Inspiring points

Reflective story from journey of life , Alam terkembang jadi guru

Info mencari kerja & bisnis di negeri timur tengah

dubai iconGlobalisasi dunia telah membuka sekat2 antar negara, antara lain dalam hal mencari kerja dan berbisnis. Berbagai negara/bangsa telah banyak melakukan usaha2 dalam hal tersebut, sehingga membuat tenaga kerja dan pebisnisnya menyebar ke berbagai penjuru dunia, untuk di kawasan Asia yg terkenal antara lain ; China, India , filipina dll.

Berikut sekedar penjelasan ringkas mengenai mencari kerja dan berbisnis di luar negeri khususnya negeri timur tengah, dengan mengambil sampel dari negara teluk seperti UAE dan Qatar, semoga bermanfaat. Negara arab dan negara teluk pada umumnya saat ini menjadi salah satu tempat lapangan kerja yg menarik antara lain karena kondisi kestabilan ekonominya dan juga di negara tersebut tak ada pajak penghasilan, hal yang membuat banyak orang dari berbagai negara berdatangan ke negara2 tersebut.

MENCARI PELUANG KERJA

Bagi anda sekalian yang ingin mencari peruntungan di negara2 timur tengah,  masih banyak peluang terbuka peluang. Masih terbuka lebar quota utk pekerja indonesia, karena disini kebanyakan dari india, Pakistan, filipina, negara2 arab sekitar, jumlah orang indonesia masih sedikit dan khususnya lagi utk level menengah ( operator, engineer dan staf ) masih sedikit , jauh dibanding jumlah org2 dari Negara2 lain spt filipina , India , Pakistan dan negara2 asia selatan lain nya. Orang2 di Negara arab sini nampaknya suka dg org indonesia yg  dari sisi pekerjaan rajin , taat peraturan , tak banyak membantah  dan juga karena faktor agama ( muslim )

Perbandingan antar negara

Sebagai perbandingan saja, di timur tengah ini, ada 2 negara yg cukup dikenal, karena banyak pekerjanya tersebar disini, yaitu India dan Filipina. Beberapa hal yg menyebabkan nya, antara lain ialah ;

  • Faktor bahasa, di India sejak sekolah mereka sudah pakai bahasa inggris, sehingga akan memudahkan komunikasi.Begitu pula halnya di Filipina, dimana bahasa Inggris banyak digunakan.
  • Secara teknis pekerjaan orang Indonesia termasuk bagus hasil kerjanya, tapi karena masalah bahasa, kita tak selalu bisa untuk berkomunikasi dengan baik mengenai pekerjaan kita . Selain itu juga sulit untuk menyampaikan pendapat dalam bahasa inggris, tak terbiasa untuk berdebat / adu argumen dalam bahasa inggris, padahal faktor tersebut penting dalam perjalanan karier seorang pekerja. Walaupun kita kerja bagus, tapi kalau tak di komunikasikan orang lain (misal atasan kita) belum tentu tahu banyak.
  • Support dari pemerintah setempat, saya dengar dari teman2 negara tsb, pihak pemerintah nya sangat membantu dan memberi banyak kemudahan dan fasilitas bagi para pekerja mereka di luar negeri, baik yg akan berangkat maupun yg telah berada di luar negeri.
  • Faktor budaya, org India dan China, secara budaya, telah lama bepergian ke seantero dunia, selain itu diantara mereka yg berada di perantauan saling membantu teman nya yg lain. Orang Indonesia biasanya sangat kuat ikatan batin dg negeri sendiri, sehingga biasanya jarang yg bisa tahan lama di luar negeri, biasanya selalu ingin balik lagi. Selain itu orang Indonesia secara budaya tak terbiasa merantau jauh.

Dari ngobrol2 dengan teman dari India dan Filipina, saya akhirnya bisa sedikit memahami mengapa banyak org2 dari negara tsb yg kerja di timur tengah ini. Teman dari India cerita, mereka sering membantu saudara2 nya atau teman2 nya dari India untuk bekerja ke luar negeri , antara lain dengan memberikan informasi2 berharga mengenai bekerja di luar negeri. Dari teman Filipina saya dapat cerita, bagaimana pemerintahnya membantu mereka. Bahkan kalau mereka menyimpan sebagian uang penghasilan  mereka di Bank yg berada di Filipina, akan mendapatkan tawaran bunga yg lebih menarik, suatu langkah cerdik, agar banyak masuk devisa dari para pekerja luar negeri nya.

Ada hal yg menarik juga untuk diketahui, bahwa biasanya para pekerja dari suatu negara tertentu banyak bekerja di bidang yg sama, semisal untuk tenaga kerja pelayanan spt rumah sakit, toko, restoran dll, kebanyakan dari filipina, untuk pekerja lapangan, cleaning service kebanyakan dari bangladesh. di UAE untuk jasa supir kebanyakan dari Pakistan dan india, tenaga keamanan dari Nepal ( ingat Ghurka, tentara bayaran legendaris ). Indonesia sementara ini dikenal sebagai suplai tenaga kerja pembantu rumah tangga, namun saat ini sudah mulai banyak juga tenaga profesional, antara lain operator di berbagai industri besar di timur tengah. Tenaga operator  dari Indonesia, cukup mendapat apresiasi yg bagus dari pihak manajemen perusahaan bersangkutan. selain itu telah banyak juga tenaga kerja dari Indonesia yg bekerja di level menengah seperti engineer, supervisor, specialis bahkan manager.

Saya ingin coba sedikit sharing, berdasar pengalaman pribadi saya dan rekan2 lain yg bekerja di Negara timur tengah, khususnya Qatar dan UAE, semoga bermanfaat.

Usaha & persiapan yang perlu dilakukan ;

Rajin cari informasi

Rajin2 saja baca lowongan di koran biasanya koran kompas  sabtu dan minggu, atau bisa dengan mencari berita di internet.  Kita bisa juga langsung kirim cv ke agen nya, spt PT Gunamandiri paripurna, atau beberapa agen lai nya . Bisa juga kita apply via websitenya di internet

Beberapa perusahaan besar biasanya, membuka fasilitas international application langsung via internet, atau bisa juga cari info dari website2 lain nya, spt lowongan kerja atau middle east, atau website lain nya yg bisa dicari di google dg key words , job info , middle east dll. Salah satu cara yg praktis utk mencari informasi di internet ialah dengan menggunakan fasilitas search engine, spt google, masukkan keywords, semisal ; job info-middle east  atau job opportunity gulf country atau middle east-labor supply company dan keywords2 lain nya yg variatif, tapi cukup memberi informasi awal yg cukup berharga.

Kondisi pekerjaan dan karakter negara

Negara2 timur tengah memiliki peraturan kerja dan kondisi kerja yang berlainan, walau tak jauh berbeda, utamanya sama dalam hal tak ada pajak penghasilan. Ada beberapa negara yang cukup ketat dalam masalah peraturan kerja seperti Saudi arabia dan Kuwait. Beberapa negara teluk seperti Qatar dan UAE memiliki peraturan kerja yang relatif lebih terbuka. Hal tersebut antara lain dipengaruhi pula oleh komposisi penduduknya. Sebagai bandingan di UAE penduduk lokal hanya 20%, sisanya adalah para pekerja pendatang

Persiapan

Lakukan persiapan ; bahasa inggris harus bagus, buat CV  dalam bahasa inggris, buat passport dll. Buatlah CV yg efektif , yg marketable, dalam arti bisa menjelaskan dengan baik , segala kemampuan kita, tapi tidak berlebih2 an. Tingkatkan kemampuan interview. CV yg bagus dan marketable serta interview skill yg bagus , adalah langkah awal dalam proses recruitment.

Kuasai dan fahami bidang anda dengan baik, harus jelas apa spesialiasi keahlian anda, karena yg dicari adalah expert, punya keahlian khusus. Orang yg bisa segala macam kerjaan, mengerjakan segala hal, dianggap tidak memiliki keahlian yang jelas.

Berikut sekedar tips, mengenai pembuatan CV ( curriculum vitae ), resume yg baik.

CV, resume adalah langkah pertama yg dilihat recruiter dalam proses recruitment, sehingga perlu disiapkan CV yg menarik “eye catching”  , sejak awal. Dibanding negara2 spt India dan Filipina, secara umum, CV dari pekerja Indonesia agak kalah bersaing dalam hal tsb, sikap budaya org Indonesia yg cenderung tak mau menonjolkan diri ( show up ) , membuat CV org2 Indonesia, cenderung datar2 saja, tak menarik sejak awal, kalau dibanding CV org India atau Filipina, misalnya, yg memang dalam hal kemampuan bahasa inggris, kita sudah kalah duluan.

Sebenarnya  tidak ada itu yang namanya “standar” pembuatan CV yang baik di dunia ini. CV yang “terbaik” itu selalu bersandar kepada pembacanya, dalam hal ini recruiter atau calon user. Dan karena si pembaca CV itu orangnya gak pernah sama, maka CV yang baik itupun juga tidak akan pernah standar formatnya, namun secara umum, kita bisa buat ketentuan mengenai CV yg menarik.

Jadi  CV yang baik menurut pembacanya , ialah  yang isinya sangat sesuai dengan kebutuhan si pembaca, yg biasanya  sesuai dg yang tercantum dalam daftar “requirements and pre-requisites”, pada saat job recruitment di umumkan. Singkatnya, kalau perangkat skill serta pengalaman kita ada yang cocok dengan persyaratan (tidak perlu semua cocok, setengahnya pun sudah cukup ), maka silakan bikin CV.

Kalau cuma sedikit yang cocok sama persyaratan, jangan dipaksakan, karena kalau skill set kita kurang matching dengan persyaratan maka membuat CV akan menjadi hal yang sangat merepotkan kalau tidak malah buang waktu. Sama halnya dengan si pembaca CV tadi, kalo dianggap gak cocok ya sudah masuk kotak sampah ( dibuang). Lalu soal membuat CV yang representative itu lebih kepada format, penggunaan font, jumlah halaman, isinya apa saja, dll yang sifatnya lebih kepada kosmetik saja. Selain itu CV walaupun lebih dari 2 halaman tapi jika isinya memang menarik bagi yang membacanya, ya tetap akan dibaca kok. ( by ; Ashrul Iskandar )

Ada beberapa pola awal recruitment

–          Apply job online di website perusahaan bersangkutan ( misal ; http://www.borougecareers.com )

–          Mengirimkan CV ke perusahaan agen tenaga kerja berdasar info di internet atau Koran

–          Walk in interview, interview langsung, kita memasukkan CV dan langsung di test/ interview pada hari yg sama pula. Pada hari itu juga akan disampaikan hasilnya.

Untuk agen tenaga kerja ke timur tengah, yang cukup besar ialah PT Gunamandiri, info2 nya bisa di lihat di www.gunamandiri.com , selain itu juga pada website persh bersangkutan, karena itu harus rajin surfing di internet. Trend saat ini perusahaan lebih suka menerima job apply di internet, setelah ada kepastian baru ada interview langsung.

Jangan berhenti berusaha, usaha pun tak hanya sekali, pengalaman teman2 , perlu beberapa kali usaha, tak hanya sekali, tergantung gemana nasib nya juga katanya. Ada yg sudah lulus tes, tapi ternyata visa nya tak keluar, sehingga gagal di tengah jalan.

Kompetensi

Untuk bekerja di luar negeri, kebanyakan yang dicari ialah tenaga kerja yg telah berpengalaman dan spesialis di bidang nya, biasanya pengalaman 5 tahun ke atas. Fresh graduate biasanya sudah di isi oleh orang setempat. Peluang fresh graduate ialah melamar lewat program pada perusahaan multinational yg beroperasi di berbagai negara, spt Schlumberger, Total, Halliburton dll.

Untuk tenaga kerja yg memiliki keahlian khusus/spesialis, perlu untuk memiliki sertifikasi keahlian tertentu yg diakui internatioanal, spt welding inspector, piping inspection, scaffolding, lab specialist , auditor dll. Saya ada bertemu dengan tenaga kerja spesialis dari Indonesia yg bekerja secara freelance ( biasanya kontrak 6 bulan-1 tahun) sebagai welding/piping inspector, ia pindah2 kerja pada berbagai perusahaan, tapi karena sudah diakui keahliannya dan memiliki sertifikat keahlian internasional, banyak perusahaan yg mencarinya. Untuk yang bekerja contract basis/ free lance, harus bisa membangun relasi kerja yg luas dan bagus,  sekali ketahuan berkinerja jelek, infonya akan menyebar luas dan kita akan susah dapat kontrak baru, jadi harus pandai2 membawa diri, relasi dan performance kerja. Untuk pekerja kontrak harus rajin cari lowongan kerja baru, selepas masa kontrak kerja nya habis.

Kompensasi

Jangan mudah tergiur dengan tawaran gaji besar, tanpa mengetahui seberapa besar pula biaya hidup disana. Biasanya kita menilai gaji besar dengan ukuran biaya hidup di Indonesia, padahal kita tak tahu bahwa biaya hidup disana besar pula. Jadi perlu untuk mengetahui situasi dan kondisi negara bersangkutan berapa biaya hidupnya. Perlu juga difahami dari kesepakatan kontrak kerja, apakah fasilitas seperti rumah , pendidikan dan kesehatan dll masuk tanggungan perusahaan  atau tidak. Bila tak masuk dalam tanggungan perusahaan , anda harus menghitung detail biaya hidup disana, baik sendiri atau kalau bawa keluarga.

Kesepakatan kerja

Fahami kesepakatan kerja dengan baik kalau bisa baca seperti apa kontrak kerja nya, apa saja fasilitas yg diberikan perusahaan. Apa pula jenis kontrak kerjanya, temporary, contract, permanent. Bagaimana pula statusnya apakah single atau family status, seperti apa waktu kerjanya apakah rotasi, semisal 28-28, dimana 28 hari masuk dan 28 hari libur, ataukah daily seperti biasa, 5-2, 5 hari kerja, 2 hari libur, apakah biaya transportasi ke negara kita, masuk tanggungan atau tidak. Dan banyak kesepakatan2 lain nya yg perlu difahami dengan baik sebelumnya, biasa orang2 Indonesia mudah percaya begitu saja, tanpa membaca detail seperti apa kesepakatan kerja nya.

Kesehatan

Masalah ketahanan fisik ini penting juga, karena daerah timur tengah , memiliki cuaca yg ekstrem, pada satu musim tertentu akan sangat panas dan pada musim lain nya akan sangat dingin, karena berada di daerah subtropis dan kering jarang hujan. Orang Indonesia yang biasa hidup di alam tropis yg nyaman ini, secara alami tak begitu terbiasa dengan kondisi alam tersebut.

Yg penting juga, jaga kesehatan, terutama dari penyakit  menular spt hepatitis, TBC, HIV dll, karena walau sudah  lulus tes kesehatan di indonesia, di beberapa negara akan test kesehatan lagi. Di UAE dan Qatar, setiap pendatang yg masuk ke negara tersebut, harus di test penyakit menular HIV dan hepatitis. Ini menjadi persyaratan untuk mendapatkan visa tinggal. Kalau terbukti positif punya penyakit menular, ia akan dibalikkan lagi ke Indonesia, sudah ada beberapa kejadian spt  itu. Ia sudah lulus tes dan bagus juga hasil medical tes nya di Indonesia, tapi saat di periksa lagi di timur tengah sini, ia  positif hepatitis, akhirnya dibalikkan lagi ke Indonesia, kasihan sekali padahal sudah resign dari tempat kerjanya  dulu, tapi kejadian seperti ini jarang terjadi, karena biasanya kalau hasil pemeriksaan kesehatan di Indonesia bagus, di negara bersangkutan bagus juga hasilnya, karena ada standard medic yg sama.  Ada beberapa negara yang mempersyaratkan pemeriksaan kesehatan di Indonesia dilakukan di klinik yg telah mendapat pengesahan dari kedutaan bersangkutan ( dari teman saya dengar utk negara Kuwait berlaku hal spt itu )

Jadi walau telah lulus tes penerimaan kerja di indonesia, jangan dulu resign sebelum jelas dapat visa kerja dan bagus hasil tes kesehatan nya. Bisa dg mengajukan cuti panjang saja dulu, kalau sudah jelas lulus semua proses disini dan signed contract baru resign. Tapi tiap2 negara berbeda2 pula peraturan nya.

Penipuan tenaga kerja

Ada hal2 lain pula yg penting untuk diperhatikan, bahwa ada pula terjadi penipuan dalam proses pengiriman tenaga kerja ke luar negeri ini. Kasus2 tsb antara lain ;

  • Setelah sampai di luar negeri, apa yg dijanjikan tak sesuai kenyataan, karena itu harus buat kesepakatan yg jelas dg pihak agen atau user ( perusahaan bersangkutan ). Kejelasan mengenai job offer dan kontrak kerja harus disepakati sebelumnya. Ada sebagian kontrak kerjanya ditandatangani sebelum berangkat, tapi kebanyakan setelah kita sampai di tempat yg dituju, akan ditandatangani kontrak kerja sesuai kesepakatan sebelumnya. Hindari kesepakatan yg tidak resmi / tidak jelas, kesepakatan verbal tidak bisa dijadikan kekuatan, selalulah minta kesepakatan resmi ( tertulis )
  • Dimintai biaya banyak oleh agen tenaga kerja yg tak jelas ( cari yg resmi ) , diluar kesepakatan resmi, padahal biasanya agen telah dibayar pula oleh perusahaan pencari kerja.
  • Sebaiknya yg menyatakan anda lulus atau tidak adalah pemberi kerja bersangkutan bukan agen , begitu pula kesepakatan kerja adalah dengan perusahaan bersangkutan, karena perusahaan lah yg akan membayar gaji anda nanti sesuai kesepakatan resmi.
  • Saat ini banyak pula perusahaan indonesia yg mendapat pekerjaan di luar negeri, baik sebagai main contractor atau subcontractor dan mereka mengambil tenaga kerja Indonesia dibawa dari Indonesia. Untuk hal ini kesepakatan kerja harus jelas saat berada di Indonesia, kontrak ditandatangani dengan perusahaan bersangkutan.

Kesiapan sosial psikologis

Bekerja dan tinggal di negara lain, adalah juga perubahan dari sisi sosial budaya. Ada 2 macam pola orang bekerja di luar negeri, sendirian ( single status) atau dengan membawa keluarga ( family status ). Single status , adalah kondisi kerja dimana pekerja hanya mendapat fasilitas untuk tinggal sendiri tak bisa membawa keluarga.  Single status biasanya pada para pekerja yg bekerja dalam sistem rotasi seperti 4 mingu kerja, 4 minggu libur ( pulang ke indonesia), biasanya berlaku pada pekerja di daerah terpencil, seperti mereka yg bekerja di anjungan lepas pantai.  Namun ada pula single status untuk mereka yg bekerja on shore atau di industri. Sedangkan  Family status , adalah status bekerja dengan fasilitas untuk membawa keluarga yang disediakan oleh perusahaan.

Saat awal tinggal di negara lain, biasanya ada proses keterkejutan budaya  ( cultural shock). Ada beberapa keluarga yang tak siap dengan perubahan budaya tersebut, ada pula yang akhirnya memulangkan keluarganya ke Indonesia dan suami menjadi single status, biasanya pulang ke indonesia bertemu keluarga berkala 3 -6 bulan, atau setahun sekali. Pada orang2 yg bekerja di project spt project konstruksi, biasanya hanya pulang setelah project selesai, misal 1-2 tahun. Ada juga beberapa orang yg tak kuat secara psikologis, sehingga pada masa2 awal kerja di luar negeri, mengalami beban kerinduan yg berat pada keluarga dan indonesia, dikenal dg istilah home-sick. Pernah ada kejadian juga, ada yg telah diterima kerja di luar negeri, tapi beberapa minggu awal mengalami home-sick yg berat, cukup tertekan juga, sampai akhirnya kabur balik ke Indonesia, tanpa laporan resmi ke perusahaan, dan hal tsb cukup memberi image negatif dari perusahaan terhadap tenaga kerja Indonesia yg masih kerja disana. Jadi kalau kira2 anda bukan org yg kuat secara psikologis jauh dari keluarga/tempat tinggal, cobalah utk berpikir ulang daripada malah menimbulkan banyak masalah kelak.

The last but not the least, berdoa

Setelah semua usaha nyata tersebut, janganlah lupa untuk berusaha juga secara transedental, dekat pada Allah, mohon doa pada Allah, minta doa ibu dan  dibantu pula dg ibadah dan amal kebaikan. Guru ngaji saya pernah memberi nasihat, kalau ingin dimudahkan urusan, selamat dalam perjalanan , banyaklah berbuat kebaikan, memberi sedekah pada orang2 miskin dll. Pengalaman pribadi saya;  kedekatan kita pada Tuhan  dan doa ibunda tercinta , sangat besar peran nya dalam keberhasilan hidup ini..

Setelah semua usaha tersebut dilakukan serahkan lah semuanya pada Tuhan Yang Maha Bijaksana, tahu apa yg terbaik bagi kita.  Kalau memang baik bagi kita , rezeki kita di luar negeri nan jauh, semuanya akan dimudahkan.

Tapi bilamana itu semua tidak baik bagi kita, karena Tuhan Maha Tahu apa yg terbaik bagi kita, kebaikan dan rezeki kita berada di negeri kita sendiri, nikmati saja, sebenarnya adalah kenyamanan tersendiri, berada di negeri sendiri, dekat dengan  kerabat keluarga dan sahabat2 kita.  Bekerja di luar negeri kita banyak dapat berbagai keuntungan, anggaplah kita dapat ; a,b,c,d,e  tapi sadarilah juga, bahwa kita ada kehilangan f,g,h,i, j  yang biasa kita rasakan di Indonesia.

Demikian sekedar sumbang saran dari pengalaman saya kerja di luar negeri, semoga bermanfaat.

BERBISNIS DI LUAR NEGERI

Selain mencari kerja, terbuka juga peluang untuk melakukan bisnis di luar negeri. Ada beberapa pola bisnis ;

– Melakukan perdagangan luar negeri ( eksport – import )

– Perusahaan Indonesia mendapatkan kontrak kerja/project di luar negeri

– Kerjasama usaha , investasi di luar negeri

– Jasa penyaluran tenaga kerja

Khusus untuk negara2 timur tengah, spt UAE ada beberapa peluang yang bisa digarap ;

Konstruksi

Saat ini banyak pekerjaan konstruksi sipil yang dikerjakan di negara2 timur tengah khususnya UAE dan Qatar. Peluang yang besar bagi perusahaan2 konstruksi Indonesia untuk terlibat juga, jadi main kontraktor atau subkontraktor. Di Abu Dhabi setahu saya ada beberapa persh konstruksi besar yg sedang mengerjakan project disini, seperti PT Waskita Karya, Pembangunan Perumahan dll.

Eksport import.

Banyak peluang eksport dari indonesia untuk memenuhi kebutuhan negara2 timur tengah , khususnya produk agribisnis yg sulit pada daerah padang pasir untuk mengembangkan pertanian. Selain itu juga untuk memenuhi kebutuhan2 orang Indonesia yg ada di sana.

Saat ini produk2 pertanian negara2 timur tengah dipasok dari thailand yang memang terkenal memiliki bisnis pertanian yg baik. Selain itu juga dari India, antara lain juga karena banyak orang2 india yg tinggal di negara2 timur tengah tsb. Di beberapa supermarket, saya ada menemukan juga produk2 khas Indonesia, yang ternyata memang di import khusus oleh seorang pebisnis UAE untuk memenuhi kebutuhan2 orang Indonesia. Di salah satu pasar yang banyak komunitas orang Indonesia, saya ada menemukan banyak produk2 pertanian khas Indonesia , seperti cabe rawit, kerupuk udang, sayur bayam, petai, tahu, tempe, dll tersedia pula, tapi dengan harga yang sangat mahal.

Di kota Abu Dhabi, ada 2 restoran khusus masakan indonesia, pegawainya orang indonesia dan sudah pasti bahan2 makanan nya di import dari indonesia pula.

Peluang lain ialah melakukan import dari negara2 tersebut.

-yang sudah biasa kita dengar ialah memasok produk2 khas timur tengah seperti korma, karpet dll

– Atau mengimpor barang2 yg spesifik dari negara timur tengah, semisal memasarkan emas dari Dubai, salah satu pusat perdagangan emas dunia ke negara2 lain.

Peluang lain ialah dengan menjadi agen penyalur tenaga kerja

dan banyak peluang2 bisnis lainnya

Indonesian business council in UAE

Pihak KBRI UAE di Abu Dhabi, dalam hal ini duta besar RI di UAE bapak Wahid Supriyadi, telah berusaha juga untuk mengembangkan relasi bisnis Indonesia di UAE, antara lain dengan mendirikan Indonesian Bussiness council di Abu Dhabi dan Dubai, yang menjadi member resmi dari Bussiness Chamber setempat ( semacam kamar dagang & industri ). Anggota dari business council tsb adalah para pengusaha dan expert dari Indonesia yg berada di UAE. Business council ini bisa juga dijadikan link bagi para pengusaha indonesia yg akan membuka bisnis dg UAE. Saat ini telah beberapa peluang kerjasama bisnis yg dijembatani, baik peluang mengirim barang dari Indonesia ke UAE , peluang jasa keahlian ( mengirim jasa tenaga ahli dari Indonesia utk bekerja di UAE ) atau peluang kerjasama investor UAE untuk berinvestasi di Indonesia, info lebih lanjut mengenai hal tsb bisa menghubungi KBRI di Abu Dhabi.

Ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam berbisnis di timur tengah;

– peraturan – hukum bisnis negara setempat, seperti di Abu Dhabi, bisnis harus bekerjasama dengan penduduk setempat, karena orang asing tak boleh bisnis langsung, agak berbeda peraturan ditempat lain semisal dubai dll.

– Harus benar2 mempunyai link relasi bisnis yang bagus dengan pengusaha setempat, untuk menghindari kecurangan2 bisnis dan permasalahan2 bisnis lainnya.

Demikian gambaran singkat mengenai mencari kerja dan mengembangkan bisnis di negara timur tengah, khususnya UAE berdasarkan pengalaman saya pribadi dan pembicaraan dengan rekan2 lain nya disini.

Info mengenai kehidupan warga indonesia di salah satu kota industri UAE, bisa dilihat di  website http://www.ruwaisku.com

Info lebih lengkap mengenai Qatar, bisa dilihat di website berikut ; http://www.qatarliving.com dan  http://www.tentangqatar.com

mailing list, berkaitan dg info peluang kerja ke luar negeri, silakan bergabung di ;

GOIN-Institute@yahoogroups.com

website dari, salah satu perusahaan di UAE yg membuka peluang kesempatan kerja bagi pekerja internasional ;

http://www.borougecareers.com

Berikut,  beberapa website untuk mencari pekerjaan di  gulf country , semoga bermanfaat  ;

  1. website MonsterGulf : www.monstergulf.com
  • Ok banget, kayaknya banyak di monitor sama head hunter disini.
  • Gratis untuk jadi member
  • Perlu investasi bikin CV yang bagus [yang bagus loh, bukan yang mengelabui]
  • Enggak cuma Dubai atau UAE, tapi mencakup juga jobs di negara GCC yang lain dan sekitarnya.
  1. website Bayt.com : www.bayt.com
  • Site lain yang juga banyak dimonitor sama head hunters dan recruitment team HR company disini.
  • Gratis juga membershipnya.
  • Mencakup Dubai, UAE, GCC dan negara sekitarnya.
  1. website Gulf News dibagian jobs : www.gnads4u.com
  • Cakupan sih Dubai dan UAE.
  • Versi online dari Gulf News Careers section. Cukup banyak postingan jobs di UAE
  1. website eFinancial Careers Gulf : www.efinancialcareers-gulf.com
  • Cakupannya seluruh middle east dan parent sitenya, cakupan global.
  • Mayoritas posting kerjaan di financial industry dan banyak kerjaan yang mid level sampai senior level.
  • Banyak dilihat sama head hunter dari UK
  1. website Gulf Talent : www.gulftalent.com
  • Salah satu yang ok, banyak posisi dari junior sampai senior.
  • Banyak lokal company yang naruh posting disini
  • Enggak cuma Dubai atau UAE, tapi mencakup juga jobs di negara GCC yang lain dan sekitarnya.
  1. website Gulf Banker : www.gulfbankers.com
  • Website specialis untuk kerjaan di sector financial service dan perbankan.
  • Enggak cuma Dubai atau UAE, tapi mencakup juga jobs di negara GCC yang lain dan sekitarnya.
  1. website Naukrigulf.com : www.naukrigulf.com
  • Website yang banyak di akses oleh orang yang nyari kerja disini, biasanya untuk posisi junior dan mid level, semua bidang.
  • Banyak head hunters yang pasang posting disini juga.

150 comments on “Info mencari kerja & bisnis di negeri timur tengah

  1. Bambang Yuwono
    13/05/2009

    Weleuh kang Hendra….salut pisan…!…bagus banget ulasannya…komplit…Jadi keluarga kapan dibawa gabung ke sana?..
    wass

  2. hdmessa
    13/05/2009

    nuhun mas Bambang,

    yah ini mah sekedar sharing informal saja, sbagai tanda syukur kita, diberi kenikmatan oleh Allah. Sok atuh mas Bambang , tambahkan juga sharing nya kan lebih banyak pengalaman nya dibanding saya.

    keluarga insya Allah , akan nyusul beberapa bulan lagi

    salam

    • ok.taufik
      13/05/2009

      jadi jalur bersepedanya ke gurun ya…
      saya berniat sekali mo ke timteng, sudah pernah ke afrika, india sama ke negara jiran..tapi timteng belon pernah dapat tawaran, ada jalur tak untuk wellsite geologist/operation heologist…nuhun pisan

    • Leonardo Hutabarat
      25/11/2010

      Dear Mas Hendra,

      Salam kenal, Terimakasih atas pencerahan yang anda berikan, apa yang anda tulis di atas sangat banyak membantu bagi kita-kita yang masih hanya mempunyai mimpi untuk bekerja di overseas sana. IsnyaAllah suatu saat mimpi itu akan saya raih….
      Again, Thank a lot….

      Salam
      Leo-Hutabarat

      • hdmessa
        25/11/2010

        salam kenal juga Leo,
        sama2, terima kasih kunjungan nya,
        insya Allah dg kerja keras bisa teraih juga cita2 nya

        salam

  3. Sigit Sudarsono
    13/05/2009

    Wah, menarik dan bagus banget ceritanya, kalau ada kenalan pengusaha setempat yg butuh produk Agrobisnis atau khas Indonesia, mhn dinfo. Terimakasih’

  4. gHina
    13/05/2009

    kalau kesempatan wanita kerja di timur tengah bagaimana, kang?
    saya dengar di sana agak-agak “strict”
    mohon pencerahannya..🙂

  5. Indrapur
    13/05/2009

    Rekan Hendra,
    Terima kasih uraian/tulisannya. Sayang Pemerintah RI tidak tanggap dengan peluang ini, misalny dengan deregulasi dan pengembangan SDM (kursus singkat Bahasa).
    Mungkin bisa ditambahkan links website yang berkaitan seperti http://www.qatarliving.com atau http://www.tentangqatar.com dll.
    Wassalam & salam dari Qatar.

    • rijsdi
      09/07/2009

      Siip lah kang hendra…jadi engga akan jalanjalan di batununggal lagi dong…hehe..salam untuk keluarga…

  6. hdmessa
    14/05/2009

    terima kasih rekan2 sekalian, atas komentar nya;

    thanks info tambahan nya pak Indra , mengenai kerja di qatar.

    om taufik, ada juga peluang utk geologist biasanya di persh oil & gas exploration/survey, bisa di
    searching. utk kerja spesifik spt geologis biasanya mereka cari orang lewat jalur relasi ( reference) , karena itu harus banyak relasi dan rajin kontak2.

    mas Sigit, terbuka pasar utk agribisnis, suplay saat ini kebanyakan dari india dan thailand, saya belum ada kontaknya, tapi bisa di searching juga, atau minta info ke KBRI atau atase perdagangan RI.

    mbak Ghina, mengenai pekerja wanita, kondisinya berlainan utk berbagai negara.

    utk kerja sbg pembantu rumah tangga, memang strict aturan nya, tapi untuk pekerja profesional spt di rumah sakit, restoran, hotel atau kerja expert spt desainer, engineer lebih flexible dan profesional spt di negara lain.

    Saudi termasuk ketat mengenai pekerja wanita, tapi negara spt UAE , cukup flexible aturan kerja nya, saya lihat di Abu Dhabi dan Dubai, banyak juga pekerja wanita nya ( level profesional) dan flexible aturan nya.

    salam

  7. Pala Utama
    14/05/2009

    Mas,
    Company bisnis kami di bidang Instrument dari Jakarta dgn PT kami yg ada di Batam sangat Profesional dan Finance sangat kuat, nanti bisa lihat kekayaan mrk di Bank.
    saya sangat tertarik untuk mengembangkan di timur tengah, tapi mungkin selama ini tdk ada yg Guide, makanya belum sampai dapat Job di sana, sedangkan experiences di Oil Company di Indonesia, sdh sangat banyak.
    kalau dapat kami di bantu utk mendapat peluang, sy sangat mengharap Perusahaan Indonesia dapat mengembangkan sayapnya di luar negri, terutama Midle East.
    atas kerja samanya saya ucapkan terima kasih.

    Wassalam
    Pala

  8. Pala Utama
    14/05/2009

    oh iya kalau memang ada partner lokal, yg mau bekerja sama dengan kami itu tidak masalah, akan kita rundingkan.
    silahkan hub: email sy: pala_utama@yahoo.com

  9. hdmessa
    14/05/2009

    rekan dari Pala Utama,

    untuk info lengkap bisa dicari di KBRI atau atase perdagangan. Sekedar info biasanya untuk perusahaan jasa teknik, mereka jadi sub kontraktor dari persh besar lain nya, spt halliburton, schlumberger, total dll , atau persh inspeksi spt Bureau veritas, DNV dll

    atau jadi subkontraktor dari persh indonesia yang bekerja di sana, spt Waskita Karya, pembangunan perumahan dll , jadi harus punya relasi kuat dg persh2 tsb.

    untuk bisnis dg manca negara, dalam kondisi saat ini kita harus aktif cari network ke sana. Setahu saya yg jaringan nya cukup kuat ialah2 persh2 India, yg banyak disini, kita harus bisa bersaing dg mereka.

    salam

  10. Aspermato
    14/05/2009

    Suatu pandangan yang baik dan bagus dalam upaya sinergisitas urang awak terutama overseas minangkabau around the world.
    Kami support dan sebagai mantan pejabat di bilangan trade and industry, kita dapat sharing dan sinergikan kapasitas, potensialitas, opportunities dst.

  11. AUGI JD
    14/05/2009

    Asslm.Wr.Wb.
    Apakah berita tentang CPO dari Malaysia dan Indonesia menjadi bahan pertimbangan di Timur Tengah ? CPO tentunya minyak sawit yang bisa diperbaharui. India dan beberapa negara Asia menimpor dari Indonesia.
    Pembuatan Biodiesel dan Biopremium sudah dipasarkan di SPBU Pertamina.
    Apakah di timur tengah pembangkitan listrik menggunakan turbin dengan solar hasil refinery ? Karena sungai dan bendungan sangat terbatas disana. Ingat pangalengan menghasilkan listrik dari panas bumi.
    O … iya ada Produk dari LEN, penerangan jalan solar cell, satu dan dua armatur, tanpa perawatan selama 20 tahun.
    Semoga sehat selalu dirantau O:-D
    Wass.Wr.Wb.
    A U G I JD

  12. hdmessa
    14/05/2009

    wa alaikum salam,

    disini saya lihat mereka ada mengembangkan project green diesel juga.

    saya kurang tahu mengenai sumber pembangkit, tapi dugaan besar memang dari gas turbin dan oil refinery.

    UAE ada mengembangkan kota baru yg bebas emisi karbon, Masdar city, namanya ( bisa searching di internet), mungkin produk2 inovatif dari LEN spt penerangan jalan dari solar cell tsb, bisa dipasarkan juga

    terima kasih doanya

    salam

  13. hdmessa
    14/05/2009

    terima kasih pak Aspermanto,

    Relasi dan pengalaman pak Aspermanto di bidang trade & industri, akan sangat bermanfaat sekali.

    insya Allah, bisa kita mulai usaha besar tersebut dari langkah2 kecil

    salam
    HM

  14. darmawan
    14/05/2009

    Setuju…ulasan bagus sekali dan saya belum bisa membuat blog serupa….trims … tolong informasikan kalo ada peluang kerja di industri telekomunikasi ya….

    Salam,

    Darmawan

  15. hdmessa
    14/05/2009

    thanks Darmawan,

    industri IT dan telekomunikasi disini cukup maju juga, dan banyak expert dari Indonesia yg kerja di berbagai perusahaan tsb.

    just info, saat ini sebagian saham indosat telah dimiliki oleh qatar telecom, sebagian saham XL, excelcomindo, telah dimiliki pula oleh Etisalat, persh telkom UAE.

    ok, nanti dikabari, kalau nggak sering2 saja liat iklan koran atau surfing di internet.

    salam

  16. Husni
    15/05/2009

    Pak Hdmessa,

    Mungkin bisa sharing info bagaimana kondisi lingkungan untuk keluarga, anak dan istri terutama pendidikan untuk anak-anaknya? maklum pak, anak saya belum terdidik berkomunikasi menggunakan bahasa inggris sejak kecil.
    Saya tertarik untuk mencoba peruntungan kerja di timur tengah, tetapi masih belum yakin tentang hal-hal tersebut diatas.
    Mohon dibagi pengalamannya.

    Terima kasih,
    Husni

  17. hdmessa
    15/05/2009

    rekan Husni,

    mengenai lingkungan keluarga, pendidikan dll, adalah berbeda2 utk berbagai perusahaan atau lokasi. Ada perusahaan yg menyediakan lengkap pada sebuah kompleks perumahan lengkap, atau hanya memberikan uangnya dan kita cari sendiri.

    memang masalah pendidikan anak, agak jadi masalah selain karena terbatas fasilitas pendidikannya, juga anak2 keluarga2 indonesia tak terbiasa berbahasa inggris, beda dg keluarga india misalnya.

    di beberapa lokasi project baru, biasanya skolah agak terbatas fasilitasnya, sehingga bisa jadi tak ada kursi kosong yg tersedia, sehingga anak kita akan masuk dalam waiting list, saat daftar sekolah.

    pada beberapa sekolah, anak akan di test dulu, kalau bahasa inggrisnya kurang bagus, biasanya kelasnya akan diturunkan ( down grade ) , karena bisa jadi masalah saat belajar. Bagusnya sbelum kesini, anaknya ikut kursus bahasa inggris, agar ada basic utk english conversation nya.

    demikianlah, kerja di luar negeri, banyak kelebihan nya, tapi banyak juga masalah2 nya, demikianlah hidup ini selalu ada kesetimbangan nya, selalu ada tantangan utk setiap kemajuan.

    khusus utk lokasi saya di Ruwais – Abu dhabi, fasilitas pemukiman nya termasuk lengkap, termasuk sekolah, banyak juga orang indonesia nya, info nya bisa di searching di google.

    demikian sekedar info nya, semoga bermanfaat

  18. tias
    15/05/2009

    kang hendra ga di pangalengan lagi y! dah, di middle east skr? di sana ada dokter dari indonesia g?

    artikelnya tambah lagi y. syukran.

  19. hdmessa
    15/05/2009

    Betul kang Tias ,

    Ada angin badai kencang di atas gunung wayang windu, pangalengan , yg menerbangkan saya jauh sampai ke gurun pasir abu dhabi ini. Ini semua jalan nasib yg saya ikuti saja.

    Disini ada juga ketemu beberapa org Indonesia y g jadi perawat , namun memang tak sebanyak org Filipina. Kalau dokter saya belum pernah ketemu rasanya. Kebutuhan tenaga medik cukup besar juga disini, sok atuh dokter2 indonesia coba apply kesini juga. Karena penduduknya sedikit, dokternya pun dari berbagai Negara.

    Setidaknya kita org2 Indonesia , tak susah menjelaskan penyakit pada dokter2 dari Negara lain.
    Pengalaman suka agak susah menjelaskan gejala penyakit kalau berobat, apa yah istilah medic dalam bahasa inggrisnya , kalau dokternya org Indonesia kan akan lebih mudah menjelaskan nya.

    mudah2an dari kesunyian gurun pasir ini, banyak tulisan2 lain bisa saya hasilkan. Kata kata tak bersayap, tapi bisa terbang ke berbagai penjuru dunia, mudah2an ada manfaatnya

    Salam
    HM

  20. rijsdi
    09/07/2009

    kapan nich…ka hajina….

  21. hdmessa
    09/07/2009

    insya Allah, bulan november tahun ini pak Rijadi, naik bis dari abu dhabi ke mekah…( seru juga nih naik haji pakai bis )

    insya Allah, masih sempat jalan2 ke batununggal kalau liburan ke Bandung, semoga sukses bisnisnya

    salam

    • Buya Ismail
      15/10/2009

      Kang Hendra, salam kenal.
      Mau tanya, bis Abu Dhabi – Mekah ada yang reguler? Dari mana naiknya, berapa lama perjalanan dan berapa tarifnya?

      Kalo pergi haji dari Abu Dhabi ada biaya dan urusan administrasi lain tidak selain biaya transportasi?

      • hdmessa
        16/10/2009

        salam kenal juga Ismail,

        Ada bis reguler antara abu dhabi-mekah, bus SAPTCO ( saudi transport corporation) , tapi sy kurang tahu dimana lokasi pemberangkatannya, bisa coba tanya di bus station, selain itu banyak juga bus charteran yg di kelola oleh hamla ( agen haji / umrah ).

        kalau pakai jalur darat, waktu tempuhnya sekitar 18-20 jam, non stop, bisa juga pakai kendaraan pribadi, tapi harus mengurus registrasi dan asuransi ke kantor polisi setempat.

        bisa naik haji dari abu dhabi, tapi tetap harus daftar secara resmi , lewat lembaga pengelola haji, istilahnya Hamla, Dan juga aturan jatah quota utk orang asing. utk kondisi saat ini tak mudah juga utk dapat jatah kuota haji bagi org asing / expatriat resident, krn dibatasi dari pemerintah saudi, berhubung ada kegiatan konstruksi di mekah.

        kalau utk umrah, lebih praktis dan kita bisa pergi pakai kendaraan pribadi, sampai ke mekah, tapi tetap harus mengurus visa ke embassy saudi di abu dhabi.

        sekian infonya, semoga bermanfaat

        salam

  22. Eddy
    10/07/2009

    Asslm. Wr. Wb.

    Kang Hendra, saya Eddy Setiadi, ingin banget memulai kerja lagi. Tp di timur tengah, khususnya di Qatar. Keadaan ekonomi saya sejak pensiun dini dari sebuah perusahaan swasta nasional di Jakarta pd 2004, membuat saya harus memutuskan untuk bekerja lagi. saya banyak mendengar cerita tentang kerja di timur tengah, khsususnya qatar yang memungkinkan kesejahteraan keluarga akan pulih dan lebih baik. Saya seorang S1 ekonomi, majoring management. Pengalaman saya lebih dari 20 th di perusahaan penerbangan, khususnya sebagai flight and crew scheduling. Saya juga memilki flight operation officer licence. Menurut akang, bagaimana caranya saya bisa bekerja di timur tengah, khususnya di Qatar dengan background saya tersebut? Barangkali kang Hendra dapat memberikan masukan atau informasi2 yang dapat saya search, bahkan membantu saya? Terima kasih kang….. Wasslm. Wr. Wb.

  23. hdmessa
    13/07/2009

    wa alaikum salam pak Eddy,

    perusahaan2 di timur tengah sangat menghargai tenaga kerja yg spesialis dan certified spt pak Eddy.

    di Abu Dhabi, saya banyak ketemu dg tman2 mantan karyawan IPTN yg kerja di persh penerbangan dan perawatan pesawat terbang, krn memang spesialis dan certified di bidang nya.

    begitu pula utk flight crew spt pak Eddy, sy banyak lihat crew2 penerbangan di sini spt emirate, etihad, qatar airways dll, berasal dari berbagai negara.
    utk level timur tengah persh penerbangan yg besar ialah emirates yg home base nya di Dubai.

    Dalam beberapa bulan belakangan ini krn krisis, memang ada dampak jg pada persh2 penerbangan, yg cukup maju saat ini ialah persh penerbangan low fare /cost jarak pendek spt fly dubai /air arabia dll.

    sy kurang faham bisnis penerbangan tsb, tapi utk info bisa search di google dg specific keywords atau di milis2 yg spesifik penerbangan /flight crew, bisa tanya juga pada tman2 mantan karyawan IPTN yg tersebar di berbagai penjuru dunia dan ada banyak jg di negara teluk ini.
    disini lah perlu nya membuka network

    sy ada kenal dg teman mantan IPTN di abu dhabi yg kerja di ADAT ( Abu Dhabi Aircraft Technology ) tapi itu di bidang teknik bukan jasa penerbangan, sy tak ada teman di bidang khusus flight crew tsb, kalau ada info bisa dikabari.

    pak Eddy yg lama pengalaman di pekerjaan tsb, sy kira pasti banyak teman di bidang yg sama pula, bisa dimulai dg cari info dari jalur tsb

    sekian dulu dari saya, smoga bermanfaat

    salam
    HM

  24. Arif
    24/09/2009

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Thanks kang Hendra telah bersusah payah membuat tulisan diatas. Sangat membantu dan informatif.
    Insya Allah saya segera menyusul utk mencari nafkah di timur tengah.
    Banyak peluang kerja di timur tengah tapi blm match dengan skill saya. Atau requirement yang terlalu tinggi dari employer.
    Applikasi sudah disebar, namun umpan blm disambut.
    Saya Sarjana Elektro dg pengalaman 11 thn di electronics manufacturing, 3 thn di trading utk power electrical project.
    Terimakasih sebelumnya utk kasih info kalo ada peluang bagus utk saya.

    Wassalam

  25. hdmessa
    24/09/2009

    wa alaikum salam,

    sama2 Arif, syukurlah ada manfaatnya tulisan ini,

    kalau sudah datang kesempatannya, akan kesampaian juga.
    Kita hanya berusaha, Allah swt lah yg menentukan jalan hidup ini..

    wassalam

  26. eka
    19/10/2009

    Mas saya mau tanya kalo untuk pekerjaan sebagai karyawan di supermarket di dubai untuk lulusan smu seperti saya ada ga ya, bahasa inggris saya untuk saat ini lom lancar banget, tyus pekerjaan untuk wanita lulusan smu selain PRT atw baby sister di sana ada ga ??, thanks jawabannya

  27. hdmessa
    19/10/2009

    Eka, kalau ke supermarket sy banyak lihat karyawan nya adalah org filipina dan india , jadi terbuka kemungkinan juga utk orang indonesia kerja di bidang tsb, tapi syarat nya memang harus lancar bahasa inggris nya dan mereka punya jaringan yg kuat sesama filipino atau india.

    jadi saran saya lancarkan dulu bahasa inggris nya dan cari relasi di bidang usaha tsb.

    saran saya jangan cari kerja spt baby siter atau pembantu rumah tangga di negeri yg jauh ini, hasil tak seberapa tapi pengorbannya tinggi, lebih baik cari kerja profesional spt perawat , kasir dll. tapi memang kita harus punya keahlian/pengalaman spesialis dulu

    sekian saran dari saya

    salam

    • eka
      26/10/2009

      thanks jawabannya mas,

  28. ian
    03/12/2009

    Assalamu’alaikum,

    Halo mas Hendra,

    Makasih banyak yah atas infonya, bener2 bermanfaat mas. makasih yah. tolong add YM saya boleh mas? di ian_shivt@yahoo.com

    trims,
    Ian

  29. rifky
    28/12/2009

    mas hendra, salam kenal
    saya rifky umur 29 saya kepengen banget ,kerja di dubai atau negara timteng lainnya, saya hair stylish jadi keah;lian saya di bidang rambut, mohon sarannya, kmana saya mesti pergi buat kerja disana apa melalui pt atau pa??

  30. hdmessa
    29/12/2009

    salam kenal juga Rifky,

    Dubai or abu dhabi, sudah menjadi semacam kota mode pula, banyak juga salon nya dan pasti hair stylish dibutuhkan juga.

    Tapi karena pekerjaan tsb spesifik dan tak massal seperti pekerja lain nya ( misal operator, pabrik dll ) , biasanya rekruitment nya khusus pula, mungkin bisa lewat link profesi ( salon, hair stylish dll ) , atau bisa coba dicari juga lewat link job information di gulf country ( via internet ).

    salam

  31. Barlian
    10/01/2010

    salam dari kota kembang,,

    tulisan Anda sangat bermanfaat, terutama bagi saya. tinggal dan bekerja di sana pernah menjadi obsesi saya,, sampai sekarang. mudah-mudahan masih ada kesempatan bagi saya dan bagi mereka yang juga punya keinginan yang sama seperti saya. Insya Allah, amin.

    teruslah berkarya dan berbagi informasi. sukses selalu.

    • hdmessa
      11/01/2010

      sama2, terima kasih juga rekan Barlian,
      apa pun yg terjadi pada jalan takdir kita, itu adalah yg terbaik, kita nikmati dan syukuri apa yg ada saat ini, selalu ada hikmah dibalik sesuatu kalau kita mau berpikir positif.

      salam juga utk kota kembang tercinta,
      mudah2 an masih sejuk dan indah

  32. al fahdy
    22/01/2010

    Assalamu’alaikum warahmah.. Kang hendra mudah-mudahan sehat selalu sekeluarga.. Klw bidang penerbitan, gimana ya kang? apa ada info? sy lulusan sastra Inggris, expertise penerjemah dan guru. Bhs Arab insya Alloh lancar. mdh2an jadi jln bwt naik haji spt akang..amien ya alloh..

  33. hdmessa
    22/01/2010

    wa alaikum salam, terima kasih doa nya,
    saya kurang tahu kalau mengenai bisnis penerbitan disini.
    dan rasanya belum ada org indonesia di bidang tsb, yg biasanya banyak di isi oleh org2 arab dari negara arab sekitar spt mesir atau india..,
    mudah2an bisa tercapai juga niat nya

    salam

  34. al fahdy
    23/01/2010

    hmm gitu ya kang, syukran atas infonya..amien atas doanya, sebetulnya kemarin juga saya sempet sms-an dgn teh hesti bliau temen teh sarah (kaka saya)..

  35. hdmessa
    23/01/2010

    sama2 Zaki,
    yah, betul teh Hesti kemarin sempat bilang juga

    mungkin bisa dicoba juga link ke saudi, dimana org indonesia lebih banyak disana dibanding di UAE sini. di Jeddah, banyak usaha bisnis yg karyawan nya adalah org2 indonesia, bahkan ada yg jadi pemilik juga.

    biasanya memang sudah ada relasi/koneksi sebelumnya, entah kenalan atau saudara dg mereka yg telah kerja di sana, jadi info nya bisa didapat dari teman2 atau saudara juga, selain dari info kerja yg resmi.

    Setelah informasi didapat dan ada kontak, proses selanjutnya adalah secara formal dg agen tenaga kerja.

    demikian semoga bermanfaat, salam utk teh Sarah dan keluarga besar ustad Usman Solehudin, dulu saya pernah mengaji juga dg beliau., salam juga utk beliau

  36. Benny
    17/02/2010

    Kang Hendra,

    Mantap pisan euy bagi-bagi infonya, semoga ikut ketularan deh ke Mid-East-nya.

    cheers,
    bmw

  37. hdmessa
    17/02/2010

    sama2 pak Benny,

    ditunggu, moga2 nanti apexindo-medco dapat project juga di middle east sini…

    kebetulan skarang lagi trend negara2 midle east memberi order project nya ( konstruksi, oil & gas, dll ) pada persh2 dari asia, spt korea selatan , jepang, china dll

    spt di UAE sini, utk project nuclear powernya, senilai 20 billion USD yg menang persh.dari korea selatan, persh2 dari negara2 besar spt perancis, USA dan jepang yg ikut tender malah kalah

    salam

  38. Mochtar
    18/02/2010

    salam bunk messa

    representative dech tulisannya, en moga dapet ke timteng juga, yang saya incer posisi doc control, soalnya sempet di EPC Oil&Gas, kawalan/teman sudah ada yang di qatar

    amien-amien nyusul juga

  39. hdmessa
    18/02/2010

    sama2 pak Mochtar,
    terima kasih kunjungan nya,
    semoga tercapai niatnya

    salam

  40. afri
    25/02/2010

    Salam pak messa,…
    biasanya emang si yang dipasang di iklan lowongan kerja tuh yang expert , min 3-5 years experience. klo yang fresh graduate kira2 gmn ya pak apply nya. saya lulusan tek.kim sebenere dah lulusan jadul tapi kerjanya menyuimpang dari education background😀. btw, denger2 di sana lagi krisis berat, apa itu juga berpengaruh ya pak ama low kerja. thx for infonya
    Wassalam

  41. hdmessa
    25/02/2010

    salam juga Afri,

    utk level fresh graduate mereka lebih mengutamakan lulusan dari negara bersangkutan.
    Utk jalur fresh graduate bisa juga lewat jalur pada persh multinational spt schlumberger, total dll , rekrut di Indonesia, kemudian ditempatkan kerja di berbagai penjuru dunia. spt di schlumberger abu dhabi, ada juga tman2 dari Indonesia.

    memang krisis ada memberi dampak juga di sini, khususnya pada sektor konstruksi spt yg terjadi di Dubai dimana banyak terjadi juga lay off.

    Utk project2 migas sy lihat sebagian besar tetap jalan, spt project2 berkaitan dg eksplorasi gas di Qatar yg terus berlangsung..

    sekian, semoga bermanfaat

  42. Hariyanto
    10/03/2010

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Terima kasih, Kang Hendra atas informasi mendalam tentang mencari kerja di timur tengah. Saya nilai sangat informatif. Mudah-mudahan Alloh Ta’ala memberikan kesempatan untuk saya bekerja di timur tengah.

    Wassalam,
    Hariyanto
    Kakap Field, South China Sea

  43. hdmessa
    10/03/2010

    wa alaikum salam,

    amien, sama2 mas Hariyanto,
    kerja dimana juga sama saja, masing2 manusia punya jalan takdir nya masing2.
    mudah2an tercapai juga cita2 nya

    salam hangat dari negeri gurun pasir utk teman2 star energy di laut cina selatan sana

  44. Agus Hariyanto
    23/04/2010

    Asssalammualikum, Kang Hendra,

    Smart and very talented writer!!
    Salam kenal, kang Hendra seblumnya saya akan menarik sedikit tali persaudaraan, saya adik ipar mbak Effi kakak kandung mas Ayek (Arief Irwanto). suami mbak Effie Mas Rusdiyono kakak saya.
    Kang Hendra, skrg saya kebetulan sedang berada di negerinya p’Obama sejak tahun 2003, study di bidang Medical Technology Technician, ada rasanya ingin merasakan suasana tinggal, bekerja dan menjalankan ibadah, negeri gurun. Sambil menyiapkan segala sesuatunya (license) dari negeri paman sam, sudilah kiranya Kang Hendra memberikan info mengenai Health career (medical Technologist) di negeri kang Hendra tinggal. Saya juga ada rencana mau ambil Medical technology license di Canada, kira2 kang Hendra ada saran buat ber-migrasi ke Canada (appreciation buat Islam lebih dalam). mudah2an kita bisa bertukar info, sesama pengembara meskipun lain padepokan (madura) he he. Mudah2an kita dimudahkan segala urusan. Ameen.
    JasaaAllahu khair.

    Best Wishes,

    Wassalam,
    Agus Hariyanto

  45. hdmessa
    24/04/2010

    Wa alaikum salam,

    Alhamdulillah bisa silaturahmi dg saudara yg jauh di negeri sebrang sana, terima kasih perkenalan dan apresiasi nya. Yah saya pernah dengar mas Arief, cerita juga ttg mbak Efi, salam utk keluarga besarnya.

    UAE negara arab yg maju dan modern, termasuk dalam bidang kesehatan, mereka memiliki fasilitas dan manajemen kesehatan yg bagus, sy kira lebih dari Indonesia. Fasilitas kesehatan disini dalam pengembangan nya, banyak kerjasama dg luar negeri, antara lain dg institusi kesehatan di Amerika dan Canada, salah satu Institusi kesehatan terbesar di sini, SKMC , kerjasama dg Cleveland clinic, Ohio, silakan di lihat di website nya ;
    “http://www.skmc.gov.ae” , “http://my.clevelandclinic.org/”,

    dan banyak medical institution lain nya, yg world class standard, bisa di search di google.

    Penduduk aseli UAE, hanya 20 %, sisanya pendatang, tenaga medic ( perawat ) kebanyakan dari Filipina, sedangkan dokternya dari berbagai negara mulai dari negara2 eropa (majority british), amerika sampai negeri arab sekitar ( mesir, Lebanon dll ) , bagus sekali kalau ada dokter Indonesia disini, karena jumlah org Indonesia disini cukup banyak juga, dan sering ada problem komunikasi saat menyampaikan keluhan penyakit pada dokter dari negara lain.

    Orang2 dari negeri2 eropa, senang sekali kerja disini, karena tax free ( nggak ada pajak) dan fasilitas hidupnya cukup memadai ( british standard)

    Utk Canada, saya tak memiliki informasi , tapi memang banyak teman2 yg berimigrasi ke sana, antara lain karena suasana hidupnya yg lebih tenang dan toleran.

    Amien, terima kasih doa nya

  46. sakinah
    23/09/2010

    saya berminat baca blog kamu..saya orang malaysia…saya kepingin benar mahu netap dan pingin suami saya bekerja di arab tapi pelbagai agensi di malaysia telah saya cuba..molanya klu bisa mau suami saya dahuluan..selepas itu barulah saya dan anak2 pula ke sana..bagaimana ya peluang yg terbaik..?terima kasih ya…

  47. hdmessa
    23/09/2010

    terima kasih kunjungan nya Sakinah,

    alhamdulilah banyak juga expatriat dari malaysia yg kerja di negeri timur tengah, di tempat saya kerja juga banyak tman2 dari malaysia, terus sajalah coba, karena masih banyak peluang2 baru,
    akan lebih cepat bila pekerjaan yg dicari sesuai dg pengalaman dan keahlian nya.

    biasanya memang spt itu, keluarga akan ikut belakangan

    salam

  48. Anto
    12/10/2010

    Saya adalah seorang desain grafis dan berpengalaman selama 7 tahun di percetakan dan di majalah selama 2 tahun. Dimana ya saya harus mencari info lowongan di middle east yg sesuai dgn pengalaman saya tersebut. Makasih ya pak sbelumnya..

    • hdmessa
      13/10/2010

      terima kasih mas Anto, kunjungan nya,

      bidang desain grafis cukup spesifik, tetap ada kebutuhan nya, tapi tak begitu besar, semisal kebutuhan utk pekerja di pabrik kimia atau migas. jadi job info nya tak di iklankan secara besar2an, jadi agak harus jeli juga mencarinya, atau lewat relasi / kawan yg memenuhi keahlian yg sama.

      selintas saya lihat di Dubai, desain grafis cukup maju dan banyak terpakai secara praktis, krn sy lihat banyak sekali2 yg unik disana, tapi mohon maaf saya kurang memahami bidang bisnis tsb.

      untuk membantu bisa dg cari info di internet ( web atau milis desain )

      salam

  49. terima kasih informasinya

  50. hdmessa
    21/02/2011

    sama2, syukur bermanfaat

  51. Ardianto H
    09/03/2011

    Wah bagus dan lengkap mas Hendra. Hampir sama dengan Kuwait. Blog ane juga jadi rujukan banyak orang yang mau kerja ke Kuwait, tapi ane tak bisa nulis panjang seperti mas Hendra.

    http://www.capmanuk.com/

  52. hdmessa
    09/03/2011

    sama2 mas Ardianto,
    bagus juga blog nya,

    senang bisa kenalan dg rekan di kuwait,

    salam

  53. sugeng br
    27/04/2011

    @ Bp. Hendra Messa

    salam kenal, nama saya sugeng di cilegon-banten Saya mau tanya nih: saya ingin sekali bekerja di timurtengan/abu dabi tapi bahasa inggris saya kurang baik, kira2 bisa kah saya di terima kerja di sana

    Mohon saran nya Terimaksih

  54. hdmessa
    27/04/2011

    salam kenal juga pak Sugeng,
    bahasa inggris adalah syarat komunikasi utk kerja di luar negeri, tingkatkan saja dulu kemampuan nya dg banyak belajar dan praktek.

    kalau tak bisa bahasa inggris, bhs arab juga bisa khususnya di saudi arabia, tapi kalau di Abu Dhabi, UAE, bhs sehari2 yg banyak dipakai bhs inggris, selain bhs arab.

    salam

    salam

  55. muhaemin
    23/05/2011

    mas aku lagi mencari perusahaaan asing yang membutuhkan tenaga konstruksi dari indonesia kalau ada

  56. hdmessa
    23/05/2011

    mas Muhaemin, di abu dhabi & dubai, kebanyakan project dilakukan kontraktor asing. sampai project piping & galian dg kompleks perumahan sy yg ngerjakan kontraktor dari china.

    pasti mereka membutuhkan kontraktor indonesia yg dianggap rajin kerja.
    di abu dhabi, dulu ada beberapa project yg subkontraktor nya dari indonesia, klu tak salah, PT Pembangunan perumahan , wijaya karya dll ( maaf lupa pasti nya )

    pola nya adalah jemput bola, cari kesini, kita mendatangi project , kontraktor utama, bukan menunggu mereka mencari kita.

    bisa hubungi atase perdagangan KBRI Abu Dhabi, atau negara arab lain nya.

    Qatar lagi membangun besar2an menghadapi piala dunia 2020

    salam

  57. fahmi rizal
    23/09/2011

    assalam alaikum ya akhii. Keif halik? Masyallah,.. Saya fahmi. Dulu thn 2009 sy di u.a.e tepatnya di minay. Saya pulang ke indon kira2 januari 2010. Dulu saya kerja alhamdlillah cuma jadi tukang kebon,ngurusin onta,kambing 40 ekor,sapi 5,ayam,bebek,kelinci. Hehehe itu jg cuma sendirian, makanya sy minta pulang, trus visa sy di cancel dgn cara baik2,trus pulang. Tadinya ditawarin cuti aja,tp sy ga mau. Nah skrg saya ada niat mao ksana lagi, paspor saya msh hidup sampe april 2012. Kalo saya dapet visa dr u.a.e trus sy beli tiket pergi, kira2 ada masalah di bandara jkt ga sama saya? Krn saya denger2 gosip yg ga jelas katanya saya hrs bikin paspor lagi. Katanya lagi harus lewat agen lagi, krn harus pake paspor Tki. Apa iya paspor saya yg msh hidup harus diganti sama yg baru? Masalahnya bikin paspor tki tuh harus di tangerang, dan prosesnya sangat2 tdk manusiawi,biaya nya bisa sampe 3jt an kalo dari agen,dan ga bisa bikin paspor tki tanpa agen.itu juga “katanya”. Lagi2 “katanya’ kalo utk kerja di middle east, paspornya harus Tki,ga bisa pake paspor biasa. Waktu sy crita sama org dubai sy diketawain, dia bilang aneh banget si peraturan di indon. Begitu juga tanggepan temen2 dr pakistan,bangladesh. Tapi jujur saya masih khawatir kalo saya udah minta visa (krn paspor sy msh berlaku) trus beli tiket, tapi dicekal di bandara jkt, gara2 saya ga bikin paspor baru gituh. Kalo didubai stahu saya kalo udah pernah ke dubai trus keluar, ga boleh masuk sblm genep 1 thn. Kerjaan yg di tawarin ke saya, supir,jaga pombensin,supermarket,tekhnisi komputer. Krn bos saya kaget waktu dia lihat saya bisa nyupir,kalo ngobrol pk bhs inggrs terus, juga pernah disuruh benerin komputer,laptop yg rusak(pdhal cuma diinstall ulang, beres deh). Makanya sy minta pulang dulu, sama istri juga (krn wkt itu kami blum punya anak). Bos saya juga tlp2 saya terus suruh ksana. Gituh pa hendra, ada saran buat saya ga?

  58. hdmessa
    06/10/2011

    wa alaikum salam, kullu tamam , Fahmi,
    maaf terlambat reply.

    untuk kerja ke luar negeri, tak selalu harus pakai passport TKI , kecuali memang yg diberangkatkan oleh agen /kerjasama antar negara, tapi kalau jadi pekerja profesional mandiri , bisa pakai passport biasa, yg jelas harus ada sponsor di luar negeri yg jadi acuan. mantan bos di UAE sana, bisa jadi sponsor. waktu di bandara bilang saja TKI mandiri dan memang harus meyakinkan antara lain ada kontrak kerja dan kelengkapan lain nya dg bos yg akan jadi sponsor kita disana. selain itu penampilan berpengaruh juga, kita harus tampil necis , percaya diri dan punya argumen kuat, jadi nggak dianggap spt TKI pembantu rumah tangga atau kerja rendahan lain nya.
    saran saya, buat kontrak kerja yg jelas dg pihak pemberi kerja,kalau bisa kerja entry visa nya, dibuatkan oleh sponsor di UAE sana, nanti dikirim ke Indonesia, utk dibawa saat berangkat. nanti baru di urus resident permit visa nya, kalau sdh resident visa, akan mudah.

    itu sekedar saran dari sy, krn sy banyak ketemu juga, para pekerja spt itu yg proses visa dan keberangkatan nya diurus oleh sponsor ( tempat kita kerja nanti )

    salam

  59. Helmi salmin
    20/10/2011

    Asalamualaikum wr wb

    Alhamdulillah saya bisa membaca artikel mas ini, nama saya Helmi salmin, saya bekerja di perusahan tenaga kerja indonesia di jakarta sebagai marketing, saya lagi mencari agency atau perusahan manpower suplly yang ada di negara timur tengah untuk bekerja sama dalam pengiriman ctki kenegara tersebut baik untuk bidang formal maupun in formal.Pengalaman saya , sudah membantu mengirim tenaga kerja dari Indonesia dalam kurun waktu 6 thn kebelakang kira-kira 8000 orang untuk sektor formal dan informal, tapi kebanyakan untuk negara malaysia,brunei, serta sedikit untuk timur tengah, tenaga kerja yang saya sudah kirim untuk bidang, konstruksi,perkebunan ,perhotelan,perawat, pembantu rumah,sopir,welder,oprator produksi, dll, saya sangat berharap mas bisa membantu bila ada perusahan di timteng yang ingin bekerja sama.

    semoga Allah memberi jalan dan kemudahan pada kita semua

    salam

    Helmi salmin

  60. hdmessa
    27/10/2011

    wa alaikum salam pak Helmi,
    terima kasih perkenalan nya,

    untuk kerjasama usaha dan peluang2 usaha pengadaan tenaga kerja di negara timur tengah, saya kurang faham hal tsb, bagusnya, bisa langsung menghubungi pihak KBRI setempat yg mana biasanya ada bagian hubungan ekonomi/bisnis. utk UAE di Abu Dhabi, utk Qatar di Doha.

    setahu saya, satu hal yg harus diperbaiki dari persh2 penyalur tenaga kerja indonesia ialah utk meningkatkan kualitas & kompetensi tenaga kerja dan menghilangkan praktek2 yg tidak baik dalam proses perekrutan dan pemberangkatan tenaga kerja yg merugikan tenaga kerja bersangkutan. Khusus negara UAE mereka telah berusaha utk mencegah hal tsb dg menyiapkan sistem yg baik utk mencegah terjadinya praktek2 negatif yg merugikan tsb.

    salam
    HM

  61. annisa
    23/11/2011

    Assalammualaikum pa hendra,
    saya mau tanya pak ttg perusahaan disana apakah̲̅ menyediakan visa resident untuk keluarga ?

  62. hdmessa
    24/11/2011

    wa alaikum salam, Annisa,

    penyediaan resident visa utk keluarga, tergantung dari kesepakatan awal di kontrak kerja. bila family status maka perusahaan akan mengurus ( & membiayai ) pembuatan entry visa dan juga resident visa, tapi kalau status kerjanya single ( without family ) maka pekerja yg bersangkutan yg mengurus nya

    terima kasih

  63. Hendra Triyanto
    22/01/2012

    Assalamu’alaikum…Mas Hendra,

    Mas, kami bertiga sudah berkeluarga, rencana mau bawa kemari kemungkinan 6 bln ato 1 thn lag lah. Kebetulan kami family status, housing da di provide by company. Klo misalnya kami gak ngambil rumah dulu masing2 trus satu rumah bersama bisa tidak?? Kami sih belum tanya ma company, siapa tahu Mas’e pernah jumpai case kayak ini…

    Terima kasih,

    • hdmessa
      22/01/2012

      wa alaikum salam,

      saran saya lebih baik terus terang apa adanya dg perusahaan , bilang bahwa keluarga akan datang nanti , biar perusahaan yg memutuskan spt apa baiknya,
      mereka akan memberikan solusi terbaik

      sy belum pernah temui hal tsb, yg ada kalau misal masih lama keluarga datang, ambil dulu single status, nanti minta di ubah saat keluarga datang, negara UAE sangat ketat dan jelas peraturan2 nya, kalau kita ikuti tak akan merugikan kita, kalau melanggar peraturan tegas juga ketentuan nya

      salam

  64. Yulima Mulyo
    27/08/2012

    Salam Kenal Pak Hendra..

    Ma’af Pak, Kalau boleh tahu, biaya hidup selama satu bulan di Abu Dhabi berapa..? Dan rahasia bisa ngirit hidup disana biar pulang masih ada tabungan dengan asumsi plus sewa apartement Pak Hendra..serta dimana kita bisa dapatkan makanan khas Indonesia dengan harga yang nggak terlalu mahal tentunya Pak..kira-kira sekali makan dengan menu tersebut disana berapa Dolar US..?? Terima kasih sebelumnya atas bantuan Pak Hendra..

    Salam

    • hdmessa
      31/08/2012

      salam kenal juga pak Yulimo,
      terima kasih kunjungan nya,

      biaya hidup di abu dhabi, tergantung juga pada life style kita masing2, komponen terbesar ialah sewa apartement/tempat tinggal, harus disepakati dulu dg perusahaan tempat kerja, apakah biaya akomodasi ( tempat tinggal, transport dll ) ditanggung persh atau kita biayai sendiri ? , kalau dibiayai sendiri dan utk hidup hemat, total biaya sebulan utk bujangan ialah sekitar 3,000 sampai 5,000 dirham ( 1 dirham = Rp 2,400 ) , jadi antara sekitar rp 6 sampai 9 juta per bulan. kalau bawa keluarga lebih mahal lagi, terutama pendidikan dan kesehatan.

      transportasi umum relatif murah dan bagus. ada bbrp restoran indonesia di abu dhabi, restoran sari rasa dan bandung, klu sdh lama disini, lidah kita bisa cocok pula dg restoran filipina, thailand, pakistan, india dll. yg relatif lebih murah karena banyak tersedia. masakan indonesia ( padang ) di restoran sari rasa abu dhabi, utk standar menu sekitar 20 dirham ( sekitar 6 USD ).

      secara umum biaya hidup tertinggi ialah sewa apartement, kesehatan,pendidikan,air, listrik, sedangkan transportasi dan makanan relatif murah, bahan makanan lengkap tersedia. kalau biaya2 dasar spt apartement, pendidikan, kesehatan, air, listrik bisa ditanggung perusahaan, saya kira bisa hidup cukup dan saving utk kerja di abu dhabi

      sekian dari saya, semoga bermanfaat

      salam

      • adie
        04/09/2012

        Assalamu’alaikum Kang Hendra…

        Salam kenal kang, saya Adie. Saya sudah mengamati tulisan akang beberapa waktu yang lalu, berawal dari postingan di milis muslim3bdg, kebetulan saya anggota milis angkatan 95.

        Insya Allah, saya mau berangkat ke Abu Dhabi pertengahan September ini. Saat ini sedang cari-cari apartement. Kriteria utama, pengennya yang deket mesjid, tapi setelah googling kok kebanyakan dapetnya mesjid gede-gede ya. Apa memang disana gak ada mesjid kecil2 deket apartemen ya? Kebetulan kantor di daerah tourist club.

        Barangkali Kang Hendra tau, mohon infonya ya Kang…

        salam,

  65. hdmessa
    05/09/2012

    wa alaikuim salam Adie,
    selamat datang di Abu Dhabi, terima kasih atas apresiasi tulisan nya,

    kalau di google biasanya hanya mesjid besar yg di upload disana,
    di daerah pemukiman di abu dhabi banyak mesjid ukuran2 sedang, semisal di daerah tourist club, di dekat restoran sari nusa atau restoran bandung biasanya selalu ada mesjid2 ukuran sedang di tiap blok. banyak para pekerja indonesia yg tinggal di blok2 apartement di tengah kota Abu DHabi, semisal daerah elektra street, hamdan street, tourist club dll, sy pernah ke sana, biasanya di dekatnya ada mesjid ukuran sedang.

    kalau mau cari apartement bagusnya gabung dg tman2 indonesia juga utk memudahkan komunikasi dan keperluan lain nya, banyak juga org2 bandung di abu dhabi, antara lain yg dulu kerja di IPTN. Saya tak tinggal di tengah kota Abu Dhabi, mungkin bisa tanya teman2 yg tinggal disana, coba email ke Iman (hyang.geoengine at yahoo.com ) atau sesepuh orang Indonesia di Abu Dhabi, pak Lalan purnama , ( lalanp at yahoo.com )

    salam

  66. adie
    05/09/2012

    Terima kasih Kang,
    Saya ingin konsultasi lebih jauh lewat japri. Boleh share email addressnya Kang?

  67. hdmessa
    05/09/2012

    silahkan saja Adie, ini email saya ; ( hdmessa at yahoo.com )

    salam

  68. arie
    09/10/2012

    asalamualaikum kang,, saya ari, profesi saya sebagai perawat khusus kamar bedah, saya ingin tahu peluang kerja di UEA yg sesuai keahlian saya ada ga? saya sudah lama mencari info info lowongan kerja. tapi ga ada yang berhasil..

    • hdmessa
      11/10/2012

      wa alaikum salam mas Arie, masih terbuka peluang utk perawat indonesia, banyak rumah sakit baru yg membutuhkan keahlian tsb, coba cari network dg para perawat indonesia di middle east sini, dg referensi pertemanan akan lebih mudah,
      salam

      • rizki
        13/10/2012

        asslamu’akum kang hendra…
        Salam kenal dari dr saya Rizqie..
        Thak u dah kasih2 info nya…
        Moga manfaan bg umat ..
        Dan Moga sukses dunia akhirat..!!
        Mw nanya…
        Untuk lowongan sebagai karyawan toko/pabric..dll kira2 bnyak gak??
        dan gaji untuk seorang karayawan brp perbulan??
        dan persyaratan ntuk kerja jd karyawan .toko/pabric dll..apa aja??

        Klo kita mw ngajar ngaji/ imam masjid ada gak??

        dan untuk pesiapan uang kita butuh brpa
        untuk biaya hidup sebelum dpt kerja/bulan prtama.???

        Mohon jawaban nya kang..!!
        Wasslamua’laikum..

  69. hdmessa
    13/10/2012

    wa alaikum salam Rizki,

    banyak juga peluang utk jadi karyawan toko atau pabrik,
    kebanyakan saat ini pelayan toko adalah org Pilipina, yg dianggap bagus pelayanan nya dan bagus pula bahasa inggris nya, penguasaan bahasa inggris yg kurang, adalah salah satu kelemahan org indonesia. itu salah satu syarat utamanya, selain berpengalaman di bidang nya,

    saya kurang tahu standard gaji utk karyawan toko.
    utk pabrik, beragam, tergantung bidang usaha nya,

    perhitungan kasarnya, kira2 3-4 kali gaji utk level yg sama di Indonesia.

    ada juga kebutuhan untuk Imam mesjid, tapi syaratnya ketat, harus hapal al qur’an dan lancar bahasa arab.

    kalau sudah mendapatkan kerja dan ada kontrak kerja yg jelas, sejak awal kita akan mendapat dana talangan dari perusahaan keperluan awal, biasanya dipotong dari gaji.

    sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat

    salam

  70. hery muqoddas
    29/01/2013

    assalam..wr wb.mas hendra thanks untuk penjelasannya.smoga mamfaat bagi orang banyak.mas hendra saya tertarik untuk bekerja di UEA.cuma ga tahu caranya,tolong dong kasih info agent yang bisa bawa saya kesana.saya mau bekerja diperusahaan apa saja.pengalaman saya diperusahaan sepatu.tapi saya juga mau bekerja direstoran atau dihotel.thanks mas hendra.

    • hdmessa
      29/01/2013

      wa alaikum salam, mas Hery,

      agen resmi yg sy kenal ialah PT Gunamandiri Paripurna , alamat nya ;

      Jl. Kapten Tendean No.24 Mampang Perapatan
      Jakarta 12720 – Indonesia
      Telp : +62-21 7191060(Hunting)

      ada juga agen2 yg lain, yg memberangkatkan tenaga labour/non skill, tapi sy kurang tahu, tapi harap berhati2 pula dg agen yg tidak jelas, karena bisa merugikan.
      Setahu saya PT Gunamandiri cukup terpercaya.

      salam

  71. agis
    25/02/2013

    kang hendra,htr nuhun pisan buat infonya yg sangat lengkap..tp punten ada yg mau ditanya:
    1.keluarga kang hendra dibawa ke ruwais kan ya?jeda berapa bln setelah kang hendra tiba lebih dulu di ruwais?
    2.disana tetap makan nasi atau ada pengganti nasi?haha..silly question tp saya gak bisa hidup tanpa nasi kang..denger2 harga beras impor disana lmyn mahal..
    3.anak2 umur brp pas pindah?ada kendala dalam adaptasi dan masalah bahasa dengan teman2 sekolah gak? Sebelum pindah ke ruwais anak2 les bhs inggris dulu gak?
    Anak saya umur 5 thn dan sunda pisan bicaranya,tau bhs inggris cuma alphabet dan berhitung 1-10 aja.
    4.katanya ssdh sampai di uae istri wajib medical check up jg,apa aja yg dicheck up?
    5.ada info soal komunitas gasco yg site-nya di habshan gak?
    Htr nuhun sateuacanna kang..punten ngarepotkeun..smg sukses dunia akhirat,amin..

    • hdmessa
      25/02/2013

      sama2 kang Agis,

      1. ya , keluarga dibawa kesini, dulu nunggu dulu dapat akomodasi dan tahun ajaran baru utk skolah ( september ), tiba stelah 6 bulan
      2. insya Allah, disini banyak nasi, harga terjangkau , disini banyak org filipina, indonesia, thailand yg makanan pokoknya nasi, jadi banyak beras
      3. anak2 cepat adaptasi, bagusnya anak2 les bahasa inggris dulu, terutama utk tes masuk sekolah, anak2 cepat belajar bahasa, bisa cepat ngobrol dg teman2 bangsa lain
      4. yah, medical check up screening standard kesehatan, test HIV Aids, hepatitis & TBC, kalau sehat wal afiat, insya Allah, bisa lolos
      5. banyak org Indonesia di Gasco habsan, ada yg tinggal di site gasco atau kota madinat zayed di dekat nya

      sami2, salam

  72. Margons
    12/03/2013

    Trmkash …atas info dan sarannya bg kita yng belum pernah ke luar indonesia

  73. Kang Hendri
    11/05/2013

    Sae pisan, A Hendra artikel na, nepangkeun Abdi Hendri ti Ciwidey, saya background pendidikan SMA dan diploma 1 perhotelan, pernah jadi security guard/officer, apakah ada peluang utk kerja di Abu Dhabi/Dubai?, mohon petunjuk A Hendra , Semangat

    Wassalam

    • hdmessa
      12/05/2013

      Nuhun kang Hendri komentar na,

      ada peluang utk kerja perhotelan di Dubai dan Abu Dhabi, khususnya Dubai yg lebih besar kota nya, lebih banyak hotel nya, saya banyak ketemu dg org2 Indonesia yg kerja di hotel di Dubai, sebagian lulusan dari NHI / Sekolah Tinggi Perhotelan Bandung, sy tak kerja di bidang tsb , kurang tahu info nya, bisa ditanyakan pada teman2 di STPB tsb , milis dll, bisa juga ditanyakan di milis , komunitas masyarakat Indonesia di Dubai.

      Utk tenaga security, disini kebanyakan adalah org2 Nepal yg sudah terkenal lama sebagai tenaga keamanan yg tangguh ( ingat tentara Gurkha org Nepal dlm tentara Inggris ) , saran saya utk di perhotelan di bidang yg selain security, karena org Indonesia sudah dikenal, handal dalam bidang tsb.

      Untuk info nya, bisa juga di tanyakan pada agen tenaga kerja Indonesia yg suka mengirim tenaga perhotelan, iklan nya suka ada di koran.

      Saya kurang tahu banyak, karena saya tak bekerja di bidang tersebut

      selamat mencoba, semoga berhasil

      salam

  74. linasellinl
    03/06/2013

    Salam. Saya Lina lulusan UIN Bdg jurusan bahasa dan sastra Arab. Saat ini bekerja sbg editor buku di jakarta. Kira2 apa ada lowongan yang bagus buat saya di sana? Misalnya yang berkaitan dg tulis menulis. nuhun infonya

    • hdmessa
      03/06/2013

      wa alaikum salam Lina,

      Saya kurang tahu mengenai peluang kerja di bidang penerbitan/tulis menulis di negara UAE.
      Yang saya kira ada peluang mungkin di Saudi Arabia, karena saya lihat banyak penerbitan buku2
      agama berbahasa Indonesia yg diterbitkan oleh penerbit Saudi, khususnya buku2 agama, kegiaatan haji/umroh
      Saudi banyak menerjemahkan buku2 bhs arab ke berbagai bahasa, termasuk bhs Indonesia

      demikian informasi yg saya tahu

      salam

  75. doni aprianto
    16/06/2013

    salm kenal kang hendra,
    saya mau nanya ni,saya dapat panggilan interview di abu dhabi oleh fertil,dengan total salary 10,764 dhs,dengan family status,yang bingin saya tanyakan dengan total salry tsb apa cukup untuk biaya hidup disana,dan apakah masih bisa saving ? utk akomodasi ,kesehatan,sama pendidikan anak di tanggung fertil,tapi untuk tiket pulang cuti ke indonesia sepertiny gk di kasih,apakah ini sama dengan grup adnoc yg lain,terima kasih kang

    • hdmessa
      16/06/2013

      salam kenal juga Doni,
      terima kasih kunjungan nya, selamat telah diterima di Fertil,

      Fertil, adalah salah satu persh dalam grup ADNOC, persh minyak & negara UAE, spt Pertamina di negeri kita,
      semua persh dalam grup Adnoc, memiliki standard salary & sistem kerja yg mirip,

      total salary sbesar itu, cukup utk hidup berkeluarga di Abu Dhabi sini, karena biaya lain, spt perumahan, pendidikan, keselatan dll, ditanggung persh

      Fertil, berada di Ruwais, kota kecil mandiri yg didirikan Adnoc, smua karyawan grup Adnoc tinggal di perumahan di kompleks Ruwais tsb, saya pun tinggal disana, dan banyak keluarga Indonesia yg tinggal disini, ada komunitasnya, jadi akan banyak teman, tak terasa asing disini.

      sesuai standard persh Adnoc, tiket pulang setiap tahun disediakan persh, biasanya dimasukkan dalam struktur salary, tak terpisah, jadi sebagian org tak menyadarinya.

      Ruwais kota kecil mandiri dg fasilitas yg lengkap, jadi dg salary sebesar itu bisa cukup dan masih bisa nabung, tapi skali lagi, itu smua tergantung juga
      pada gaya hidup kita masing2, kalau gaya hidup boros, sering belanja yah tak cukup sebanyak apapun gaji kita, tapi kalau hidup sederhana, mau hemat, masih bisa utk saving.

      salam

      salam

  76. doni aprianto
    18/06/2013

    ralat kang hendra,belum di terima tapi bru di invite untuk f to f interview di abu dhabi ,mohon doa ny semoga bisa di terima,dan bisa ketemu kang hendra di ruwais, terima kasih

  77. doni aprianto
    18/07/2013

    assalamualaikum kang,
    kang ada kontak orang indonesia di fertil ruwais gak,saya mau nanya suasana kerja disana,alhamdulillah saya diterima oleh mereka tetapi saya belum memutuskan untuk mengambil pekerjaan ini atau gak,apakah kang hendra ada saran.terima kasih
    salam

    doni

    • hdmessa
      20/07/2013

      wa alaikum salam, Doni,

      ada banyak org Indonesia di Fertil Ruwais, ada sekitar 50 org saat ini, berasal dari berbagai pabrik pupuk di Indonesia, mulai dari Pupuk di Aceh sampai yg di Bontang. Fertil adalah grup ADNOC, persh migas UAE, semua pegawai akan dapat rumah/flat ( keluarga dan sharing) di Ruwais, tak jauh dari lokasi pabrik. Kesempatan yg baik, silahkan di ambil, untuk ngobrol2 bisa kirim email ke pak Peri di email berikut ;

      di Ruwais, selain dari Fertil, banyak industri hulu migas lainnya, dan banyak org Indonesia nya, saat ini ada org Indonesia sekitar 300 kepala keluarga dan 300 org yg sharing yg tinggal di Ruwais, jadi total sekitar 500 org, ada juga komunitas nya, disini serasa di kampung sendiri saja

      salam

  78. eva
    14/08/2013

    Assalamu alaikum,
    saya tertarik ke UAE, spesifikasi di financial. tapi apakan disana graduate dari universitas mutlak diperlukan?

    • hdmessa
      02/09/2013

      wa alaikum salam,

      di UAE secara umum para pekerja profesional harus memiliki sertifikasi keahlian yg jelas & international accredited,
      spt CFA, CFP dll tak mutlak harus lulusan university tapi lulusan dari pendidikan lain nya spt diploma dll.

      Untuk pekerja expatriat disini lebih dipentingkan sertifikasi dan pengalaman kerja

      salam

      salam

  79. Rahmatunnisa caca
    02/09/2013

    Aslkm sy mau tanya Kalo sy mau tinggal di apartement di MAKAH biaya minimal berapa ya perbulan untuk seoarang perempuan single parent tanpa mahram. usia sy 50th.sy mau buka usaha Spa delivery di Apartement.terima kasih.

    • hdmessa
      02/09/2013

      wa alaikum salam,ibu Rahmatunnisa,

      Saya kurang tahu detail informasi utk usaha di Makah tsb, mungkin bisa ditanya juga pada Saudi embassy di Jakarta atau atase perdagangan/ekonomi KBRI di Saudi Arabia. maaf saya tinggal di Abu Dhabi, UAE, salam

  80. fahroj
    23/12/2013

    salam kang hendra
    inshaallah pertengahan januari saya mau berangkat kekuwait dan bekerja di soor company sebagai maintenance technician kontrak selama 2 thn dan sy juga ada rencana mau cari kerja di perusahaan lain di negara middle east kira kira bisa gak kl jika di tengah kontrak sy putus dan sy bergabung di perusahaan lain.

    • hdmessa
      23/12/2013

      wa alaikum salam,
      selamat sudah dapat kerja di Kuwait,

      dalam pekerjaan kita harus menjaga kepercayaan termasuk memenuhi kontrak sampai selesai,
      berbeda dg di Indonesia, di negeri tim teng ini, saat pindah kerja ke perusahaan lain harus ada clearance dari perusahaan sebelumnya,
      karena persh tsb sebagai sponsor kita dalam pasport, jadi tak bisa pindah kalau kontrak belum selesai,
      kecuali kalau pindah negara.
      saran saya kontrak harus dipenuhi dulu baru pindah ke perusahaan lain, utk menjaga reputasi kerja kita

      salam

  81. apriani
    24/12/2013

    assalammualikum mas hendra..
    saya mau nanya mas,, klo ada tawaran bekerja di bidang retail di dubai gaji 3000dirham (gaji pokok 1800, sisanya untuk akomodasi dan makan),, akomodasi disiapin oleh perusahaan (biasanya untuk 2 orang), transport jg dpt fasilitas bis anter jemput, atau bs diganti uang 100dirham perhari.. dgn kontrak single status.. yg mau saya tanya, dgn tawaran gaji segitu, klo saya berniat bawa anak saya yg msh kecil, gmn ya pak peraturan nya, apa hrs memberitahukan dgn perusahaan? walopun semua syarat2 untuk anak saya, saya yg urus, trmasuk tiket pesawat,, dan “seandainya” diijinkan oleh perusahaan (dgn tanggungan biaya sendiri), rencana saya mau titipkan anak saya d daycare sewaktu saya bekerja,, mas hendra tau tidak ya info mengenai waktu penitipan anak di daycare dubai / abudhabi (dari jam brp sampe jam brp nya) dan biaya nya? makasih banyak mas hendra,,

    • hdmessa
      24/12/2013

      wa alaikum salam bu Apriani,

      Setahu saya ada peraturan utk bisa bawa keluarga ke UAE ada batasan minimal salary orang tuanya, di bawah batas tsb tak diperkenankan, sehingga tak bisa mendapatkan resident visa utk anak nya. Saya kurang tahu pasti berapa nilai batas gaji tsb, bisa ditanya ke pihah UAE embassy di Jakarta atau agen tenaga kerja nya. Untuk bawa keluarga harus memberi tahu perusahaan, karena perusahaan sebagai sponsor utk mengajukan visa.

      Menurut pendapat saya, gaji sebesar itu, memang cukup utk tinggal single, tapi kalau dg keluarga agak berat, karena biaya kesehatan, pendidikan dan tempat tinggal cukup mahal, kecuali kalau smua itu ditanggung perusahaan. Saya kurang tahu info daycare di Dubai, karena sy tinggal di emirate Abu Dhabi, tetangga nya Dubai. Saya kira biaya daycare pun tak murah.

      Saran saya, coba bisa cari info lebih jauh dg ngobrol juga dg teman2 yg sdh lama bekerja di Dubai, mengenai hal tsb. Setahu saya banyak org Indonesia di Dubai tinggal sbagai single status, dan memang kebanyakan masih muda/ bujangan biasa kerja di hotel, restoran dll.

      saya pribadi berpendapat, salary sebesar itu, cukup utk hidup single, tapi relatif berat kalau bawa keluarga/anak

      salam

  82. apriani
    24/12/2013

    iya mas, kebanyakan orang yg saya tau jg begitu, kalopun udh berkeluarga pasti gak di bawa klo gaji msh segitu, kecuali udh jd tenaga profesional kyk mas hendra, hehe… ini saya jg msh mikirin kemungkinan2 nya, klo dirasa malah mengorbankan anak, pdhl d jkrta saya jg msh bekerja, tp baru 2 tahunan d bidang admin jd blm banyak pengalaman jg, jd mau pindah kesana jg tanggung posisinya, mau d office sana jg blm punya banyak pengalaman.. setau saya klo mau jd tenaga professional d UEA hrs d atas 5 tahun ya pengalaman kerja nya.. soalnya jg udh penat mas tinggal d indo, hehe… dan UEA saya liat selain negara islam, jg banyak sekali pendatang nya,, ok deh,terima kasih mas hendra info nya,, maaf klo jd curhat, hehe.. semoga sukses selalu…

    • hdmessa
      25/12/2013

      sama2 bu Apriani,
      saya hanya memberikan info bagaimana kondisi disini, keputusan nya terserah pada ibu Apriani sendiri,
      pertimbangan antara kerja dan keluarga juga perlu diperhitungkan dg seksama,
      pengalaman teman2 di sini, uang bukanlah segalanya, keluarga , masa depan anak, lebih berharga lagi

      tak selalu harus pengalaman 5 thn, ada juga yg pengalaman 3 tahun bisa juga kalau memang dibutuhkan
      dan saya kira Dubai sampai thn 2020 akan perlu banyak tenaga kerja, menyongsong expo dunia 2020 yg berlangsung disana,
      masih banyak peluang terbuka

      salam

      salam

  83. Fhyita Ahmed khan
    30/03/2014

    assalamualaikum…..
    saya mau bertanya , saya lulusan D3 KEBIDANAN. kalau mau melamar di rumah sakit di saudi itu bagaiman caranya ??? mohon penjelasanny. terimakasih

    • hdmessa
      07/04/2014

      wa alaikum salam Fhyta,

      Untuk melamar bidang pekerjaan tenaga medis seperti bidan di Saudi Arabia, bisa melalui agen penyalur tenaga kerja atau bisa juga dengan melamar pada lamaran pekerjaan yg di iklan di koran atau internet. Bisa juga apply online via internet. Informasinya bisa dicari (Google) di internet

      Untuk pekerja luar negeri, biasa nya negara penerima tenaga kerja, mensyaratkan pengalaman kerja yg cukup.
      Jadi biasanya kalau lulusan baru, bekerja dulu di dalam negeri, setelah cukup pengalaman baru melamar kerja ke luar negeri

      demikian informasi singkat nya, semoga bermanfaat

      salam

  84. cris_awe
    23/04/2014

    Sesuai dengan yang aku rasakan dan pengalaman aku waktu aku bekerja didubai…mantappp

  85. ahmad
    02/07/2014

    ass.salam kenal mas hendra.
    saya ahmad,saya ingin tanya mas,apa benar ada kontrak kerja yang dikirim melalui email,kebetulan saya dinyatakan lulus,dan dikirim soft copy kontrak kerja,o ya nama perusahaanya emirates general petroleum coorporation,saya disiruh menghubungi pihak travel didubai.,apa benar ini bukan penipuan mas.trims atas jawabanya yang sangat berharga.wss

    • hdmessa
      03/07/2014

      wa alaikum salam, Ahmad,

      Bisa saja kontrak kerja di kirim melalui email, tapi biasanya tetap harus didahului dg komunikasi langsung dg pihak pemberi kerja, baik tatap muka langsung atau melalui telepon. Dan hal tsb biasanya setelah melalui proses rekruitment dan interview spt biasanya, apakah pak Ahmad telah melalui proses tsb ?
      Untuk konfirmasi coba saja dulu hubungi dg telepon atau email pihak perusahaan pemberi kerja.

      Untuk proses rekruitment kerja yg benar, biasanya langsung dg perusahaan atau dg pihak agen tenaga kerja, dan calon pekerja
      tidak dipungut biasa sama sekali, biaya transportasi (ticket) dan pengurusan dokumen keberangkatan lain nya, ditanggung oleh pihak perusahaan atau agen, bukan oleh kita, kalau pihak agen, meminta biaya dari kita, hal tsb patut dicurigai

      demikian informasi nya semoga bermanfaat
      salam

  86. jamaluddin rafni
    18/07/2014

    assalamu’alaikum kang Hendra salam kenal. mohon imfo lowongan industri manufactur saya berkeinginan kerja di ME saya mempunyai pengalaman kerja di pabrik pengecoran logam lebih dari 20th , pendidikan lulusan politeknik swiss-itb jur. pengecroran logam dan S1 metallurgi usia sekarang 47th. nuhun kang

    • hdmessa
      18/07/2014

      wa alaikum salam kang Jamal,

      Utk industri logam di UAE ada Emirate Alumninium (EMAL) dan Emirate Steel , sedangkan di Qatar ada Qatalum ( Qatar Alumunium) banyak orang Indonesia juga yg bekerja disana. Di Saudi ada Maaaden, di Oman ada Omansteel, Mestell, Oryxsmeta.

      Utk info lowongan detail, silahkan buka website nya, biasanya ada bagian application online (career).
      Info lain bisa dilihat di agen Indonesia, PT Gunamandiri (wwww.gunamandiri.com) dan agen lain nya

      demikian informasi nya semoga bermanfaat
      salam

  87. cut ima keumala
    24/08/2014

    asalammualaikum, saya cut ima keumala berasal dari wilayah aceh, ,mau minta info sedikit tentang lowongan pekerjaan, di Uea dan qatar, kuwait dan negara2 di timur tengah, putra saya bekerja kurang lebih 6 tahun sampai dgn sekang di PT Pupuk iskandar muda (PIM) di bagian handling product operatoer ship loader. dan putra saya untuk bekerja sesuai kemampuan di bahian bisang tersebut di atas, tapi sering saya browsing loker di timur tengah tidak ada yang sesuai dengan bidang putra saya jadi saya minta infokan loker yg sesuai di bidang putra saya tersebut di ats untk di UEA, qatar,kuwait, dan bagian negara timur tengah lain nya, jika mas hendra dan teman2 lain nya mengetahui mohon info nya ke no hp saya 0853 7142 6635, atau ke email saya cutimakeumala56@yahoo.co.id … sebelum dan sesudah nya saya ucapkan terimakasih atas perhatian mas hendra..

    • hdmessa
      26/08/2014

      wa alaikum salam bu Cut Ima,

      Utk industri pupuk, silahkan searching lowongan kerja di QAFCO ( Qatar Fertiizer company) ,atau Fertil ( Abu Dhabi), banyak org Indonesia, termasuk dari Aceh yg bekerja di sana

      salam

  88. Muhammad Ilham
    09/09/2014

    Salam kenal Mas Hendra, Assalamu Alaikum Pa- saya member di Nuakrigulf dan member jobstreet – setiap hari saya hunting peluang kerja di middle-east. Pengalaman kerja sdh 14 thn di industri mining : public and Admin. Setiap sy umrah sy berkeinginan sekali kerja-namun sampai sekarang belum ada panggilan (cuman review), saat ini sy masih di tambang batubara kalimantan-namun hasrat ke uae (middle east) sudah tdk tertahan lagi – email info dan balasan dari Mas Hendra sy harapkan, dari Muhammad Ilham (email : ilhammuhammad.ilham@gmail.com)

    • hdmessa
      10/09/2014

      wa alaikum salam Ilham,

      Utk pertambangan yg saat ini lagi dimulai adalah tambang phosphate di Saudi, “Maaden”, nama perusahaan nya coba di searching.

      sebagai info tambahan utk berbagai perusahaan disini, peluang kerja utk expat, biasanya utk bidang keahlian teknis; spt engineering, IT, Mesin, geologi, produksi dll. utk bidang kerja umum spt public, Admin, accounting dll, biasanya mereka memprioritaskan pekerja dari negara setempat, tapi bisa dicoba saja kalau memang kurang di bidang tsb

      salam

  89. nopizar
    10/09/2014

    Assalamu’alaikum, salam kenal mas Hendra. Kalo untuk pembangkit listrik tenaga uap atau semisalnya disana ada gak ya mas? kira2 apa nama perusahaannya? expert saya dibidang analis kimia air mas… tks

    • hdmessa
      10/09/2014

      wa alaikum salam Nopizar,

      disini pembangkit listriknya dari sumber gas.

      kalau utk analis kimia air, mungkin banyak dibutuhkan pada pabrik ( penyulingan) salinasi air laut, karena kebanyakan sumber air utk kebutuhan sehari2 di negara timur tengah berasal dari salinasi air laut. bisa di disearching, utk di abu dhabi dan dubai dikelola oleh ADWEA dan DEWA ( Dubai Electric & Water Authority ), coba searching juga di negara2 lain nya

      salam

  90. nopizar
    10/09/2014

    Terimakasih atas pencerahannya…

    salam,

  91. Nia arafah
    25/09/2014

    Klu kita ingin Buka usaha salon di dubai atau Qatar carannya bagaimana

    • hdmessa
      25/09/2014

      ibu Nia,

      Di Dubai dan juga di Qatar, utk buka usaha, ada ketentuan ijin usahanya harus berpartner dg pengusaha setempat, jadi harus cari partner lokal dulu,
      utk informasi nya, bisa menghubungi atase perekonomian di KBRI Doha atau KJRI Dubai.

      salam
      HM

  92. Wulan Agustiningsih
    16/10/2014

    Mas numpang ngerepotin bisa minta link untuk cari lowongan di perbankan syariah disana.
    Saya tertarik sekali mas untk bisa hijrah kesana siapa tau ada jalan mas.
    Saya ada pngalaman kerja 4 tahun di perbankan mas.
    Terima kasih ya mas sebelum nya

    • hdmessa
      16/10/2014

      wa alaikum salam mbak Wulan,

      Dubai sedang mengembangkan diri jadi international hub for Islamic bank selain Kuala lumpur dan London,
      bisa di searching bbrp career info di website nya bank2 berikut : Dubai Islamic Bank, Emirates Islamic Bank, Al Noor Islamic Bank, Abu Dhabi Islamic Bank , Emirates National Bank dll

      di bbrp negara timteng lain nya, banyak juga peluang serupa bisa di cari infonya di internet

      disini sistem nya langsung dg application online tsb dg melihat kualifikasi dan pengalaman
      relasi dan referensi hanya berlaku utk kondisi2 tertentu saja

      selamat mencoba

      salam

  93. salman
    09/11/2014

    assalamua’alaikum Aa hendra, kalau untuk produk atau ide bisnis apa yang cocok dibawa ke indonesia kang ? khususnya dari abu dabi atau UEA ?

    • hdmessa
      09/11/2014

      wa alaikum salam, Salman,

      UAE khususnya Dubai, lebih merupakan business hub, tempat perdagangan utk barang2 yg akan di pasarkan utk area timur tengah dan Afrika,
      mungkin kira2 mirip spt posisi Singapore di Asia tenggara.
      Tidak ada produk yg spesifik yg bisa dipasarkan ke negeri kita dari sini, karena telah ada Singapore sbg hub di asia tenggara.

      salah satu potensi ialah meng eksport produk2 indonesia ke pasaran timur tengah dan Afrika melalui Dubai, atau untuk konsumsi negara UAE sendiri,
      contoh produk yg potensial dari negara kita ialah produk pertanian, utk saat ini produk pertanian di UAE ini, kebanyakan berasal dari Thailand, India dan negara amerika latin spt Brazil.
      Kita berpotensi utk mengeksport hasil pertanian dan makanan jadi, dg syarat , kualitas yg bagus, packaging, kontinuitas suply sampai after sales service.

      utk detailnya , bisa menghubungi dept perdagangan atau atase perekonomian di KBRI Abu Dhabi. Sebelumnya KBRI pernah membantu juga jadi penghubung utk produsen pertanian Indonesia yg memasarkan produknya disini

      salam

  94. Rais Amarulloh
    10/12/2014

    Assalamualaikum Wr,wb

    Artikelny sangat menarik dan bermanfaat bagi umat khususnya Indonesia. Semoga rezeki di tambahkan serta semua keluarga besar Kang Hendra selalu berada dalam lindungan Allah SWT. Amin
    artikel pencerah ini, mengundang banyak pertanyaan bagi saya seperti saudara2 lainya yang ingin merubah hidup demi keluarga tercinta.
    sebelum bertanya, perkenalkan Kang nama saya Rais dari Ciamis. saya punya latar berlakang :

    – S.1 Teknik Sipil
    – Pengalaman Kerja di Bidang Jasa Konstruksi Steel Bangunan Gedung selama 5 tahun dengan posisi sebagai engginer
    – Bisa berbahasa Inggris aktif

    yang ingin saya tanyakan Kang :
    1. Bagaimana saya bisa kerja di Perusahaan Asing Tim-Teng dengan posisi sesuai pengalaman saya…..?
    2. Persiapan apa saja Kang yang harus sy siapkan, minimal mencukupi kebutuhan biaya hidup 1 bulan sebelum gajihan…..?
    3. Bagamana sistem seleksi penerimaan karyawan di Tim-Teng…..?
    4. Saya minta masukan dari Kang Hendra Perusahaan Konstruksi Steel apa yang baik buat saya…?
    5. Saya boleh tau kang. berkisar di angka berapa gajih engginer per-bulan di sana…?

    saya mohon pencerahannya Kang, saya ucapakan terimakasih banyak atas kesempatan waktu yang sudah Kang Hendra luangkan untuk membalas beberapa pertanyaan yang sedikit merepotkan.

    Semoga semakin sukses dalam karier nya. Amin
    Salam

    Asep Rais Amarulloh

    • hdmessa
      10/12/2014

      wa alaikum salam kang Asep,
      terima kasih komentar dan perkenalan nya.

      baik sy jawab berdasarkan nomer pertanyaan nya.

      1. Bekerja sebagai expatriat di negara orang, artinya, kita memiliki keahlian kerja yg special yg tak dimiliki atau kurang di negara tsb,jadi kalau mau kerja di negara timur tengah atau negara lain nya, yg penting ialah kita memiliki keahlian khusus yg lebih dari yg lain nya. Memiliki sertifikasi keahlian international semisal scaffolding inspector, welding inspector atau certified project management dll, adalah salah satu nilai lebih nya, karena tak sembarangan orang memiliki kualifikasi keahlian khusus tsb.

      2. Kalau sebuah perusahaan dari luar negeri merekrut anda, mereka telah menyiapkan segalanya termasuk dana awal/ uang saku utk biaya hidup awal. Kalau tidak berarti persh tsb tidak bonafid.

      3. Seleksi berdasar keahlian dan pengalaman kerja, sertifikasi internasional dihargai. Sistem penerimaan nya, biasanya dg online application, interview langsung atau interview dg telepon. Biasanya lewat agen tenaga kerja atau head hunter, setelah ada kesepakatan kerja, proses berjalan spt biasanya, dan semua itu tak kita tak keluar biaya, semua dari persh yg merekrut, kalau pun ada biaya, akan diganti.

      4. Sy kurang faham ttg persh konstruksi disini, tapi bisa di searching di internet atau di komunitas maya ( mailing list) profesional konstruksi/sipil.
      bbrp persh besar konstruksi di Abu Dhabi dan DUbai sini, antara lain Arabtec, CCC, TUV, Samsung, LG, Bechtel, dll, biasanya mereka berafiliasi dg persh konsultan perencana dan perancang arsitek/planner. Saat ini banyak pekerjaan konstruksi di DUbai, Abu Dhabi yg dikerjakan persh konstruksi dari korea selatan ( bisa dicari infonya) Saat ini yg banyak project konstruksi skala besar ialah di Dubai dan di Doha, Qatar. Banyak insinyur sipil/konstruksi dari Indonesia yg kerja di project2 di Qatar.

      5.Untuk level civil/construction engineer, pengalaman kerja sekitar 10 tahun, level monthly salary ( lumpsum/ all in sdh termasuk dg biaya hidup lain nya, allowance dll) utk Abu Dhabi/Dubai, berada pada kisaran antara 10,000 – sampai 20,000 Dirhams ( kurs 1 dirham = Rp 3,000) . Tapi harap di ingat disini biaya hidup cukup tinggi juga, jadi harus di ukur juga dg pengeluaran utk biaya hidup disini.

      Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat

      salam
      HM

  95. Pingback: kesempatan kerja luar negeri 2013 | Zon Lowongan Kerja

  96. Pingback: kesempatan kerja keluar negeri | Zon Lowongan Kerja

  97. Pingback: peluang bisnis di qatar | Info Tutorial Terlengkap

  98. man
    20/01/2015

    halo kang Assalamualaikum,
    baru nemu blog ini, agak surprised juga ada alumni TI-itb yang di mid east.
    oh ya saya junior akang di TI tapi lebih muda 12 tahun hehe salam kenal kang
    beberapa bulan lalu juga saya hampir keterima di salah satu petrochemical company di Qatar bagian purchasing, tapi ya gitu seperti informasi akang di atas, visa nya gak jadi-jadi sampe sekarang .
    usut punya usut ternyata posisi saya sudah dialihkan ke pegawai ex-outsourcing orang india hehe…
    memang belum rezeki kali.

    oke salam kenal kang
    Wassalamualaikum

    • hdmessa
      21/01/2015

      wa alaikum salam, Rahman, \
      terima kasih perkenalan nya,

      belum rizkinya saja, coba lagi masih banyak kesempatan,
      insha Allah, bisa mendapatkan yg lebih baik

      salam

  99. Fathur
    04/02/2015

    Maaf pak, saya bisa minta emailnya? Biar saya lebih jelas untuk bertanya. Thanks pak

    Salam
    Fathur

    • hdmessa
      04/02/2015

      pak Fathur,
      ini alamat email saya ; ( hdmessa at yahoo.com )

      salam

  100. Dava
    18/02/2015

    Mas mau nanya Kalau kerja di cargo itu biasa Nya kerja keras ya mksd Nya kerja kasar? Lalu biasa Nya test medical apa saja di indo utk berangkat setelah di nyatakan lulus dan harus test kesehatan. Nuhun

    • hdmessa
      18/02/2015

      wa alaikum salam Huda,

      selamat atas kesempatan kerja tsb. Kerja utk cargo beragam, ada kerja lapangan dan kerja administrasi. biasanya utk kerja lapangan, bagian angkut2 dilakukan oleh peralatan/ forklift, truck dll, jarang dg tenaga angkat langsung, jadi bukan spt kuli di pasar. tanya juga bagian kerja apa, apakah di lapangan sbg supir, porter, koordinator atau kerja administrasi, spt mengurus surat2 , jadwal pengiriman dll.

      mohon pada agen kerja utk minta, job description yg akan dilakukan disana, agar jelas sejak awal.

      tes kesehatan, standard spt medical check up utk kerja, kalau kita tak ada penyakit yg berat atau penyakit menular, biasanya ok. itu persyaratan umum kerja di luar negeri (negeri timur tengah)

      semoga bermanfaat

      salam

  101. faisal
    24/05/2015

    ms mohon bantuannya saya job seeker di dubai saya sudah di dubai dengan visa turis ,,,,saya berharap cepat dapet kerja biar ada yang sponsorin saya di sini ,,,,expire date visas saya 18 juni…mksh

    • hdmessa
      24/05/2015

      halo Faisal,
      dalam bidang apa keahlian dan pengalaman nya ?
      Seharusnya sebelum sampai ke Dubai, sudah harus dipersiapkan dg baik, akan kerja di perusahaan yg mana, sdh ada kontak sebelumnya.
      Untuk informasi pekerjaan, harus rajin cari informasi dan ngobrol2 dg komunitas Indonesia yg biasa ngumpul di restoran2 Indonesia di sekitar daerah Karama atau via online di mailing list atau group facebook Indonesia di Dubai dan UAE umum nya.

      Kalau datang ke Dubai dg visa turis tanpa persiapan yg baik & jelas sebelumnya, tak mudah utk dapat kerja di Dubai

      salam

  102. Tri
    17/06/2015

    Salam kenal mas Hendra,
    Saya dapat email dari agen/ konsultan dari perusahaan oil&gas di Abu Dhabi untuk posisi project control engineer.. Akomodasi, transport allowance, medical insurance dan pendidikan buat anak (sampai anak ke 5) semua akan disediakan.
    Pertanyaan saya, masih wajarkah jika saya meminta salary 4kali lebih besar dari yang saya dapat di Indonesia sekarang sedangkan semua sudah di tanggung?

    Thanks,
    Tri

    • hdmessa
      18/06/2015

      salam kenal juga mas Tri

      Di Abu Dhabi, sudah menjadi standard kerja semua fasilitas tsb diberikan pada karyawan ( akomodasi, transport, insurance dll) , ini adalah peawran kerja yg bagus.

      Mengenai besaran salary, nilainya didasarkan pada harga pasar / nilai yg normal utk standard kerja di Abu Dhabi, bukan didasarkan pada berapa nilai salary kita sebelumnya. Bisa saja berlipat nilainya, kalau memang itu nilai yg wajar utk level Abu Dhabi.
      Coba ditelusuri juga berapa nilai yg wajar nya dan berapa pula nilai yg ditawarkan

      sekedar informasi utk level engineer, harga pasaran (nilai yg wajar) utk salary bersih di luar semua allowance tsb berkisar pada nilai 15,000 – 25,000 dirham, (sekitar 5,000 – 7,000 USD per month)

      salam
      HM

  103. oki beriwijaya
    04/08/2015

    Salam kenal mas,saya mau nanya kerja di qatar untuk perusahaan pupuk apa saja?.saya kerja pengalaman pabrik pupuk urea udah 5 tahun rencana selesai proyek pabrik baru dan sertifikat operator keluar saya mau melamar kesana?
    .terima kasih

  104. katrin sianipar
    14/10/2015

    Salam kenal mas Hendra,
    Pertama, salut buat mas yang udah banyak banget kasih pencerahan buat kita.
    Mas hendra, saya berencana cari loker di dubai. Disana ada temem yg bantuin cari lowongan. Tapi saya msh bingung gimana cara ngurus visa kerjanya…ngurus ini ngurus itu. Krn temen saya blg dia gak medical chek up, gak translate izajah ke bah Inggris/Arab.
    Nah lho, saya jadi bingung mas…. Mohon pencerahannya.
    Terimakasih.

    • hdmessa
      14/10/2015

      salam kenal juga Katrin,
      terima kasih apresiasinya dan sudah nengok blog sy,

      kalau cari kerja lewat agen resmi, hal2 spt visa, medical, tiket pesawat dll, di urus oleh agen tsb, biaya dari mereka,
      yg disiapkan dg biaya kita ialah utk pembuatan passport , kalau ada agen yg minta uang dari awal, harap2 hati karena bisa jadi penipuan
      agen sdh dapat biaya awal dari persh yg perlu tenaga kerja.

      ada juga org yg dapat kerja dg bantuan langsung dari persh atau dari pribadi pemilik perusahaan, semua di urusin oleh persh/pemilik perusahaan tsb,
      tapi harap diperhatikan bahwa kontrak kerja nya harus jelas dan tercatat di KBRI/KJRi ( Kedutaan Indonesia di UAE) yg bisa membantu kalau ada permasalahan kerja nanti nya.

      kalau ada teman yg sdh kerja disana dan bisa bantu, bagus juga, asal jelas saja kontrak dan kesepakatan kerja dg persh tempat bekerja nanti

      salam
      HM

  105. muhammad al habsyi
    11/06/2016

    permisi gan, saya adalah seorang pengusaha di bidang agribisnis, punya tidak relasi di timur tengah yang membutuhkan jasa saya. Kalau ada mungkin kita bisa kerja sama.
    Ini nomer saya yang bisa di hubungi 0895321029113

    • hdmessa
      11/06/2016

      wa alaikum salam pak Muhammad al Habsyi,
      terima kasih kunjungan nya.

      Saat ini sudah ada beberapa pengusaha Indonesia yg menjual produk agribisnis ke negeri timur tengah melalui jalur Lulu Hypermarket yg berpusat di Abu Dhabi, UAE dan banyak punya cabang di negara2 timur tengah.

      Saat ini Lulu hypermarket baru membuka cabang di daerah Cakung, Jakarta, mungkin bapak bisa coba menghubungi pihak Lulu Hypermarket
      utk peluang suply ke negeri timur tengah.

      jalur lain ialah melalui atase perdagangan di kedutaan besar RI di negeri timur tengah, via departemen perdagangan RI

      demikian info singkat nya pak Muhammad, semoga bermanfaat

      salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 06/04/2009 by in horizon - insight.
%d bloggers like this: