Inspiring points

Reflective story from journey of life , Alam terkembang jadi guru

Sekolah terbaik & doa ibu

Pada saat ramai orangtua sibuk mendaftarkan anak2 nya ke sekolah, smp & sma, jadi teringat juga saat saya masuk sma dulu, yg menurut saya bagaikan sebuah keajaiban😳.

Dulu saya sekolah di smp pasundan 1 dekat alun2 Bandung, smp swasta yg tidak seterkenal smp lainnya, walau telah berdiri sejak tahun 1935.

Saat itu saya tinggal di pemukiman padat masuk gang. Saat kelas 3 smp dulu, terbayang mau masuk sma negeri yg biasa2 saja dekat smp, begitulah anak2 yg tumbuh di lingkungan marjinal, mimpi masa depan nya, biasa2 juga gak jauh2 amat.

Saat itu saya sering naik sepeda keliling kota, sekali waktu main ke taman lalu lintas lewat jl belitung dimana berada sma elit kota Bandung, sma 3 & 5, kita pun berhenti sebentar sambil lihat anak2 sma yg lagi istirahat. Teman saya bilang ;

“Ndra, itu tuh sekolah paling elit se Bandung hanya anak2 orang kaya yg pinter bisa masuk kesana, anak2 spt kita mah ( kaum marjinal) mustahil masuk ke sana, jangan ngimpi lah”.

Saya hanya ngelamun terpana melihat anak2 sma kasep & geulis berpakaian rapih dan gedung sekolahnya yg besar, gedung tua peninggalan jaman belanda, yah mustahil bisa kesana.

Saya yg sekolah di sd dan smp dg pergaulan dg sebagian teman2 yg adalah anak2 kalangan marjinal kota, anak supir, tukang becak, pegawai rendahan dll, terbawa dalam pola pikir yg marjinal juga, kalau sekolah yah sekolah yg biasa2 juga, nanti pun kerja yg biasa2 juga spt kerjaan bapak2 nya, jangan bermimpi utk bisa masuk dalam kalangan elit orang2 kaya yg pintar & hebat. Saat menjelang kelulusan kelas 3 smp, saya sudah mulai melihat pilihan bbrp sma negeri dan alternatif sma swasta yg mungkin bisa dimasuki tak beda jauh dg pilihan teman2 lain nya.

Karena tinggal di jalan gang yg padat saat malam menjelang ujian akhir saya gak bisa belajar tenang, di luar ngumpul anak2 kampung main gitar bareng, ribut pisan, tapi yah gemana lagi, mereka gak bisa di usir krn memang itu daerah tempat main mereka.

Saat ujian, pertanyaan2 saya jawab sebisanya, agak kurang yakin juga. Saat pengumuman hasi ujian, semua murid mendapatkan hasil ujian akhirnya, kecuali saya yang dipanggil ke ruang kepala sekolah, wah ada apa yah kaget juga ?.

Di ruangan kepala sekolah tiba2 kepala sekolah menyalami saya, selamat yah Hendra, saya pun bingung ada apa ?.

Ia bercerita nilai ujian saya ( NEM saat itu), nilainya tinggi sekali, diperiksa bbrp kali oleh guru2 lain nya termasuk dari smp negeri yg dkt. Saya sempat dicurigai juga apa sy curang atau dapat bocoran soal ujian yg marak saat itu ?. Guru2 pun sempat merapatkan nya dan akhirnya disepakati hasil itu memang benar adanya. Saya pun kaget tahu nilai ujian yg tinggi tsb, perkiraan saya hasil nya biasa2 saja karena saat ujian tak begitu yakin juga.

Kepala sekolah tanya saya, kamu mau daftar ke sma mana ?

Saya bilang ke sma negeri yg dkt saja, sma 7 atau 11.

Ia bilang, kalau nilai ujian setinggi ini mah, sekalian saja daftar ke sma3 Bdg.

Saya pun kaget, karena gak kebayang mau masuk ke sma paling elit tsb. karena saran kepala sekolah saya mengikutinya.

Kepala sekolah pun bilang, biar nanti diantar guru untuk daftar kesana. Saat bilang ke orangtua sy mau daftar ke sma3, agak kaget juga, tapi setuju saja klu sesuai saran kepala sekolah.

Akhirnya saya mendaftar ke sma3 diantar oleh guru & orang tua. Masuk ke gedung sma3, bangunan tua peninggalan jaman belanda, saya serasa mimpi saja, dulu hanya bisa lihat dari jauh, sekarang sy bisa masuk ke dalam nya, alhamdulillah.

Sampai beberapa waktu lamanya saya masih kaget & heran, bisa masuk ke sekolah paling elit se Bandung, bahkan se jawa barat ini.

Lama saya baru tahu setelah ngobrol2 dg ibu, ia berkata selalu mendoakan yg terbaik utk anaknya, termasuk mendoakan agar berhasil masuk sekolah yg terbaik. terharu hampir menangis saya mendengarnya, masya Allah, keajaiban ini terjadi karena doa ibu. Terima kasih ibu 😭.

Mulai masuk sekolah, saya agak kaget juga bergaul dg teman2 baru anak2 pinter, anak2 orang kaya, pejabat dll, beda sekali dg teman2 main saya di sd & smp yg banyak berasal dari kalangan marjinal. Saya mengalami semacam culture shock karena perbedaan strata sosial tsb. Ternyata murid2 nya tak hanya dari Bandung saja banyak dari luar kota ; garut, tasik, sukabumi, bahkan ada juga dari luar jabar, luar pulau jawa. Rasanya anak2 pinter se Indonesia ngumpul disini, tambah minder saya.

Sebulan kemudian sudah ada ujian awal/ulangan, minta ampun soalnya susah sekali, tambah kaget lagi waktu nilai ujian awal di umumkan, nilainya ; 1.5, 2.6, 4, hanya sebagian kecil yg dapat nilai diatas 6. Semua murid kaget biasa di smp dapat nilai bagus 7, 8, 9 paling jelek juga 6, ini dapat nilai di bawah 5, kaget sekali. Saya sendiri dapat nilai 2,3 , belum pernah sepanjang sekolah dari sd sampe smp dapat nilai spt itu. Malu deh bilang ke orangtua 😔. Saya yang merasa paling pinter waktu smp, disini rasanya gak ada apa2 nya deh.

Rasa senang masuk sma hebat tsb hanya terasa 2 bulan saja, setelah itu beratnya pelajaran, ujian dan berbagai kegiatan membuat stres juga ditambah lagi dg culture shock karena memasuki lingkungan dengan strata sosial yg lebih tinggi tsb.

Jadi klu ada teman yg memuji sy hebat bisa masuk sma3, hanya tersenyum saja, tak tahu mereka betapa sebenarnya sy “tersiksa” di sekolah hebat tsb. Tapi memang dengan cara spt itulah pencarian ilmu & pembentukan karakter berlangsung, alhamdulillah. Sebaliknya kalau sekolah gampang, yah gampangan juga hasil nya. Satu sekolah dengan anak2 pinter, dari kalangan atas (berpendidikan, pejabat, kaya), membuat saya agak minder. Walau banyak teman perempuan yg geulis & pinter, saya sampe gak berani naksir 😔

Karena beratnya pelajaran saat itu saya sering sakit kepala migren, terus di bawa orangtua ke dokter dan disarankan konsultasi dg psikolog, benar ternyata saya kena stress dan disarankan oleh psikolog tsb utk banyak kegiatan lain di luar kelas spt ikut pramuka, pencinta alam juga menuliskan apa yg dirasakan, jangan dipendam saja.

Aneh juga saat itu kalau mau ujian matematik, fisika atau kimia tiba2 sakit kepala, tapi kalau baca buku agama, ikut pengajian jadi sembuh sakit kepalanya, saat itulah saya mulai sering ikut pengajian. Karena disarankan banyak kegiatan di luar kelas, saya sering jalan dg teman2 pramuka dan pencinta alam sma ke pegunungan seputaran Bandung. Ternyata banyak pelajaran juga bisa diraih di alam terbuka, alam terkembang jadi guru kata pepatah minang. Pelajaran yg saya dapatkan dari pengajian belajar agama juga pelajaran saat bertualang ke alam terbuka, ternyata ilmu nya lebih dalam dan lebih berharga daripada pelajaran di ruang kelas. Pelajaran matematik, fisika, kimia di ruang kelas dulu, mungkin sekarang sudah lupa, tapi ilmu agama dan renungan dalam penjelajahan alam saat masa sma dulu, sampai sekarang masih teringat dan bermanfaat, alhamdulillah. Pelajaran berharga dari pengembaraan di alam terbuka tersebut bermanfaat juga dalam dunia pekerjaan yg melatih kita memiliki mental yg kuat, gigih pantang menyerah. Dalam dunia profesi saya telah bekerja di berbagai perusahaan di tempat yang beragam pula, mulai dari tengah kota yg padat, sampai ke atas gunung bahkan jauh sampai ke tengah gurun pasir. Di berbagai lokasi kerja tsb, pelajaran berharga saat penjelajahan alam dulu, terasa manfaatnya. Saat bekerja di gurun pasir Abu dhabi di luar jam kerja saya sering juga melakukan pengembaraan ke gurun pasir, alhamdulillah.

Dari pengalaman pengembaraan di alam tersebut saya menemukan ada tempat menuntut ilmu yg lebih hebat daripada sekolah2 hebat yg banyak di cari orang, yaitu di alam. Alam terkembang jadi guru, belajarnya sepanjang masa, doa ibu menyertainya, subhanallah.

8 comments on “Sekolah terbaik & doa ibu

  1. Andi
    21/06/2019

    Baru tahu saya Pak, pak Hendra masa kecilnya di bandung, saya kira perantauan..hehe

    Dari cerita tsb ada 3 peran yg sangat punya pengaruh
    1. Ibu : udah pasti inimah, doanya super mujarab
    2. Guru smp : bisa ngeyakinin Bapak buat PD masuk SMA3
    3. Psikolog : ampuh banget sarannya, release stress dengan kegiatan diluar rumah..

    Inspiratif sekali ceritanya pak. Sukses selalu.

  2. Lendo Novo, pendiri sekolah alam
    21/06/2019

    Alam Takambang Manjadi Guru = Sekolah Alam

  3. Dedi Turmudi
    21/06/2019

    Alhamdulillah cerpenna sae pisan. Ada cerita tambahan, les di KSM Dago, kita sama sama les disana, saya keterima di SMA 11 sesuai harapan, dan Kang Hendra masuk ka SMA 3. Nuhun ka guru guru KSM Dago, tos nganteurkeun Kang Hendra menuju kesuksesan.

  4. M Karebet W
    21/06/2019

    👍👍👍
    Inspiratif sekali…
    Saya dapat 5 poin penting di sini.

    1. Tempatkan Allah Swt di atas segalanya. Semua karena Allah. Doa Ortu pun karena Allah. Memilih sekolah pun karena Allah.

    2. Doa restu Orangtua adalah poin yg kedua harus selalu dibawa oleh anandas.

    3. Pilih sekolah yg bisa memberi ilmu agama (tsaqofah Islam yg utuh berikut kepribadiannya/syakhsiyyah Islam) dan ilmu kehidupan, setidaknya hingga standar minimum yg harus bisa dikuasai. Juga sejumlah soft skill yg diperlukan di masa depan seperti skill komunikasi, analisi dan problem solving skill dll. Semua ilmu ini membuat anak siap lebih dini namun tetap tawadlu dan bisa istiqomah di jalur taqorrub Ilallah.

    4. Semua kegiatan kesiswaan di sekolah harus bersifat training by doing membantu pembentukan karakter siswa, menempa kejujuran, ulet, disiplin, pengorbanan, team building, tanggung jawab, amar ma’ruf nahi munkar dll.

    5. Setelah lulus, kemanapun melanjutkan, alumni harus menjadi alumni yg berkarakter Islam kuat, multitasking berbasis core competence yg dimiliki dan menjadikan dakwah sebagai poros hidupnya sehingga kesuksesan yg diraih penuh keberkahan bagi kehormatan dirinya, kebahagiaan orangtuanya dan kebangkitan umatnya…

  5. Tetty
    21/06/2019

    aduuh kalau pakai zonasi mah boro2 masuk sma3 saya….. pendatang dr pulau kecil yg saat itu gak terlalu di kenal spt sekarang…. waktu penerimaan aja temen2 pada bingung liat badge smp ku…..
    “negeri antah berantah….”😂😂😂
    jaman dahulu anak daerah, anak marjinal, masih bisa punya mimpi asal mau bekerja keras mewujudkannya…. kalau sekarang haduuuh binguuung…..
    🙄🙄🙄🙄🙄
    apa2 uud. termasuk pendidikan….
    Sd dan smp krn emaknya ogah repot anakku masuk swasta…. 😃
    SMA dibela belain emak repot buat masuk sman fav di tangsel; alhamdulillah masuk; salah satu harapanku anakku masuk sman adalah bertemu teman2 yg berjuang keras utk sekolah; masa sma dlu sangat banyak fenomena “anak kost” dari daerah; atau bahkan dari cimahi, cibiru, harus subuh2 menembus pagi dgn motor demi mengejat mimpi;
    realitanya anak sman sekarang gak seperti itu lagi, harapan bertemu teman2 tangguh seperti jaman smaku dlu spt jauh panggang dr api; walaupun tetap banyak hikmah yg dia ambil dengan sekolah di sman negeri,

  6. Joko
    21/06/2019

    Kang Hendra Messa, saya baru tahu cerita tentang latar sosial ini: luar biasa!

    Di SMA 3 dulu saya mendapat pengalaman dan pelajaran yang sangat berharga justru dari dalam kelas, dari para guru. Maklumlah saya rada kuper jadi tidak bergabung dengan unit-unit kegiatan di SMA 3, kecuali jadi santrinya Kang Hendra di kegiatan rohani SMA.

    “Demonstrasi mengajar” yang ditunjukkan oleh para guru kita, Ibu Pratiwi (Biologi), Pak Albert (Fisika), Pak Obos (Matematika), Pak Rukman (Kimia) untuk sekedar menyebut beberapa di antaranya, sungguh sangat mempesona. Seperti biasa, nilai ulangan harian saya juga tidak jauh dari 2 (untuk skala 10), tetapi hebatnya para guru kita itu, di mata saya mereka tidak menjatuhkan mental saya. Saya tetap merasa mengerti Fisika atau Matematika dan tetap semangat mempelajarinya meski ulangan harian hampir selalu merah. Hasilnya, waktu di TPB ITB dulu, selama satu tahun itu saya tidak mempunyai dan memerlukan catatan, karena yang dipelajari di TPB sudah kita pelajari di SMA dulu. Semoga Allah membalas semua jasa dari para guru kita dahulu, mengampuni semua khilaf, dan memberikan tempat kembali terbaik di sisi-Nya.

  7. Nina
    21/06/2019

    Kang Hendra alhamdulillah saya dapat membaca semua cerita hidupmu yg insyaaAllah sangat bermanfaat bagi semua yg membacanya …kita mungkin pernah sekelas pas kls 1 F ya wali kls Pa Sunita Guru Matematika …kang Hendra orangnya pendiam tapi baik saya masih ingat …semoga menjadi insfirasi bagi kita semua pengalaman yg berakhir dengan kesuksesan berkat doa ibunda tercinta yg luar biasa …semoga kita hidup ini berguna buat sesama dan senantiasa dspat selalu beramal sholeh dan berakhir dengan husnul khotimah Aamiin YRA …🤗

  8. Oktave
    21/06/2019

    Saat sma ikut grup pencinta alam Jamadagni bermanfaat juga sebagai bekal saya masuk AKABRI.
    Hendra emang dulu naksir saha euy di SMA. hhhhh…?

Leave a comment

Information

This entry was posted on 18/06/2019 by in Blogroll.