Inspiring points

Reflective story from journey of life , Alam terkembang jadi guru

Hikmah dari penjelajahan sepeda melintas bukit & lembah


Dalam perjalanan sepeda melintasi daerah pegunungan, yg melintasi bukit dan lembah. Perjalanan mendaki gunung atau bukit sungguhlah berat. Kita sering melihat ke puncak bukit terbayang beratnya perjuangan jalan mendaki ini dan berharap cepat sampai ke puncak sana. Mengayuh sepeda mendaki bukit sungguh berat, seringkali di tengah perjalanan, saat tubuh merasa lelah, ingin berhenti saja atau balik kembali. Diperlukan semangat & kegigihan yang tinggi untuk terus melanjutkan perjalanan walau berat.Setelah dengan perjuangan berat bahagia sekali sampai ke puncak, disana terhampar pemandangan alam yg indah, rasanya pupus rasa lelah saat mendaki tadi saat menikmati keindahan alam di puncak bukit.


setelah itu dikira jalan akan menurun terus, namun ternyata setelah menuruni lembah kemudian kita akan menemui lagi bukit lain nya yang lebih tinggi, serasa putus asa kita harus mendaki lagi, setelah turunan ada tanjakan lagi. bak kata pepatah di balik gunung yg tinggi ada gunung yg lebih tinggi lagi, jangan sombong & merasa puas sudah mendaki sampai puncak, akan ada puncak lain nya, perjuangan masih berlanjut jangan putus asa. Perjalanan sepeda lintas alam tsb, bisa di analogikan juga dg perjalanan hidup ini, yg tak hanya datar tapi juga penuh dengan tanjakan (masalah, kesulitan hidup) dan turunan (kesenangan hidup). 

Para pesepeda pasti lebih menyukai jalan menuruni lembah daripada mendaki bukit, namun justru lebih banyak yang mengalami kecelakaan bersepeda saat jalan menurun, daripada jalan mendaki. Saat jalan turun pesepeda cenderung ngebut dan kurang pengendalian diri, sehingga banyak yang celaka. Sedangkan saat jalan menanjak cenderung lambat dan penuh perhatian. Hikmah nya dalam perjalanan hidup ini, orang lebih banyak yang celaka, berbuat kesalahan saat dalam suasana kesenangan dibanding saat dalam kesusahan, saat senang orang cenderung lupa diri & kurang perhatian. 

Itulah salah satu hikmah penjelajahan bersepeda, berikut beberapa hikmah lain nya ;

1- Perjuangan hidup itu berat, diperlukan kegigihan dan semangat tinggi untuk menghadapi nya, putus asa, patah semangat di tengah jalan tidak menyelesaikan masalah, hanya membawa kesengsaraan.

2-Setelah berhasil mencapai puncak bukit, anda akan menemui pemandangan alam yg indah. Setiap keberhasilan dari suatu perjuangan berat, anda akan mendapatkan kebahagiaan.

3-perjuangan hidup tak ada habis nya, jangan puas bila telah berhasil menyelesaikan suatu masalah, masalah lain akan tiba juga kelak, jangan putus asa, bersabar lah 

4-Jangan sombong dengan suatu keberhasilan, masih banyak masalah lain nya. jangan sombong kalau berhasil melibas tanjakan, nanti akan ada tanjakan lain nya

5-Untuk berhasil dalam perjalanan jauh melintasi gunung dan lembah, perlu kegigihan dan daya tahan, begitu pula dalam perjalanan hidup ini perlu kegigihan, endurance dan tak mudah putus asa

6-Selama hidup di dunia, kita akan selalu menemui masalah kehidupan, hanya kematian lah yg mengakhiri nya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 02/07/2017 by in Blogroll.

Navigation

%d bloggers like this: