Inspiring points

Reflective story from journey of life , Alam terkembang jadi guru

Filsafat bola biliard

 biliard1.jpg

Di tempat kerja, ada kegiatan pertandingan olahraga dan seni, yg diadakan dalam rangka ulang tahun perusahaan, tiap bagian harus mengirimkan perwakilan nya, di bagian saya  karena orang nya sedikit, akhirnya saya ikut juga berpartisipasi dalam pertandingan tersebut, salah satu yg dipertandingkan ialah ketangkasan memasukkan bola sodok atau dikenal dg billiard, sehingga saya pun terpaksa belajar main juga sedikit demi sedikit. 

Image selama ini , aktivitas ketangkasan billiard, cenderung negative, sebagai bagian dari aktivitas dunia malam atau dugem istilahnya. Tapi kita main nya di tempat fasilitas olahraga yg tersedia di tempat kerja , bukan tempat umum. 

Ternyata ada beberapa hal yg menarik juga daripada olahraga billiard ini, selain melatih ketangkasan, juga melatih strategi dan logika. Bola yg akan kita masukkan ke lubangnya, perlu perhitungan  juga agar berhasil, untuk membuat arah bola yg tepat kita perlu membuat perhitungan sudut , tenaga pukulan dan kecepatan moment bola tsb, jadi teringat lagi ilmu geometri matematika dan fisika momentum , jaman sma dulu. 

Menarik juga bola yg akan kita tembak, bisa jadi tak masuk ke lubangnya, tapi menghantam bola lainnya, sehingga bisa jadi  malah bola lain yg tak diperkirakan sebelumnya yg malahan masuk. Seperti hal nya dalam kehidupan kita sehari hari, kita mengalami kegagalan dalam mencapai tujuan kita, tapi tanpa diduga, dari kegagalan itu kita malahan sebuah keberuntungan yg tak terduga sebelumnya (blessing is disgue istilah asing nya ) , karena itu janganlah selalu memandang negative sebuah kegagalan, kalau kita bisa berpikir positif, siapa tahu ada hikmahnya di balik kejadian tsb. Jalan nasib tak bisa diduga kemana larinya, tapi kita bisa berencana dan berusaha kemana mengarahkan nya.

Dalam bermain billiard bola yg kita sodok akan mendorong bola lain atau memantul pada dinding meja, strategi pantulan bola adalah salah satu teori dasar nya. Tambah keras kita menyodok , akan keras juga pantulannya, begitu juga sebaliknya. Istilah fisikanya selalu terjadi kesetimbangan energi di alam ini, orang China menyebutnya dalam istilah yin & yang, orang India mengistilahkan dg hukum karma, dalam ilmu fisika dikenal dg istilah hukum kesetimbangan energi, tak ada energi yg terbuang percuma di alam ini. 

Begitu pula lah halnya dalam kehidupan ini, ada kesetimbangan pula, kalau kita berbuat baik pada orang lain, orang lain pun akan berbuat baik pada kita, begitu pula sebaliknya. Kalau kita bersikap keras, begitu pula sikap orang pada kita, kalau kita lembut pada orang lain, orang lain pun akan lembut pada kita, kalau kita sering curang, culas atau sikap jelek lain nya, suatu saat kita pun akan terkena sendiri akibat nya. Orang lain akan bersikap bagaimana pantulan persepsi diri kita yg terkena pada orang lain. Kalau kita selalu positive thinking pada orang lain, wajah pun akan selalu cerah, dan begitu pulalah orang pada kita. Tapi kalau kita penuh negative thinking, selalu curiga pada orang lain, orang lain akan merasakan semacam aura jiwa yg negatif pula, yang akan memberikan dampak pada sikapnya terhadap kita. Aura jiwa seseorang bisa terlihat pada sorot mata, raut wajah dan gaya berbicara nya.

Kalau kita mendapatkan uang dengan cara yg tidak benar, baik dengan mencuri, korupsi atau kecurangan lain nya, mungkin memang, harta kita bertambah, tapi tanpa disadari kita akan mengalami kerugian dari sisi lain, uang cepat habis atau kita mengalami kecelakaan misalnya dan kejadian2 negatif lain nya yg membuat kita harus mengeluarkan uang lebih banyak lagi, setidaknya hati yg gelisah membuat uang cepat habis atau tak berguna jadinya. 

Seorang ayah yg mendapatkan uang secara haram, kemudian uang tersebut diberikan pada istri dan anaknya, lihatlah suatu saat kelak, anaknya bisa jadi anak nakal, istrinya jadi wanita yg menjengkelkan, atau bisa jadi keluarga kita ada yg sakit parah dll.  Istilah kasarnya uang panas / haram, akan memberi dampak negatif pada orang/keluarga bersangkutan, dengan berbagai cara. 

Dari kenyataan sehari-hari bisa kita buktikan sendiri, hal ini menggambarkan bahwa hukum kesetimbangan alam, berlaku dalam segala hal. Pada sisi lain, rizki yg halal, walau sedikit tapi bisa membawa berkah untuk anak istri kita, keluarga bisa bahagia dg rizki yg ada tsb. Uang yg bersih dan nyaman, akan membawa ketenangan batin pula. Dalam kaidah agama banyak dinyatakan hal2 spt itu.  Memberi anak istri makanan dari harta yg haram, dikatakan bagaikan memasukkan “api neraka” pada perut mereka, yang akan tampak dalam bentuk kelakuan jelek2 dan penyakit. 

Harta yg halal dan berkah, akan membawa kebaikan. Kalau kita bisa bersyukur dg rizki yg ada, maka rizki kita pun akan bertambah dari berbagai sumber lain nya yg tak terduga.  Janganlah merasa khawatir bila kita dirugikan, karena akan ada timbal balik ganti kebaikan nya kelak, begitu juga jangan merasa senang sudah mendapatkan sesuatu dengan cara yg tidak benar (curang ) karena suatu saat kelak, akan terlepas lagi apa yg kita dapatkan tersebut, hukum kesetimbangan alam, selalu berlaku, hanya masalah waktu saja yg membedakan nya.

Sadarilah berbagai perilaku kita yang tidak baik, akan berbalik pada kita sendiri juga, seperti menyakiti hati orang lain, suatu saat kelak kita akan merasakan disakiti hati oleh orang lain, kita menjelekkan orang lain atau memfitnah orang lain, suatu saat pun kita akan dijelek2 an, difitnah pula, bila kita menganiaya atau mengkhianati orang lain, sadarilah suatu saat kelak kita pun akan dianiaya atau dikhianati orang lain pula. Seorang laki2 yang suka mempermainkan wanita, sadarilah suatu saat kelak bisa jadi istrinya atau anak perempuan nya akan dipermainkan orang lain pula. Bila kita senang menipu orang lain atau mendapatkan sesuatu secara curang, suatu saat kelak kita pun akan ditipu atau di curangi oleh orang lain. Pokoknya apapun kejelekan, ketidak baikan yg kita lakukan, walau tak diketahui sekalipun akan ada balasan nya pada kita kelak, dalam berbagai bentuk lain nya, kalaupun tidak di dunia ini, di akhirat kelak lah balasan nya.

Kembali ke permainan Billiard, ada juga jenis permainan billiard yg disebut dg istilah 9 bola ( nine ball ), hanya ada 9 bola yg disodok dari nomer terkecil sampai terbesar, yg pertama memasukkan bola 9 lah yg menjadi pemenang nya. Bisa jadi ada pemain yg bisa memasukkan semua bola, tapi kalau lawan nya bisa memasukkan bola no 9, ialah yg jadi pemenang. 

Dalam perjalanan hidup ini, ada saat yg menentukan, seperti saat kematian kelak, nasib seorang manusia di akhirat kelak, tergantung juga bagaimana keadaan nya saat meninggal dunia, apakah berada dalam kebaikan atau kejahatan/dosa. Ada orang yg banyak melakukan amal kebaikan, tapi ternyata pada saat menjelang akhir hayatnya ia melakukan dosa /kejahatan,maka merugilah ia.

Masa akhir yg baik, di istilahkan dg husnul khotimah, yg perlu selalu kita doakan, agar kebaikan yg kita lakukan selama ini , tetap bisa berlangsung sampai akhir hayat kelak, dan kita dijauhkan  dari kesesatan, sebab perjalanan amal dalam kehidupan ini bagai lembah dan bukit, ada naik dan turunnya, ada saatnya kita senang melakukan kebaikan, ada saatnya pula kita malas, atau ingin melakukan kenakalan2 kecil sampai kejahatan besar, karena setan  selalu setia menggoda kita sepanjang hayat, tak bisa ia goda sekarang, ia akan terus menggoda sampai akhir hayat kelak.   

Janganlah kita merendahkan orang lain yg menurut kita lebih rendah kelakuan atau amalnya dibanding kita, sebab bisa jadi di akhir hidupnya ia jadi orang yg lebih baik daripada kita, atau bahkan kita pun tak tahu seperti apa kelakuan kita saat akhir hayat kelak ?  Berdoalah agar selalu berada dalam kebaikan, lindungan Illahi dan mendapatkan kebaikan sampai akhir kelak ( husnul khotimah ) .

Ternyata banyak hikmah nya juga permainan billiard tsb, tapi harus disadari pula, bahwa ini hanya sekedar permainan belaka, janganlah sampai menghabiskan waktu sia sia, karena permainan sifatnya membuat kita terlena dan bisa menjadi semacam ketagihan. Jangan kelamaan dan terus menerus terjebak dalam permainan tsb, saya juga hanya sekali2 saja saat pada kegiatan bersama, tidak menjadi agenda hidup yg penting.  

Bermain adalah naluri manusia, walau sudah tak muda lagi, ia tetap senang bermain, dalam bentuk permainan yg mungkin beda dg permainan anak kecil.  Ada sebagian orang dewasa yg begitu kecanduan dg permainan atau hobby nya, seperti memancing, ngutak2 ngatik kendaraan, main musik,nonton bola dan berbagai bentuk hobby lainnya. Saking kecanduan nya , ia malah menyepelekan hal2 lain nya spt keluarga dll. Ia terbenam dalam kesenangan pribadinya, menjadi egois, tak mau peduli pada orang lain bahkan keluarga nya dan yang paling merugikan ialah bahwa ia telah menyia nyia kan waktu hidupnya yg berharga, untuk hal yg tak bermanfaat. 

Secara psikologis, orang yg sudah kecanduan dg suatu permainan atau hobby, akan sangat mementingkan hal tsb, sebab bila tak bermain ia akan merasa bagaikan haus dahaga, bagai orang ketagihan.

Dan disinilah strategi setan bermain pula, membuat kita terjebak untuk menghabiskan waktu dalam permainan  dan melupakan hakikat sebenarnya mengapa kita diberi kesempatan hidup di dunia ini oleh Allah swt. 

Waktu kehidupan yang hanya sekali kita lewati, adalah begitu berharga, isilah sebaik mungkin, setiap waktu penuh makna, tak ada yg berlalu sia sia, walau dalam bentuk permainan sekalipun, isilah permainan dg penuh makna pula..

8 comments on “Filsafat bola biliard

  1. dedi
    05/12/2007

    wah terima kasih atas pelajarannya, bolehkah artikel ini saya muat dalam forum pak ?
    cuman sekedar minta ijin saja, dan ini adalah artikel bagus, pemikiran filsuf, dr hal kecil bisa dimaknakan menjadi sesuatu yg berguna bagi orang sekitar.

    Salam

  2. hdmessa
    05/12/2007

    sama2 pak Dedi,
    terima kasih atas kunjungan dan komentar nya.

    silakan saja di muat di forum nya,
    semoga bermanfaat

    salam
    hm

  3. Rama
    01/01/2008

    Betul sekali penjelasanya, bermain boleh saja asalkan ingat waktu utk sholat,keluarga dan pekerjaan, dunia ini hanya sementara jd jng sia-siakan hidup.Terimakasih..

  4. hdmessa
    01/01/2008

    terima kasih comment nya pak Rama

    salam
    HM

  5. nanda
    29/04/2008

    thank for the info…sangat berguna bangeet, aku pake di FS yah…karena aku suka dan hobi bangety dengan olah raga ini…i’m fan of MIka IMONEN

  6. hdmessa
    29/04/2008

    sama2 Nanda,
    terima kasih kunjungan nya

    mudah2 an bisa banyak dapat hikmah juga dari permainan biliard nya

    salam

  7. reza
    19/10/2008

    saya baru baca dan saya memang hobi dgn bola biliar, sangat filosofis sekali…memberi saya semacam inspirasi..saya bisa lupa waktu kalau sudah bermain biliar dgn kawan2…tapi semoga bisa berubah dgn motivasi dari ini..thx hd messa

    salam.

  8. hdmessa
    19/10/2008

    terima kasih kunjungan dan comment nya Reza,
    senang juga nih dg yg suka main billiar, saya sekali2 saja mainnya, jadi tak begitu mahir juga..

    syukur lah ada manfaat nya, selalu ada hikmah dari semua rangkaian aktivitas kehidupan ini

    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 20/08/2007 by in Contemplation.
%d bloggers like this: