Inspiring points

Reflective story from journey of life , Alam terkembang jadi guru

Falsafah pohon bambu

4-tunnel

Pohon bambu cina, pada masa awal pertumbuhan nya sangat lambat, selama 5 tahun pertama sejak ditanam. Meskipun kita sudah memberinya pupuk, menyiram nya dengan rajin, dan merawatnya dengan penuh perawatan, pohon tersebut hanya akan tumbuh setinggi 15-30 cm. Namun di tahun ke 5 dan selanjutnya kita bisa melihat, pohon bambu cina tersebut akan tumbuh cepat hingga tinggi menjulang lebih dari 30 meter.

Menurut penelitian para ahli ternyata selama 5 thn pertama pohon tersebut membuat akar yg sangat kuat. Fokus pertumbuhan pohon pada waktu tersebut adalah pada akar, bukan pada batang. Pohon bambu sedang menyiapkan pondasi yang kuat agar ia bisa menopang ketinggiannya yang berpuluh-puluh meter.

Bayangkan apa yang terjadi jika pohon bambu cina tidak mempunyai akar yang cukup kuat untuk menopang ketinggiannya? Sedikit tiupan angin saja akan membuatnya tumbang.

Ada pelajaran berharga dari pohon bambu tsb ;

Dalam hidup ini penting sekali untuk memiliki akar pondasi yg kuat, sehingga kita tak mudah goyah menghadapi tantangan masalah “badai” kehidupan.

Keyakinan hidup, agama dan ilmu adalah akar dalam menempuh hidup ini.
Keluarga, relasi, teman adalah juga “akar sosial” yg perlu kita perkuat, sehingga saat terjadi badai kehidupan kita memiliki banyak akar jaring yg akan menopang kita (social safety net)

Janganlah kita terlalu cepat mengambil kesimpulan bahwa apa yang kita lakukan selama ini sia-sia, tidak berguna, dan tidak ada hasilnya seperti yang diharapkan. Tetapi lihatlah, ternyata selama 5 tahun pertama sejak pohon itu ditanam, yang terjadi justru pohon tersebut akarnya bertumbuh dengan sangat kuat.

Jika anda seringkali mengalami kegagalan dan merasa koq jauh sekali dari kesuksesan yang anda impikan, bukan berarti anda tidak mengalami perkembangan. Justru anda sedang mengalami pertumbuhan yang luar biasa di dalam diri anda. Mental anda sedang ditempa dan dipersiapkan menuju kesuksesan anda. Sama halnya dengan pohon bambu cina tersebut.

Jika anda hanya mengharapkan sebuah hasil yang instan, apapun itu, nasib anda akan seperti pohon bambu yang tidak memiliki akar yang kuat. Sedikit goncangan saja, anda akan jatuh begitu kerasnya.

Jadi sekali lagi bersyukurlah dengan segala kemalangan dan kegagalan anda, anda akan memperoleh kekuatan karenanya.
Ingat. Allah tidak pernah tidur dan Dia Maha Mendengar dan Maha Melihat. Dia tahu apa yang telah kita lakukan dan tahu apa yang tidak kita ketahui. Yakin lah, Dia pasti memberikan yang terbaik bagi umatnya yang terbaik. 🙂

Subhanallah, alam terkembang jadi guru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 02/06/2016 by in horizon - insight.
%d bloggers like this: