer di negeri kita berasal dari sana.

sempat ngobrol2 dg teman dari India sy diceritakan sedikit sejarahnya.
Orang India yg kebanyakan dulu bermigrasi ke Indonesia juga ke Malaysia dan Singapore, adalah kebanyakan org India selatan dari daerah Tamil yg selain bermigrasi sendiri juga dibawa oleh kolonial Inggris dan Belanda utk dipekerjakan di berbagai perkebunan karet, teh dan tambang tembaga di Malaysia. Sebagai contoh di sumatera utara dimana dulu banyak perkebunan inggris, di kota medan dikenal kampung keling, tempat komunitas India, Sebagian lagi datang sebagai pedagang (misal pedagang kain di pasar baru jakarta).

banyak kenal org India disini, sy akhirnya bisa membedakan tipikal khas fisik mereka,yg secara umum terbagi dua, dari bagian selatan dan utara, dari bagian selatan relatif berkulit gelap, pendek, sebaliknya dari bagian utara berkulit cerah, tinggi dan berhidung mancung,
Kalau kita nonton film bollywood, para artisnya kebanyakan berasal dari daerah utara, salah satu tempat yg dikenal indah dan org2 nya bertampang menarik ialah daerah kashmir india utara.
Begitu pula halnya dalam cerita wayang, tokoh2nya kebanyakan dari daerah utara, sesuai dg gambaran fisiknya, berkulit cerah, hidung mancung dll, dalam kisah Ramayana tokoh antagonisnya, Rahwana berasal dari daerah selatan, sesuai pula dg tipikal fisik nya.
Ada hal menarik saat ngobrol dg seorang teman dari Srilanka ( negeri alengka dalam kisah ramayana), di daerah mereka dan umumnya india selatan, tokoh Rahwana adalah tokoh pahlawan bukan antagonis. Cerita pewayangan nampaknya berasal dari daerah utara, karena tokoh2 dan tipikal fisiknya sesuai dg daerah tsb, selain itu sungai gangga yg jadi salah satu bagian cerita berada di India utara.

mengenai pewayangan, unik sekali org kita karena menciptakan karakter2 baru yg khas tipikal org indonesia, spt semar, gareng, cepot dll , ( tapi agak unik dg karakter petruk karena hidungnya mancung, yg bukan tipikal org kita ??,,;-))

Kebanyakan yg bermigrasi ke Indonesia dulu, dibawa bekerja di perkebunan inggris dan belanda, adalah dari India selatan, daerah ini terbagi dua, daerah Tamil di bagian timur dan Kerala di bagian barat, Org2 Kerala biasanya bermigrasi ke bagian barat pula, timur tengah, afrika selatan, eropa, amerika dll., sedangkan org Tamil di bagian timur bermigrasi ke timur pula, Malaysia, singapore, Indonesia, bahkan sampai ke kepulauan Fiji di samudra Pasifik sana.

Selain itu ada juga migran pelarian dari pulau andaman dan nikobar di tengah samudra Hindia, kedua pulau ini dulunya dijadikan Inggris sebagai tempat pembuangan para kriminal. Nah sebagian mereka ada juga yg melarikan diri ke arah timur, mungkin sampai pula negeri kita

Selain yg bermigrasi dibawa Inggris dan Belanda dulu, ada juga yg bermigrasi karena perdagangan, biasanya kasta dan pendidikan nya lebih tinggi dan berasal dari bagian utara spt Punjab, Mumbay dll. Mereka ini lah yg banyak jadi laywer di Singapore & Malaysia dan jadi pebisnis tekstil dan pakaian ( spt pasar baru jakarta) atau pengusaha film di Indonesia spt keluarga punjabi. Migran dari kalangan terdidik tsb ada juga dari mereka yg jadi ulama pendakwah agama Islam,

Di Malaysia, migran dari India yg beragama Islam dikenal dg nama kaum mamak, mereka org2 terpelajar, jadi ulama dan politisi. Salah satu yg terkenal ialah mantan PM Mahathir Muhammad.

Jejak migrasi org2 India tsb ke negeri kita, tampak pula dalam pengaruh budaya kuliner, khususnya di daerah sumatera bagian utara. Roti cane makanan yg terkenal di Aceh, medan, dan Malaysia, berasal dari sana, bentuk lain dari parota India, Cane atau Cenai adalah ibukota negeri Tamil, bahkan di Aceh ada daerah namanya kutacane.
Di sumatera barat kalau kita simak, banyak makanan yg memiliki kemiripan dg masakan dari India spt gulai rendang yg ada kemiripan dg mutton curry, di bukttinggi ada makanan kecil berbentuk bulat yg bermana karak kaliang ( kaliang adalah istilah minang utk keling sebutan org India), ada juga yg namanya karupuak sanjai ( sanjai nama khas India). Kedua makanan kecil tsb saya temukan ada yg mirip pula dg makanan kecil di kuliner India.

Demikian cerita singkat mengenai migrasi org2 dari anak benua ke negeri kita, setelah sekian lama berbaur jadi bangsa setempat, mungkin juga ada sebagian jalur leluhur diantara kita yg sampai ke sana

kita harus saling mengenal antar bangsa sebagaimana dinyatakan dalam Al Qur’an , surat al Hujurat ayat 13 ;

Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal.
Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 05/09/2015 by in Blogroll.
%d bloggers like this: