Inspiring points

Reflective story from journey of life , Alam terkembang jadi guru

Reuni, membuka cerita lama


Waktu reuni sma dari berbagai angkatan sejak lulusan thn 1960-an sampai era 2000-an saya ada bertemu juga angkatan senior sdh kakek nenek usia 70-an, ternyata kalau ngumpul2 lagi dg teman2 masa mudanya, kelakuan nya jadi spt anak muda lagi, nenek2 pun bisa jadi genit kembali 😊

Dalam bahasan psikologi yang muncul saat reuni adalah “Ego State” masa lalu saat usia itu. Kalau reuninya reuni SMA, maka state SMA-lah yang muncul. Kadang terkesan kurang pas karena tidak sesuai antara perilaku dan “casing”-nya yang sudah berumur (Yeti Widiatii , ahli psikologi)

Dengan bertambah usia sebenarnya otak kita bagai lemari besar yg menyimpan memori pengalaman hidup sejak masa kecil, muda, dewasa,tua. Memori2 bawah sadar tsb akan terbangkitkan kembali klu ada pemicunya spt bertemu teman lama, mendengar lagu lama,datang ke tempat lama dll. Begitu pula trauma pengalaman buruk bisa terbangkitkan juga spt pengalaman sakit hati, patah cinta, kegagalan bisnis, kena tipu dll. 

Ada hal yg unik bahwa pengalaman pahit di masa lalu malah bisa jadi hal yg menyenangkan, kita bisa tertawa bersama teman saat mengingat pengalaman pahit di masa lalu krn telah berlalu, semisal kisah cinta monyet yg ditolak 😂

Pengalaman2 hidup yg terekam dlm memori otak bawah sadar manusia hakikatnya akan tercatat juga dlm catatan malaikat yg mengawasi kita selama hidup ini dan catatan itu semua baik & buruk nya, kelak di akhirat akan ditunjukkan lagi pada tiap manusia utk dipertanggungjawabkan.

Semoga catatan amal kebaikan kita lebih banyak daripada catatan keburukan, semoga dosa2 kita dimaafkan, dihapuskan catatan kelakuan jelek kita , amin

Memori alam bawah sadar yg sering terbangkit kembali saat acara reuni sekolah adalah memori saat kita menyukai seseorang di masa muda dulu.Walau saat kita bertemu kembali saat ini penampilan fisik telah berubah, namun memori perasaan tsb masih tersimpan.
Ini adalah pelajaran menarik mengenai takdir kehidupan betapa tak selalu apa yg kita inginkan adalah yg terbaik bagi kita,Allah maha tahu yg terbaik. Tak ada yg namanya kegagalan cinta yg ada hanyalah perjalanan nasib dan suasana hati yg selalu berubah. 

Rasa cinta adalah permainan hati sesaat yg berubah dg berjalan nya waktu. Coba bayangkan seseorang yg membuat kita mabuk kepayang saat muda dulu dan bertemu lagi saat ini dlm usia tua, penampilan tidak menarik lagi, apakah masih ada rasa cinta setengah mati tsb ?. Tak ada yg abadi di dunia ini termasuk rasa cinta sesaat tsb. 

Dalam psikologi dikenal bbrp jenis rasa cinta: cinta eros (nafsu), filia (kasih sayang) dan agape/passion (cinta tanpa syarat)

Perjalanan usia mengajarkan kita ttg makna cinta yg lebih tinggi & bermakna lagi; cinta pada kluarga, cinta pd kebaikan,cinta pada negeri, cinta pada Allah & Rasul nya. Keberhasilan hidup dg bertambahnya usia ialah bila kita bisa menemukan makna cinta yg lebih tinggi tsb, cinta Illahi, subhanallah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 03/09/2016 by in Blogroll.
%d bloggers like this: