Inspiring points

Reflective story from journey of life , Alam terkembang jadi guru

Kisah negeri timur tengah

Timur tengah selain terdiri dari gurun pasir juga memiliki tempat2 yg subur, dari peta jazirah arab, bagian tengah adalah gurun pasir dan sekeliling tepian nya adalah daerah subur, mulai dari Irak, Syam, Jordan, Palestina, mesir, madinah-mekah-yaman sampai ke Oman. 

Sejak jaman dulu daerah tsb adalah daerah tempat perlintasan peradaban dan perdagangan dunia karena letaknya yg berada di tengah2 berbagai benua (inter continental)

Kalau kita baca sejarah agama, para nabi2 dari agama samawi (Islam,kristen,yahudi) , diturunkan di tempat tsb, khususnya sejak nabi Ibrahim sampai nabi Muhammad. 

Sejak kecil dulu saya sering bertanya2, kenapa para nabi diturunkan di daerah tsb, kenapa misalnya tak ada nabi yg diturunkan di Bandung misal nya ? 

sebuah pertanyaan naif anak kecil yg sampai sekarang tak terjawab juga.

Setelah lama tinggal di negeri gurun pasir ini, saya mulai bisa memahami mengapa Allah banyak menurunkan nabi2 di daerah timur tengah ini dg mengamati dari kondisi alam nya.

1. Lokasinya berada di pertengahan perlintasan peradaban dunia, sehingga memudahkan agama utk tersebar ke berbagai penjuru dunia.

(misalnya kalau suatu agama diturunkan di salah satu pulau kecil di negeri kita, belum tentu agama tsb akan cepat menyebar jauh ke berbagai penjuru dunia)

2. Alam nya cenderung dataran terbuka, (jarang ada hutan lebat, gunung tinggi, lembah dalam sungai besar dll), sehingga memudahkan transportasi dan perpindahan penduduk. Para nabi mudah utk berdakwah & bepergian ke berbagai tempat, sehingga agama mudah tersebar.

3. Jarang ada hambatan cuaca alam yg cukup lama semisal hujan, banjir atau musim salju dll. badai pasir terjadi di gurun pasir hanya pada waktu tertentu saja. Cuaca panas ekstrim terjadi bbrp bulan saja, juni-agustus, saat lain cuaca sejuk, sejak dulu manusia masih bisa beradaptasi dan menghadapi cuaca panas tsb dg teknologi yg ada atau dg berpindah tempat (nomaden)

Karena hal2 tsb, para nabi tak banyak mendapat hambatan cuaca alam yg berat utk menyampaikan dakwah agama nya.

4. Area tsb (timur tengah) sejak dulu jarang ditimpa bencana alam besar spt gempa bumi, gunung meletus, banjir besar, tsunami dll. Karena jarang hujan, bangunan pun tak rusak/lapuk oleh air, bencana yg sering terjadi seperti badai pasir, cenderung tak begitu merusak.

Karena hal2 tsb, peninggalan peradaban lama bisa terjaga dari dampak alam, semisal Kabah di Mekah yg konon telah berusia 4000 thn sejak dibangun nabi Ibrahim. Begitu juga peninggalan2 lama di sekitar baitul aqsa/betlehem, palestina

Sehingga sampai sekarang umat beragama masih bisa menyaksikan nya, tak sampai rusak karena gempa bumi atau tertimbun bencana gunung meletus misalnya.

Demikian sekedar pengamatan saya thd alam gurun pasir disini yg sedikit cukup bisa memberikan jawaban, mengapa para nabi banyak diturunkan di daerah ini. Mungkin ada yg salah juga pendapat sy mohon di koreksi.

Hakikatnya ini semua adalah kehendak Allah semata, Allah maha tahu dan maha bijaksana dg semua kehendak & ketentuan nya, wallahu a’lam,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 03/09/2016 by in Uncategorized.
%d bloggers like this: