Inspiring points

Reflective story from journey of life , Alam terkembang jadi guru

Antara Pariangan & Parahyangan, dataran tinggi yg indah di Sumbar & Jabar

pariangan

Di antara kota Padangpanjang dg Batusangkar , di lereng gn merapi, Sumbar heran juga lihat ada daerah dg nama Pariangan, mirip sekali dg nama Priangan di Jawa Barat. Ternyata tempat tsb sangat bersejarah karena menurut cerita rakyat minang tempat tsb adalah tempat asal usul orang minang, nagari/desa pertama di ranah minang.
Pariangan, Priangan atau Parahiyangan berasal dari makna kata yg sama, tempat bersemayam/tempat tinggal para dewa atau orang2 suci/nenek moyang. Secara geografis Pariangan di dataran tinggi agam sekitar Bukittinggi & dataran tinggi Priangan sekitar Bandung, sama2 dataran tinggi yg indah & sejuk.

Tapi konsep filsafat & sistem budaya nya berbeda. Di Sumbar, Pariangan dimaknai sebagai tempat asal nenek moyang org Minang mulai membangun sistim sosial budaya & politik (nagari) yg nilai2nya masih terasa sampai sekarang. Di pulau Jawa (Jabar) Priangan diartikan sebagai tempat bersemayamnya para dewa di dataran tinggi yg bermakna mistik. Priangan dikenal sebagai area dataran tinggi yg luas ( kab Bandung, Cianjur,Garut dll), tapi tak ada tempat tertentu yg bernama sama spt desa Pariangan di Sumbar.

Ini sebuah misteri sejarah & budaya yg menarik untuk dikaji. Apalagi bagi org2 seperti saya yg lahir di ranah minang, besar di Bandung dan bertemu dg mojang priangan

One comment on “Antara Pariangan & Parahyangan, dataran tinggi yg indah di Sumbar & Jabar

  1. Pingback: Sabar tanda pendapatan – Catatan St.Nagari

Leave a comment

Information

This entry was posted on 04/09/2015 by in Blogroll.