Inspiring points

Reflective story from journey of life , Alam terkembang jadi guru

Hikmah aroma wangi

Dalam rangka silaturahmi saya sempat bertemu dg teman yg kerja di perusahaan pembuat essence, bibit pengharum utk makanan minuman & produk keperluan rumah tangga spt sabun dll (flavour & fragrance), dan diajak pula ke tempat kerja nya. Bayangan saya namanya pabrik pembuat pengharum/pewangi, pasti harum. Ternyata tidak juga, selain bau harum, ada tercium bau tidak sedap juga. 

Ia cerita pewangi/pengharum yg digunakan dalam produk sehari2 atau makanan, jumlah nya cukup sedikit saja konsentrasinya, sedangkan yg namanya biang pengharum (bibit) kalau dalam konsentrasi besar, malah tajam sekali bau nya, cenderung menusuk hidung, malah ada yg menimbulkan bau tidak sedap.

Terus ia jelaskan bahwa produk pengharum (essence) bisa dihasilkan juga dari produk yg tidak harum, rumus sederhana nya, material yg bau digabung material lain yg bau kemudian di olah secara kimiawi bisa menghasilkan material yg harum, mirip rumus matematika, minus kali minus jadi positif.

Maaf, manusia sendiri (janin bayi) tercipta dari perpaduan dua jenis “senyawa” yg tidak sedap juga bau nya. Perpaduan dua senyawa tsb setelah proses yg rumit akhirnya akan menghasilkan bayi yg harum bau nya..:-)) . Jadi benar juga adanya rumus unik tsb, senyawa tidak sedap baunya dicampur yg bau juga bisa menghasilkan senyawa baru yg harum. Manusia makhluk yg mulia sebenarnya berasal dari “material” yg hina, tidak pada tempatnya manusia utk sombong.

Jadi teringat tubuh manusia sendiri selain menimbulkan bau harum juga ada menghasilkan bau tidak sedap juga. Bunga yg wangi sekalipun, kalau sudah lama akan membusuk berbau juga. Manusia se harum apapun badan nya, kalau sudah meninggal (jadi mayit) akan tidak sedap bau nya.

Orang yg dipuja banyak orang, harum namanya, ternyata dibaliknya ada juga yg melakukan hal yg tidak baik, sehingga dalam sekejab bisa berubah jadi “busuk” namanya, dicaci maki banyak orang.

Ternyata harum dan bau, dua sisi aroma yg berlawanan sebenarnya adalah pasangan serasi yg berasal dari hal yg sama, seperti hal nya siang dan malam, kebaikan & keburukan dll.

Pelajaran menarik dari essence flavour & fragrance, alam terkembang jadi guru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 03/09/2016 by in Uncategorized.
%d bloggers like this: